WAYS TO REDUCE YOUR PHONE SCREEN TIME

By The Dreamer - Desember 24, 2019

Jaman dahulu, kita mungkin bakal panik banget kalau ketinggalan dompet, sedangkan di jaman sekarang, kita bakalan panik banget kalau ketinggalan handphone.


Begitu penting keberadaan handphone dalam kehidupan manusia jaman sekarang, dari mulai komunikasi sampai transaksi pembayaran, semua bisa dilakukan hanya dengan melalui handphone. Nggak heran kalau orang jaman sekarang lebih memilih untuk ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone.


(Illustration credit : 
https://pin.it/77l3tyvubh76vu)

Karena keseharian kita yang hampir selalu terikat dengan handphone, maka beberapa orang  mempunyai screen time yang sangat besar.

Ketika kita bangun tidur, maka hal yang dicari pertama kali pasti handphone. Ketika ingin tidur, pasti handphone adalah hal terakhir yang dilihat. Rutinitas seperti itu banyak terjadi terhadap orang-orang di jaman sekarang, terutama Milenial. 

Coba deh cek screen time kamu, berapa lama dalam sehari kamu menghabiskan waktu untuk bermain handphone? Apakah kamu termasuk orang yang kecanduan karena screen time kamu lebih dari 6 jam/hari? Lalu, bagaimana cara mengurangi screen time tersebut?

Berikut adalah beberapa tips dari aku :

1. Matikan notifikasi
Notifikasi adalah salah satu alasan kenapa kita sering mengecek handphone kita. Ketika ada notifikasi pesan masuk atau sekedar notifikasi dari aplikasi yang sudah lama nggak kita gunakan, itu semua bisa menimbulkan keinginan untuk kita mengecek handphone. Dan hal yang sering terjadi adalah pada awalnya hanya sekedar ingin mengecek notifikasi yang masuk, lalu berlanjut dengan scrolling Feed sosial media, dan tiba-tiba sudah 2 jam berlalu. Dan hal ini terjadi pada banyak orang.

Maka dari itu, cobalah untuk mematikan notifikasi untuk semua aplikasi atau hanya sisakan beberapa aplikasi yang paling sering kita gunakan. Cara ini bisa mengurangi keinginan kita untuk sering mengecek handphone sehingga screen time kita-pun berkurang.

2. Membatasi durasi penggunaan aplikasi
Banyak dari kita yang bisa menghabiskan waktu 2 jam lebih hanya untuk scrolling IG Feed, menonton video di Youtube atau bermain game. Dengan membatasi durasi harian penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut, kita bisa banyak mengurangi screen time kita. 

Pembatasan durasi harian ini bisa didapatkan melalui aplikasi yang ada di Playstore atau bisa juga diakses dari pengaturan yang ada di handphone kalian yang bertuliskan "digital wellbeing" lalu pilih "set timer" pada aplikasi yang diinginkan. Jika timer sudah terpasang, maka setiap kita membuka suatu aplikasi dan durasinya melebihi durasi yang sudah ditentukan, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa dibuka kembali selama sisa hari tersebut. 

3. Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas
Tips ini adalah tips yang paling ampuh untuk mengurangi durasi screen time kita. 
Sebagai contoh, kita bisa memulai pagi hari dengan berdoa dan dilanjutkan dengan melalukan rutinitas pagi hari yang produktif, (ada banyak video di Youtube yang membahas tentang hal ini), kemudian kita bisa memasak untuk makan siang atau sekedar membaca buku yang menginspirasi, pokoknya menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan sehingga kita lupa dengan handphone kita dan otomatis mengurangi durasi screen time kita.

Semua tips di atas sudah aku terapkan dalam kehidupan sehari-hariku, dan aku sudah merasakan perubahan pada screen time-ku. Sekarang rata-rata durasi harianku sekitar 4 jam lebih. Masih tergolong tinggi tapi ini sudah jauh lebih baik daripada sebelum aku menerapkan hal-hal di atas. 

Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin mengurangi screen time kalian. Oh iya, kalau kalian ada tips lain dalam hal mengurangi screen time, bisa isi di kolom komentar ya!

Terima kasih sudah membaca sampai sejauh ini.


See you!
With love,
The dreamer.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar