The Shio.

Sabtu, 29 Agustus 2020



Haiii! Lia lagi di sini. Semoga teman-teman nggak bosan lihat aku yang nongol terus di Reading List Blog kalian ya 😝.
Maklum, mood lagi bagus dan ada aja yang ingin ditulis. Jadi, lebih baik aku tulis aja semua sebelum nanti lupa dan mood hilang 🀣.

✨✨✨

Selama ini, banyak signs atau tanda yang digunakan untuk mengelompokkan manusia ke dalam beberapa kategori yang beragam. Signs yang paling terkenal dan masih sering digunakan sampai sekarang itu adalah Zodiac Signs atau tanda rasi bintang. Ada juga signs lain yang nggak kalah terkenal yaitu Chinese Zodiac Signs atau lebih dikenal dengan sebutan shio.

Zodiak rasi bintang itu ada 12 buah dan perubahannya terjadi setiap bulan, sedangkan shio itu berubah setiap tahunnya tapi juga terdiri dari 12 buah. Jadi, seorang anak yang lahir pada tahun yang sama, akan memiliki shio yang sama. Lucunya, kedua signs ini menggunakan binatang sebagai lambang. Kenapa sang pencetus signs ini memilih binatang yang sebagai lambang ya? Aku juga bertanya-tanya akan hal ini 🀣

Ngomong-ngomong soal Shio, ternyata ada cerita menarik dibalik kisah penetuan urutan binatang yang menjadi lambang shio ini. Kalau zodiak diawali dengan Aquarius dan diakhiri dengan Sagittarius, kalau Shio diawali dengan Tikus dan diakhiri dengan Babi. Waktu kecil, Ahma-ku (sebutan untuk nenek) pernah cerita ke aku tentang cerita dibalik penentuan urutan shio ini 😁.

Kalau versi cerita Ahma begini, dahulu kala dewa langit mengumpulkan seluruh binatang dan mengumumkan bahwa esok hari akan ada penentuan shio dan akan dipilih 12 binatang untuk melambangkannya, serta siapa yang datang duluan ke lokasi yang udah ditentukan, maka ia akan menempati shio pada urutan pertama. Pokoknya, penentuan shio ini ditentukan dari urutan kedatangan sang binatang.

Pada malam hari, kucing bilang ke tikus (saat itu mereka masih berteman) untuk minta dibangunkan esok pagi-pagi supaya ia nggak ketinggalan acara dan tikus-pun mengiyakan. Esokan paginya, subuh-subuh sekali, tikus bangun dan langsung lari menuju tempat penentuan tanpa membangunkan sang kucing. Di tengah jalan, tikus bertemu kerbau si rajin, lalu tikus menumpang ke punggung kerbau dan mereka jalan bersama-sama menuju tempat acara. Waktu udah dekat lokasi, tikus loncat dari punggung kerbau dan lari sekencang-kencangnya menuju tempat lokasi dan saat ia sampai, ternyata belum ada binatang lain yang tiba. Maka dari itu, tikus menjadi pemenang dan menjadi urutan pertama dari lambang shio, disusul kemudian dengan kerbau dan binatang-binatang lainnya sampai yang ke-12 adalah babi πŸ–.

Si kucing yang baru bangun pada siang hari, jadi telat datang ke acara sehingga ia nggak masuk urutan lambang shio. Lalu, ia marah ke tikus karena merasa dikhianati. Jadilah, sekarang, kucing kalau bertemu dengan tikus, bawaannya pengin nyaplok aja 🀣. Ternyata dendam kesumat guys 🀭. Dan, itu juga penyebabnya kenapa orang yang ber-shio tikus sering dibilang cerdik.

Begitulah cerita penentuan urutan shio versi Ahma-ku. Seru nggak bacanya? 🀣.

Btw, shio itu setiap tahunnya berbeda yang artinya mengalami pengulangan selama 12 tahun sekali. Selain shio itu sendiri, ada juga elemen-elemen yang bersanding dengan shio tersebut. Elemen-elemen yang aku maksud adalah elemen yang ada di bumi yaitu kayu, api, air, tanah, dan logam. Kayak yang di Avatar Aang itu lho 🀭. Jadi, jangan heran kalau mendengar tahun sekian sekian adalah tahun Tikus Air. Ya, karena memang ada elemen yang diikut sertakan setelah shio tersebut.

Jadi, kalau misalnya kamu lahir di tahun Ayam Logam maka kemungkinan untuk pengulangannya lagi adalah sekitar 60 tahun lagi CMIIW. Lama sekali pengulangannya ya πŸ˜‚.

Anyway, kita bisa melihat umur seseorang berdasarkan shio-nya. Kalau ada yang bilang dia shio ayam, berarti umurnya sekarang berkisar antara umur 4,16,28,40,52,64,76,88. Umur pada shio ini setahun lebih tua dibandingkan umur asli karena orang Chinese menghitung umur seseorang dari semenjak dia dikandungan.

Ehh, jadi ngomongin shio gini. Nggak apa ya, lumayan kan jadi dapat ilmu pengetahuan tambahan kenapa kucing sama tikus suka berantem terus sampai sekarang 🀭.

✨✨✨

Btw, aku mau berbagi pulsa senilai Rp 25,000,- buat seorang teman yang bisa menebak apa shio aku dengan benar πŸ˜‰. Jika banyak yang benar, maka pemenang akan aku pilih secara acak berdasarkan random generator ya. Pengumuman pemenang akan aku umumkan pada hari Selasa tanggal 01 September 2020. Ayo ditebak! Lumayan kan iseng-iseng berhadiah 😝


Teman-teman sendiri, apakah tahu shio kalian?


The dreamer.


58 komentar

  1. Wah aku baru tau donk ternyata cerita urutan shio itu ternyata asal usulnya gitu. Lucu yaa 😁 Kasian si kucing ga ada d shio yaa.. hehehe..

    Tebak2an aja ya, aku nebak naga aja, soalnya shio aku naga (trus apa hubungannya πŸ˜‚). Namanya juga nebak. Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak Thessa! Iya, kasihan kan kucing :(
      Padahal kucing kan gemesin banget tapi kenapa gitu nggak ada di shio huahahaha.

      Eee, kak Thessa shio naga? Pemberani dong? *cocoklogi macam apa ini*

      Hapus
    2. Bukan pemberani sih, kurang perhitungan aja. Jd kesannya berani aja ngapa2in, pdhal krna ga tau medan aja jd nya maju terus pantang mundur πŸ˜‚ shio naga, api lagi.. πŸ˜…

      Hapus
  2. Aku tahu shio tapi nggak tahu kalau ternyata ada elemen yang menyertainya, kalau nanti Lia ada kesempatan pergi ke Batam, coba deh main ke Coastarina, nah di sana ada namanya Ocarina Park and ada 12 patung raksasa tentang shio. Jadi saya baca-baca sekilas tentang shio-nya disana, tempatnya di tepi pantai, asoy bener pokoknya. Jadi promosi, haha. Oh ya,kalau menurut Chinese zodiac aku shio tikus Lia. Hehehe.

    Aku selalu mikir Lia itu kelahiran 2000-an. So, aku googling dulu, kelahiran 2000-an shio apa aja , haha.

    And then, kayaknya Lia shio Naga deh, πŸ˜‚πŸ˜‚.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak Sovia! Ocarina Park ini pernah aku kunjungi tapi lewat TV :p
      Aku pernah lihat adegan jalan-jalan ke daerah ini dan tempatnya keren sekali sih, berasa lagi di China tapi terik banget kayaknya #salfok. Semoga someday aku bisa lihat langsung ke sana. Terima kasih atas rekomendasinya kak <3

      Huahahaha akutu terharu lho baca komentar kakak, ternyata dibayangan kak Sovia tuh aku semuda itu ya. Terima kasih :p
      Aku jadi tak ingin membuka kebenaran dibalik Shio-ku yang sesungguhnya deh wkwk.

      Hapus
  3. Cerita tentang shio dan lomba-lomba hewan ini dulu aku nonton di film kartun ANTV yang judulnya SagwaπŸ˜‚ jadi inget terus sampai sekarang. Hmmm...kalo menurut tebakanku ya berdasarkan pengamatan dari tulisan-tulisan kamu, shio Lia adalah babi,elemennya kayu (sotoy sekali hasil googling😭), mohon maaf jika salahπŸ‘€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah jalan cerita di Sagwa juga sama dengan yang Ahma aku ceritakan? Hihihi.

      It's okay kak Endah. Namanya juga tebak-tebakan :p

      Hapus
  4. Kalau nggak tikus, ya kerbau, kalau ga kerbau ya babi, kalau ga babi, ya anjing, kalau ga anjing, ya harimau, kalau ga harimau, ya ular, kalau ga ular, ya ayam, kalau ga ayam, ya kuda, kalau ga kuda, ya monyet, kalau ga monyet, ya kambing, kalau ga kambing ya kelinci, kalau ga kelinci, ya Naga..

    Kalau semua ga ada di situ, berarti si kucing..

    Bener nggak Li..:-P

    Saya shio anjing, merangkap scorpio. Katanya orangnya loyal dan setia.. ehmmm.. wakakakakaka

    Cuma ga tau apa itu anjing api, air , tanah, atau kayu... mungkin api kali yah mengingat rada ngeyel, keras kepala dan ndableg.. wkwkwkwk

    #gukguk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Shio-ku kucing, lantas aku bukan manusia dong kak? Oh iya, aku kan malaikat WKWKKWKW HOEK, muntahlah sudah kak Anton habis ini.

      Pantas hubungan dengan kak Hes suka bikin iri para pembaca, ternyata kak Anton shio Anjing :p

      Sepertinya kak Antong shio Anjing logam, soalnya keras kepala seperti logam? #ngarang

      Hapus
  5. Oh jadi begitu ya ceritanya kenapa kucing musuhan sama tikus. Ternyata karena tikus tidak membangunkan kucing saat ada pembagian shio. Biarpun cuma cerita tapi ada benarnya juga sih.

    Sepertinya kak Lia shio nya tikus nih, soalnya pinter nebak.πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup masuk diakal kan ya kak, tapi namanya juga cerita wkwkwk.

      Eee, aku bukan shio tikus sayangnya. Kepintaran menebakku adalah hasil dari kekuatan makanku huahahah.

      Hapus
  6. Waduuuw menyerah kalau soal Shio, kakak nggak hapal nama-nama binatang yang dijadikan Shio. Bahkan kakak nggak tau shio kakak apa :""D

    Tapi kalau disuruh menebak, apakah Lia shio ayam? Kenapa ayam? Entah. Feeling kakak saja, mungkin karena kakak suka ayam :)))) hahahahahaha.

    By the way itu lucuk banget cerita awal mula kenapa Tikus sama Kucing bisa ribut terus sekarang. Wk. Dasar Tikusss! Dari dulu nggak berubah. Kerjanya mencurangi yang lainnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo habis ini langsung Googling tahun lahir kak Eno ber-shio apa :p
      Oh ya, kalau orang Korea juga mengenal tentang Shio nggak ya? Aku penasaran hahaha.

      Wah, kalau aku beneran Shio Ayam, mungkin sekarang aku udah dilahap habis sama kak Eno #lho #KokSerem

      Wkwk memang! Dasar si Tikus ini! Pintar sekali ya otaknya!

      Hapus
  7. Astagaaaa auto pengen googling aja rasanya.
    Saya paling nggak mudeng kalau bahas pershio an.
    Bahas bintang aja saya cuman ingat bintang saya sendiri, apalagi Shio.

    Pernah dulu saya coba hitung, dan saya auto sakit kepala hahahaha.
    Saya pas dulu deh Lia, daripada googling, kan nggak fair wakakakakak

    Btw, sebelum ini saya baru aja buka website prakerja, terus iseng daftarm terus ikutan testnya, tahu nggak sih, saya pakai kalkulator saking otak saya ngehang hahaha.

    Padahal soalnya itu anak SDbanget.
    1/4 + 2/4 = ?

    Dan you know, saya carinya pakai kalkulator juga ckckckckckckck.

    Pas ke sini, lah kok nemu angka lagi wakakakaka.

    Btw, lucu juga ya penentuan shio itu, baru tahu loh saya cerita gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Rey, kalau matematika apalagi pecahan, aku juga selalu nggak bisa deh 🀣. Bukannya nggak bisa, tapi selalu ketukar antara rumus hitung pecahan dalam perkalian dan pertambahan karena rumusnya berbeda kan. Alhasil, kalau lihat pertanyaan soal pecahan, rasanya ingin skip aja 🀣.

      Btw, kak Rey boleh kok cari jawabannya di Google. Aku tak melarang πŸ€ͺ. Ayo coba kak Rey tebak shio aku apa huahaha.

      Hapus
    2. Nahhh kumerasa bahagia baca ini, ada temennya ternyata, hahahaha.

      Iyaaaakkk, saya lupa, gimana cara ngitung pecahan di jumlahkan, dan dikalikan.

      Etdah, nih otak udah kagak sanggup mengingat pelajaran simple gitu.
      Ternyata bisa googling ya, tau gitu kemaren googling aja :D

      Hapus
  8. Jadi ini penyebab tom and jery nggak akur-akurπŸ˜‚ dan ternyata shio ini ada pengulangannya tiap 12 tahun tow....
    Saya tahunya zodiak mbk, jadi shio saya apa, saya nggak tahu. Jadi kepo mau cari tahu😁
    Kalau disuruh menebak, mungkin shionya mbak Lia tikus... Karena gambar dia atas tikus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, penyebab lainnya Tom and Jerry nggak akur-akur adalah biar kartunnya semakin panjang episodenya :p
      Betul sekali. Pengulangannya setiap 12 tahun sekali, jadi kalau ada yang ber-shio sama dengan kak Tria berarti bisa jadi dia sepantaran/lebih tua 12 tahun/lebih muda 12 tahun tinggal dilihat dari mukanya aja hahaha.

      Udah dicari belum shio kak Tria apa? Hihihi.

      Bukaan, Shio aku bukan tikus :p

      Hapus
  9. Aku malah senang kamu rajin update begini Lii hihi

    Si tikus ini emang selalu diperdebatkan yaa kenapa dia ada di urutan pertama πŸ˜‚ kalo versi yang pernah kudengar, katanya tikus itu hewan paling kecil, makanya yang besar-besar ngalah sama dia 🀭

    Btw, beberapa bulan lalu aku dikirimin artikel sama mamaku tentang pandemi corona akan selesai di tahun shio tertentu. Aku agak lupa lengkapnya tapi waktu dibaca sepertinya make sense sekali. Orang China memang jago banget ya soal perhitungan shio begini πŸ€”

    Teruss kamu shio apa yaaa.. Mau jawab tikus tapi kok obvious sekali 🀣 aku tebak KERBAU aja deh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba janeeee, coba dibaca lagi, selesai pandemi ini bakal di shio apaaa hahahahahah. Aku udh pusing pgn jalan2 :D

      Hapus
    2. Aww, terima kasih ci Jane <3 <3 sayang ci Jane <3 <3

      Wah, aku malah belum pernah dengar versi yang cici sebutkan. Tapi versi cerita yang cici pernah dengar, sepertinya lebih menghangatkan ceritanya hihihi.

      Oh yaaa? Aku jadi kepo sama isi artikelnya nih hahaha.

      Wkwkwk padahal aku iseng aja pasang gambar tikus di foto ci, karena lucuk aja. Shio asliku bukan itu :p

      Hapus
  10. aku tau cerita lomba lari hewan shio ini dari kartun sagwa, kartun kucing tiongkok pintar yang dulu tayang di ANTV
    oh jadi begini toh urutannya dan engga nyangkan tikus jadi yang pertama ahahaha

    baru tau juga kalau orang sana ngitungnya dari usia di kandungan
    tapi yang sering diinget adalah saat hari bayi keluar kandungan ya
    ya sudahlah

    kalau mbak lia kemungkinan shionya sama dengan adikku (aku tebak dari kesukaaan KPOPnya hihi) kelahiran antara 1996-1997 jadinya shionya kalau engga tikus ya kerbau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah kak Ikrom nonton Sagwanya barengan sama kak Endah yang ada di atas? Huahahah.

      Tebakan kak Ikrom hampir benar :p
      Berarti aku sepantaran dengan adik kak Ikrom ya? Berarti tepat dong kalau aku sebut kakak wkwk.

      Hapus
  11. hahaha aku dulu nggak paham beda shio dan zodiac, karena keseringan beli majalah dari jaman sekolah dan biasanya dihalaman akhir ada soal ramalan ramalan gitu kan ya, jadinya sedikit agak paham.
    eh iya kadang aku mikir, kok bisa shio tahun ini sama tahun tahun depannya berubah, ternyata begitu toh ceritanya

    aku tebak tebak, kayaknya shio lia adalah kelinci hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Ainun dulu baca kolom zodiak buat lihat ramalan apa hayoo? Biasanya kalau masih remaja sih, lihatnya kolom percintaan yang paling pertama :p

      Hihihi seandainya aku shio kelinci, aku pasti imoet-imoet dan gemesin kayak kelinci tapi sayangnya bukan. Tapi aku tetap imoet dan gemesin kok! #maksa

      Hapus
    2. hahahaha anak remaja sekolahan kalau liat zodiac biasanya yang pertama soal cinta wkwkwkwk
      trus soal umumnya, trus soal dokunya hhahaha

      Hapus
  12. Saya baru tau, shio saya ternyata naga. Terdengar gahar juga untuk saya yang cemen. Kalau dari cerita kemarin saya nangkapnya kak Lia masuk kuliah tahun 2013. Artinya pada tahun itu 2013 adalah usia 18. Kalau benar, kayaknya kak Lia kelahiran 1995 yaitu shio babi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha shio Naga itu bagus lho. Setahuku, banyak orang Chinese yang ingin anaknya ber-shio Naga. Jadi, Rahul termasuk beruntung ber-shio Naga :D

      Rahul kok keren banget bisa memperhitungkan seperti itu!! Hebattt. Padahal aku nggak menulis dengan terang di ceritaku kemarin hahaha.

      Hapus
    2. Saya cukup beruntung yak? Baru tau. Ha ha ha.

      Kalau baca pos teman-teman, kadang masih nempel sampai beberapa hari. Tinggal diresearch aja. Kemudian dari penjelasan kak Lia juga sangat membantu. Saya mah baru tahu hitung-hitungannya pas baca pos ini

      Hapus
    3. Iya, karena banyak yang ingin ber-shio naga ini 😁

      Kerennn. Berarti ingatan Rahul juga cukup kuat untuk mengingat 🀭

      Hapus
  13. Kayaknya, kemaren saya sudah komentar tapi nggak nongol.. apa lupa muncul tombol publish yah.. #hikss..

    Kata orang shio anjing itu loyal dan setia, bener sih... Contohnya saya #biar Lia sakit perut dah..

    Tebakan saya, pasti di antara kedua belas shio itu. dan pasti bukan shio kucing..:-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Anton!! Komentar kakak masuk kok, aku yang belum pencet tombol publishnya πŸ˜†. Jawaban teman-teman lainnya atas post ini masih aku pending karena aku ingin lihat jawaban dari hasil tebakan sendiri, bukan terpengaruh dari orang lain 🀭.
      Nah, komentar kak Anton akhirnya aku pilih publish karena komentarnya spesial, soalnya isiannya jail abiesss 😌. Ternyata orang yang ber-shio anjing selain loyal dan setia, juga suka main-main seperti binatang aslinya ya πŸ€ͺ *cocoklogi yang maksa*

      Hapus
  14. Ooh ternyata berdasarkan cepet cepetan nentuin urutannya, tapi kayaknya karakter shio nya itu kok yah suka mirip sama karakter orangnya juga ya lia , hmm πŸ€”πŸ˜‚

    Sepertinya, berkemungkinan, kayaknya, semoga aja bener, kalo gak bener berarti salah πŸ˜…, shio nya Lia adalaaah shio kuda 😁

    BalasHapus
  15. Hehe,, menarik juga cerita asal-usul urutan shio. Kalau saya tebak, shio mbak Lia ini adalah tikus, karena gambar di artikel ini pakai gambar tikus. Hihi.
    Tapi nih mbak, yang saya dengar, zodiak sekarang sudah bertambah menjadi 13. Makanya urutan zodiak juga berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kurang tepat tebakan kak Agung tapi terima kasih udah ikutan tebak ya!

      Oiya, aku juga pernah dengar soal itu tapi sampai sekarang, banyak orang yang masih memakai 12 zodiak dibanding 13 zodiak.

      Hapus
  16. Sepertinya kemarin saya sudah komentar tapi kok belum nongol ya? πŸ€”

    Cerita nenek mbak Lia mungkin ada benarnya juga. Jadi itu sebabnya mengapa kucing selalu memusuhi tikus, karena kucing ngga masuk dalam shio.πŸ˜‚

    Kalo saya ngga tahu shio apa, bahkan zodiak saya juga ngga tahu. Maklum kurang percaya hal begituan kak.πŸ˜„

    Kalo kak Lia sepertinya shio tikus deh, soalnya pintar dan gesit dalam ngeblog.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nongol nih sekarang kak Agus :p
      Kemarin-marin, komentarnya masuk hanya saja belum aku publish soalnya aku ingin lihat jawaban teman-teman berdasarkan asumsinya masing-masing hahaha.
      Maafkan kalau nggak aku info sebelumnya di post, aku lupa #plakk

      Hapus
  17. Liaaa, ralat. lia kayaknya shio naga yah, πŸ˜πŸ˜‚ kebalik lia, yang shio kuda itu adik saya πŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masak sih mbak. Coba mbak Rini hitung ulang lagi dengan orang pintar mbak.��

      Hapus
    2. Huahahah orang pintarnya kurang tepat nih jawabannya :p

      Hapus
  18. Man-temannn, terima kasih bagi yang udah memberi komentar serta jawabannya di tulisan ini πŸ€—. Tebak-tebak berhadiah ini aku tutup detik ini ya πŸ˜‰.

    Jadi, shio-ku sebenarnya adalah...

    Tunggu pengumumannya besok ya 😝.

    BalasHapus
  19. Aku bisa nebak nih, shio kak Lia pasti bukan kelinci, karena kelinci itu aku! Wahahaa, dan obviously kita kayaknya nggak lahir di tahun yg sama jadi udh pasti shio kakak bukan kelinciπŸ˜† Anyway, soal cerita itu aku pernah denger lho kak, tapi lupaa dimana, pokoknya sama persis sampe ke endingnya kenapa kucing bisa berantem sama tikus. Mungkin karena cerita ini yg memang lumrah di masyarakat ya kakπŸ€”. Kalau elemen sendiri aku gak tau gimana cara menentukannya tuh, jd gak tau elemen dari shioku pas lahir apa wkwkwkw.

    Btw jadi gak sabar pengumumannya shio kak Lia apa, nihπŸ˜† mudah2an entar bisa main lg kesini, itung2 refreshing dari real lifeπŸ˜‚.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha Awl!! Bisaan aja kita seumur :p karena kalau kita lahir di tahun yang sama tapi aku lahir sebelum tahun baru China sedangkan Awl sesudahnya, maka kita akan berbeda shio tapi tetap seumur. Bingung nggak? Hiahahha.

      Mungkin pernah dengar atau nonton tentang cerita ini di film kartun :p
      Perihal elemen, aku juga nggak tahu cara menentukannya gimana tapi kalau kamu Googling tahun lahir kamu, maka Shio beserta elemennya akan keluar :D

      Jawabannya udah aku publish di post terbaruku hihihi. Aminn! Tapi sebaiknya, Awl fokus beristirahat dulu jika ada waktu senggang supaya nggak kelelahan karena mengejar target. Semangat Awl! :D

      Hapus
  20. Cerita tentang tikus ga bangunin kucing dan akhirnya kucing ga masuk daftar binatang yang jadi lambang shio ini aku dulu tau gara-gara nonton anime Fruit Basket. Kasihan kucing jadi ketinggalan :( Dan bener yaa kayaknya gara-gara ini tikus dan kucing enggak akur ahaha. Walaupun dalam prakteknya kebanyakan kucing jaman sekarang malah pada takut sama tikut :))

    Aku ga pernah paham perhitungan tahun untuk Shio ini btw. Pernah dikasih tau teman ngitungnya dari tahun, tapi di orang yang berbeda shioku jadi beda mereka bilangnya hahaha :D

    Kalau Lia shio apa yaa? Hmm... tikus bukan yaa? Soalnya di gambar buat postingan ini gambarnya tikus hahaha ngarang bebas aja si Eya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan ceritanya sama ya kak Eya? Aku baru tahu ada anime dan kartun-kartun yang mengangkat kisah ini lho hahaha.
      Betul sekali. Jaman aku kecil, kucing kalau lihat tikus pasti bawaannya ingin ngejar tapi kalau jaman sekarang, kucing lihat tikus malah diam aja atau kabur wkwkwk. Mungkin tikus sekarang udah berevolusi :p

      Hitungan Shio ini cuma dilihat dari tahun lahir aja kok kak Eya. Memang ada urutannya tapi dalam setahun pasti Shio-nya sama. Urutannya yang pertama adalah Tikus sampai yang terakhir Babi. Misalnya tahun lalu adalah tahun babi, maka tahun ini akan ulang lagi ke tahun shio tikus. Begitu terus kak Eya hihihi.

      Kalau aku, bukan shio tikus kak :p tahun shio-ku adalah tahun kemarin hihihi.

      Hapus
  21. wah seru nih bahas shio, sehat dan sukses selalu ya kak :D

    BalasHapus
  22. Aku baru tau cerita yg para binatangnya :D. Pantesan aku termasuk yg benciiiii Ama tikus , gara2 dia hewan kesayanganku si mpus ga bisa jd shio wkwkwkwkwk.

    Aku sendiri shionya anjing Li :D, dibawah naungan Gemini. Hihihi, sbnrnya LBH familier Ama zodiak sih, drpd shio. Shio ini baru aku kenal pas SMP. Itupun cm tau nama2 hewannya. Beda Ama zodiak yg sampe aku cari tau karakter orang2nya bakal seperti apa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha ternyata ada naluri tersembunyi dibalik kisah bencinya kak Fanny dengan tikus ya :p

      Pasti akan ada lebih banyak orang yang lebih familier dengan zodiak, aku sendiri juga begitu kok kak :p

      Berarti kak Fanny juga ada sifat-sifat loyalnya nih :p

      Hapus
    2. Ohhh jelas ituuuu hahahhaha. Apalagi terhadap temen ato pasangan yg baik2 :D. Harus loyal kitaaaa :)

      Hapus
  23. Kalau ngomongin shio aku jadi inget anime Fruit Basket Mbak. Tadi pas aku baca, Mbak Lia juga menjelaskan sedikit tentang cerita shio dan ada karakter kucing di situ. Dan tiba-tiba relate sama karakter di Fruit Basket yang shio tikus sama kucing. Si kucing kek cemburu gitu sama shio tikus, kan dia g jelas tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak Pipit πŸ‘‹πŸ»
      Sejujurnya, aku belum pernah nonton Fruit Basket πŸ˜‚ tapi ceritanya sama ya hihihi. Aku nggak nyangka sih kalau ada anime yang mengangkat cerita ini walaupun mungkin jalan ceritanya nggak sama persis 🀭

      Hapus
    2. Ih kak Pipit! Sama bangeeett. Cerita shio yang Lia ceritain itu mirip sama di Fruit Basket hehehe. Cuma bedanya, si tikus boongin si kucing kalau acara pestanya itu besok..Padahal pestanya hari ini. Jadi si kucing ga ikut pesta dan dendam sama tikus yang uda boongin kucing hehe

      Hapus
  24. jangan-jangan pertengkaran tom and jerry itu terinspirasi dari kisah shio ini ya Li? Soalnya heran kok mereka berantem mulu, akur pun karena ada yg diuntungkan.

    Menarik nih, aku dapat pengetahuan baru soal bershio-an.

    jangan-jangan lia shionya babi yaa? haha, kayak aku donk. *mesko sok tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curiganya begitu kak 😝 *soktau

      Lho, kok Kak Ghina tahu? Bener lho! Kak Ghina beneran Shio Babi? 😱

      Hapus
  25. bentar2, kalau penentuan umur dari sejak dalam kandungan, penetapan shionya dari kelahiran atau sejak di kandungan ya?

    waduh aku ketinggalan ini tebak2annya... percuma ya nebak sekarang, nebak dalam hati saja deh. lalu baca postingan berikutnya. sudah lama gak BW jadi tadi sengaja baca posting yang lebih lama huhuhu

    btw ini templatenya baru yaaa... waa bagus, lebih simple yaaa, lebih pastel juga, jadi mirip creameno ini. aku suka yang bersih begini. menenangkan gitu <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penetapan Shionya tetap setelah lahir kak, ditetapkan berdasarkan tahun lahir mengikuti shio yang berlaku pada tahun itu. Misalnya kak Tika lahir tahun 1996 dan shio yang sedang berlangsung pada tahun itu adalah shio tikus, maka kak Tika otomatis ber-shio tikus. Bingung nggak, kak? Hahaha.

      Hihihi jadi tebakan kak Tika pada awalnya apa nih? :p

      Templatenya masih sama hanya lebih simple aja biar teman-teman yang berkunjung lebih nyaman :D
      Aah, terima kasih kak Tika! Semoga jadi bisa bikin kak Tika jadi sering mampir ke sini :p

      Hapus