LOSE A FRIEND

By The Dreamer - Desember 21, 2019

Setiap manusia pasti mengalami fase perubahan, baik itu berubah ke arah yang lebih positif atau negatif. Nggak jarang ketika seseorang telah melewati fase perubahan dan menjadi manusia yang baru akan ada banyak hal yang hilang dalam hidupnya, salah satunya adalah teman baik.




Teman baik, hampir semua orang memilikinya dan mungkin tidak semua orang pernah merasakan kehilangannya. Sosok seorang teman baik bisa dibilang sangat sulit ditemukan, karena menemukan seseorang yang klop banget sama kita dalam banyak hal itu tidaklah mudah. 

Tapi, bagaimana jika kita memiliki sesosok teman baik lalu ketika kita sudah melewati fase perubahan, kita merasa bahwa kita sudah tidak klop lagi dengannya? Sifat-sifat yang dulunya bisa kita saling tolerir, belakangan menjadi tidak bisa ditolerir, perbedaan semakin mencolok dan komunikasi menjadi tidak nyambung, serta tidak seseru dahulu kala. Rasanya pasti aneh, bingung, dan sedih ketika mengalaminya karena kemungkinan besar sosok teman baik itu tidak bisa lagi berada di sisi kita karena adanya hal-hal tersebut. Rasa kehilangan besarpun pasti akan kita rasakan, kenangan-kenangan waktu bersama dia akan teringat kembali, dan semakin memupuk rasa kehilangan itu.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa beradaptasi dengan rasa kehilangan itu. Tapi, ketika kita sadar bahwa ini semua terjadi karena salah satu faktornya adalah adanya sesuatu dalam diri kita yang berubah (dan mungkin ke arah yang lebih baik) dan membawa persoalan ini ke hadapan Tuhan, maka kesedihan dan rasa kehilangan itu perlahan akan menghilang dengan sendirinya. Kita akan mulai bisa beradaptasi dengan hidup yang baru tanpa dirinya, dan bahkan mungkin kita bisa menemukan orang baru yang lebih cocok dengan kita yang baru ini.

Jadi, jika saat ini kamu sedang berada di fase dimana kamu merasa sedih karena kehilangan sesosok teman baik, tenangkanlah dirimu dan kuatkanlah hatimu. Semua ini adalah bagian dari siklus kehidupan, karena semua tidak ada yang abadi, termasuk pertemanan.
Kamu harus ingat bahwa ini artinya ada sesuatu yang telah berubah dalam dirimu dan introspeksi lah dirimu terlebih dahulu, apakah perubahan yang ada dalam dirimu itu ke arah positif atau negatif. Setelah kamu tahu, pergilah dan carilah teman baru yang kamu rasa lebih cocok dengan pribadimu yang sekarang. Janganlah berlarut-larut dalam kesedihan karena semua pasti berlalu 😊

Semoga kamu bisa melewati fase ini dengan baik dan bisa menemukan teman baik yang lebih baik dan lebih cocok denganmu yang baru.

Terima kasih sudah membaca sejauh ini!


See you, 
The dreamer.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar