Demi Kenyamanan Bersama.

Jumat, 02 Oktober 2020

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels


Aku, si Lia, yang bukan dari Gua Hantu, sangat tidak suka jika ditungguin dan digedor-gedor saat mandi 😣.

Mandi itu merupakan ritual "me time" yang sakral, yang membutuhkan kenyamanan dan ketenangan. Kalau ditungguin atau diburu-buru, musnahlah semua kenyamanan dan ketenangan yang dibutuhkan saat mandi tersebut 😤. Alhasil, mandi jadi nggak tenang dan nggak bersih pfft.

Bersyukurnya, kalau aku mandi di rumah, anggota keluargaku jarang sekali mengganggu saat-saat tenang antar anggota ketika berada di kamar mandi, kecuali jika udah sangat kebelet. Itu juga bukan digedor-gedor karena takut pintu roboh, hanya diberi peringatan 1.. 2.. 3x.. kalau udah sampai 3x berarti udah nggak tahan lagi 🤪.

Hal berbeda yang aku rasakan saat mandi di kamar mandi umum. Biasanya ini terjadi saat study tour atau ret-reat yang mengharuskan bermalam di luar rumah bersama teman-teman. Mandi di kamar mandi umum adalah hal yang paling aku nggak suka 😓. Bukan karena takut kotor, tapi karena harus antri ketika mau mandi, jadi ada kemungkinan "ditungguin" di depan pintu atau digedor-gedor saat mandi 😤.

Hal yang paling menyebalkan dari ditungguin adalah baru juga masuk kamar mandi, buka baju, udah digedor, disuruh cepetan. Sabar dikit, Hyung 😭. Kalau udah kayak gini, mandi hanya dalam hitungan kurang dari 10 gayung. Mau nyetor-pun, jangan harap kamu bisa. Mending nyetornya nanti, kalau udah sepi 😂. Hal lainnya yang membuat kesal adalah adanya teman yang suka buru-buruin orang, suruh cepetan, sedangkan dia mandinya seperti pakai efek slow-mo 🤦🏻‍♀️ memang tidak ada yang adil di dunia ini.

Jadi, kalau lagi nginap besar seperti saat study tour atau ret-reat, aku akan memilih untuk mandi paling pertama sebelum teman-teman lain bersiap untuk mandi atau mandi menjelang akhir setelah suasana tidak sedang gontok-gontokan alias ngantri. Ini semua jalan yang aku pilih agar ritual mandiku tenang dan tidak diburu-buru 🤪.

Buat teman-teman yang suka gedor-gedor kamar mandi saat orang lain sedang di dalamnya, tolong, tolong banget diberi jeda gitu lho kalau mau gedor. Jangan orang baru masuk, udah digedor, disuruh cepetan selesai. Wong baju aja belum dibuka, situ mau suruh orang mandi nggak lepas baju? 😂. Setidaknya, berhitungnya sebanyak 180 detik sampai memutuskan untuk menggedor pintu kamar mandi demi kenyamanan bersama. Sekian dan terima kasih.


Jadi, siapa yang suka nggak sabar nunggu orang lain mandi?! 🤣


The dreamer.


N.B :
Man-teman, maafkan aku belum sempat membalas komentar dan BW 😭. Aku akan kerjakan soon, ya! Tunggu aku 🙈

79 komentar

  1. Aku termasuk golongan orang yg nggak suka gedor pintu karena akupun gak suka kalau ritual mandiku diganggu kak, huahahaha. Nyebelin banget emg kalau pas lg tur atau bermalam di luar dalam acara yg jumlah orgnya banyak. Aku malah prefer mandi duluan, kalau nggak keburu ya nggak usah mandi sekalian. Karena kalau pilih paling terakhir, biasanya karena orang-orang ini mandinya malah lama-___-, jadi ya pasti nggak akan keburu kalau kebagian paling akhir. So, lebih baik gak usah mandi aja sekalian, paling cukup cuci muka gosok gigi🤣 Selama badan nggak berkeringat mah amaaan, wkwkwwk🤣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu dong, Awl! Hahaha. Setuju! Hal yang kurang menyenangkan saat tour ya itu, mandinya harus rebutan wkwkwk. Apalagi nungguin orang yang mandinya lama, keburu ngantuk lagi deh 🤣.
      Jujur, aku nggak pernah kepikiran untuk nggak mandi karena aku ngerasa nggak PD padahal siapa juga yang akan ciumin kan wkwk.
      Tapi, kalau jalan-jalannya di lokasi yang bercuaca dingin, nggak mandi juga nggak masalah ya.

      Hapus
  2. Hahahahaha agree Liaaa. Lagi mandi digedor-gedor tuh nggak enak pastinya 😂 kakak jadi ingat kalau hari raya sering rebutan kamar mandi sama keluarga besar. Sebab di rumah simbah kamar mandinya hanya empat namun anggota keluarga puluhan. Alhasil kakak selalu berusaha mandi paling awaaaal, bahkan bangun jam 4 atau 5 🤣

    Kakak justru nggak mau mandi belakangan karena biasanya yang mandi belakangan itu kalau nggak airnya mendadak slow entah karena kebanyakan dipakai, atau takut ditinggal *ini yang paling kesal* hahahahaha 😂 kadang kalau feeling kakak besok nggak bisa mandi cepat, kakak akan mandi malam sebelumnya around jam 10 an biar besok nggak usah mandi cukup sikat gigi dan cuci muka 🙈

    Menyebalkan memang tapi bisa dibilang momen berharga karena semakin tua sudah semakin jarang kumpul keluarga besar sebab keluarga inti dari ortu hanya dua bersaudara hehehe. Beda dengan jaman kecil sebab ortu kakak saudaranya banyak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaaa~ pasti seru banget kalau lagi kumpul semua saat hari raya ya, Kak! Sampai puluhan gitu, pasti seru dan heboh deh #salfok

      Kak Eno niat bangettt! Bahkan sampai mandi subuh untuk menghindari antrian 🤣. Ngomong-ngomong mandi malam, aku jadi keingat temanku yang kalau subuh-subuh harus berangkat, dia akan mandi malam lalu paginya hanya sikat gigi dan cuci muka, persis yang Kak Eno lakukan 🤣.

      Tapi aku setuju, kadang kalau mandi belakangan, lebih banyak nggak enaknya hahaha dan perasaan takut ditinggal itu juga nggak enak banget, bikin jadi panik >.<

      Aaah, pasti jadi rindu akan momen-momen itu ya kak >.< kalau udah berlalu, selalu ada rasa rindu ingin mengulang. Mungkin nanti akan terulang kembali saat Kak Eno atau adik Kakak udah punya anak dan cucu hihihi.

      Hapus
  3. Hahahaha tosss Liaaa!

    Saya juga nggak suka ditungguin, makanya bener banget tuh, jangankan mandi, saya mau pipis aja kadang bete, apalagi kalau di tempat umum itu kan biasanya jorok, kayak di pom bensin gitu, kambuh deh jiwa pembokat saya, segala air diambil buat nyiramin ke sana kemari, sampai benar-benar bersih, baru deh saya pipis.

    Lah yang di luar kagak sabaran, digedor-gedorlah saya huhuhu.

    Kalau di tempat kami sekarang, syukurlah ada 2 kamar mandi, dan kamar mandi saya jarang ada yang make, berbahagia deh saya hahaha.

    Palingan si adik sih, yang kalau saya mandi dia kayak ditinggal ngemol ama mamaknya bete banget dia jerit-jerit minta buka pintu, kalau dulu kakaknya sekolah sih saya buka aja, lah sekarang kakaknya di rumah, kan kakanya udah gede, jadinya hanya bsia sebal dan bilang TUNGGUUUUU DONG DEK, MAMI MANDI DULU! hahahaha.

    Btw, santai aja Lia, kalau lagi sibuk nggak usah terburu-buru BW, dilakonin dengan fun, biar selalu terjaga keseimbangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dengan Kak Rey! 🤚🏻

      Btw, aku kalau di wc umum juga gitu lho, Kak. Pertama lihat-lihat dulu apakah ada serangga di kiri kanan dekat toilet, lalu siram-siram dulu, baru pipis 😂 tapi, kalau udah kebelet sih, udah lupa semua hiahaha. Paling nggak nyaman memang kalau pakai wc umum karena takut ditungguin dan digedor 😂

      Hiahaha iya ya! Aku sering baca curhatan para ibu yang anaknya nggak bisa ditinggal jadi untuk mandi aja susah banget waktunya 🤣 beberapa tahun lagi, si Adik pasti udah cuek kalau mama-nya mandi, jadi harap bersabar sampai saat itu tiba ya, Kak Rey 🙈

      Aaawww! Terima kasih banyak Kak Rey atas pengertiannya 😭 it means a lot!

      Hapus
  4. Gampang pemecahannya supaya tidak diganggu dalam urusan mandi..Ya sud tidak usah mandi saja. Jadi ga akan ada yang gangguin saat mandi.. hahahaha

    Si Lia yang bukan dari gua hantu, karena dia adalah Lia si Hantu...

    hahahahaha...

    NB : sebelum BW, harap pastikan sudah mandi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiahaha nggak bisa, Kak! Nanti nggak ada orang yang berani dekat-dekat denganku karena kebau-an 🤣

      Tapi aku hantu yang imut kan, Kak? 🤪

      Udah mandi nih, jadi udah boleh BW dan balas komentar kan? Wkwk

      Hapus
  5. Aku pernah pas di pemandian umum habis berenang digedor2 sampe takut pintunya roboh hahahaha, padahal aku lagi sama sodaraku di dalem, jadi itungannya dua orang satu gayung. People gamau kasih maklum hadeh. Kalo pas acara nginep2 kuliah gitu aku selalu mandi bareng sama temen2 wkwkwkw untuk memotong waktu🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa ya orang suka gedor-gedor kalau di pemandian umum gitu, jadi nggak nyaman kan mandinya ya 😂
      Btw, menurutku malah mandi bareng lebih makan waktu dibanding mandi sendiri, Kak 🤣

      Hapus
    2. Astagaaahhh, jadi teringat pas masih kuliah dulu, sering banget mandi bareng temen-temen pas lagi ke mana gitu, biar aman dan cepat, duuhhh nggak pada malu hahaha.
      Btw jadi kangen teman-teman saya itu deh

      Hapus
    3. Huahaha pas SMA memang sering sekali itu mandi bareng gitu, tapi aku sih nggak ikutan 😂

      Masih ada kontaknya kah Kak Rey? Kalau ada, coba hubungi lewat chat kalau kangen 🤭

      Hapus
  6. Hahaha kalo aku kasusnya bukan mandi tapi kalo lagi buang air mbak dan memang biasanya ada di tempat umum.

    Baru masuk dan mau jongkok kok sudah digedor gedor. Hadeh, emang tidak lihat apa kalo saya baru masuk, belum ada semenit juga.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga~ buang air ditungguin itu paling nggak enak. Baru juga masuk, si pisang goreng udah di ujung tanduk, lalu digedor, naik lagi lah itu pisang ke perut. Ngeselin kalau udah kayak gini 😂

      Hapus
  7. Saya pernah sempat singgung ini dalam pos blog. Sebenar-benarnya, saya tidak suka juga ditunggu pas mandi walaupun tanpa digedor-gedor. Ada semacam perasaan ditunggu yang bikin tidak nyaman. Kecuali adik saya yang paling kecil, biasanya saya usilin dengan lama-lamain mandi.

    Momen rebuttan kamar mandi cukup jarang saya alami sih. Di rumah ada dua kamar mandi, sekalinya mandi paling waktunya tidak bersamaan. Kecuali pas saya masih sekolah dulu. Dengan dua adik saya, cukup sering rebutan kamar mandi biar tidan terlambat ke sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setuju banget sama Rahul! Even nggak digedor aja, begitu tahu ada yang nungguin, langsung nggak nyaman banget ya 😂
      Wkwkw Rahul iseng juga ya ternyata 🤭

      Kalau dalam hal zaman sekolah, kita berkebalikan nih. Aku sama adik-adik malah saling lempar giliran untuk mandi duluan karena kami mager sebab airnya dingin kalau pagi-pagi 🤣

      Hapus
    2. Ha ha ha. Kadang juga begitu. Saya baru aja ingat kalo saya sendiri, sebagai kakak, malah lebih sering mandi pake air panas 😅

      Hapus
  8. Aku juga pernah digedor waktu mandi di tempat orang lain. Ya aku mah suka ngomong aja tunggu dulu saya baru masuk nih :D udah gitu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang udah dibilang kayak gitu, tapi masih ada aja orang yang nggak sabar lalu gedor-gedor lagi selang beberapa saat. Ngeselin 🤣

      Hapus
  9. Wah.. Sama mbak, dan pengalaman aku juga sama seperti itu, benci kalo lagi di kamar mandi trus di gedor, apalagi sedang buang air sungai, eehh buang air besar. Kadang emosi juga karena belom waktunya keluar malah di persingkat biar keluar. Hmm sangat menyebalkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha benar! Kalau dipikir-pikir, digedor saat buang air besar itu lebih nyebelin ya 😂
      Kadang udah mau keluar, lalu karena digedor, jadi susah keluarnya sebab udah panik duluan wkwkw #curcol

      Hapus
  10. Semua orang akan berterimakasih karena postingan ini, hahaha. I couldn't agree more Liii hahaha.

    Aku nggak pernah mandi di pemandian umum Lii, tapi kalau pas ngumpul acara keluarga besar atau pas lebaran, luckily mereka punya banyak kamar mandi atau mandi di sungai yang airnya jerniiiiiih, nggak perlu takut digedor.

    Selain karena nggak suka diganggu pas mandi, for some specific reasons aku nggak bisa dengar suara gedoran dan barang-barang jatuh, karena bakalan terserang panik, karena hal itulah selama apapun aku dikamar mandi sama teman-teman dan keluarga nggak pernah digedor, cuman dipanggil aja, hahaha.

    Lagian karena aku mandinya lama, maka caranya aku mandi pagii pagi banget kayak jam 6 atau habis subuh, atau mau dzuhur sekalian haha(kalau dirumah), kalau dikos dulu mah bebas, karena nggak bakal ada yang manggil-manggil 😂😂

    Gedor-gedor juga nggak sopan menurut aku, aku nggak pernah gedor-gedor juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan ini dapat membuka mata para pelaku penggedoran ya, Kak Sov 🤣🤣🤣

      Kak, rasanya mandi di sungai gitu gimana? Aku belum pernah 😂 apa nggak ditontonin orang-orang? 🙈

      Wah! Kalau gitu, nggak bisa juga kagetin kakak dong ya karena bisa jadi tersiksa kakaknya 😱

      Untung Kak Sovia sadar kalau mandinya lama jadi bisa ambil waktu duluan untuk mandi. Ada lho orang yang mandinya lama, tapi nggak bisa atur waktu untuk mandi, jadi membuat antrian panjang kalau lagi di wc umum 😂

      Betul. Menurutku juga nggak sopan, lebih baik diutarakan dengan ucapan aja daripada gedor-gedor 😅

      Hapus
    2. Kalau mandi di sungai ada spot-spot tertentu Li, hahahaha. Waktu kecil aku sering mandi di kali, pas udah udah segede ini kayaknya cuman sekali deh, tenang Lii kayaknya aman deh, karena Jaka Tarub udah pensiun, gabakal ada lagi yang ngintip dan nyuri selendang bidadari mandi hahahaha. *disundul Lia

      Hapus
    3. Kak Sovia kok bikin ngakak sih wkwkwk
      Maaf, aku kan takut kalau selendangku diambil, nanti aku jadi nggak bisa kembali ke Khayangan. Jadi, aku tanya-tanya dulu nih pengalaman mandi di sungai bagaimana, jadi bisa mereka-reka nanti pas di lokasi, penampakannya kira-kira seperti apa 🤪

      Hapus
  11. Iyaaa ga enak kalau mandi rame-rame pas lagi ret-reat itu!! Aku tipe yang mandi paling pertama kalau lagi kaya gitu. Biar bisa siap-siap duluan, trus masih ada waktu dipake buat tidur lagi #eh

    untungny aku jarang-jarang dapet kejadian mandi ditungguin gini hehehe
    tapi kalo suami yang nungguin aku mandi sih bodo amat #plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cii! Kadang aku juga suka gitu! Mandi duluan biar bisa rebahan lagi #plakk 🤣

      Kalau ditungguin sama orang yang udah dikenal dekat mah, nggak masalah. Malah tetap santai aja ya mandinya alias cuek 🤣

      Hapus
    2. HAHAHA iya kaan Lia. Daripada ga ngapa2in kan? Mending tidur lagi aja sambil minta dibangunin ntr pas uda waktunya acara hehehe

      Iyaa bodo amat ya kalo sama orang yang kenal deket. hehe

      Hapus
  12. Numpang mampir mau comen2 aahh!..😊😊

    Berlama2 dikamar mandi? 🙄 😲 Dan tak ingin diganggu terlebih digedor2..😲

    Yaa bicara soal lama dikamar mandi dan tidak suka digedor2 Saya sering banget dirumah kalau lagi lama dikamar mandi, Pastinya istri ngomel, Bukan karena kamar mandi satu, Karena jika ingin pergi bareng tetapi saya masih dikamar mandi pasti istri bilang begini...."Wooyyy ceepeetaann!! Jadi berangkat nggak kamu tidur dikamar mandi"..😲

    Menurut saya kalau dikamar mandi saya tidak lama yaaa paling cukur kumis, mandi, Bersihin muka, bersihin komedo. Tapi kata istriku bisa setahun. Padahal kamar mandi rumah ada tiga. Karena kebiasaan setiap saya gonta-ganti kamar mandi selalu dibilang "Wooyy mandi jangan Setahun"...🤣 🤣 🤣 Itulah pengalaman saya tentang kamar mandi yang selalu digedor2 istri. 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Satria! Apa kabar? Para fans udah rindu dengan tulisan kakak nih 🤭

      Wkwkw kak! Aku ngakak! Soalnya kejadian ini relate banget sama aku, tapi aku di posisi istri kakak. Aku bingung kalau cowok mandinya lama itu ngapain aja di dalam, apakah luluran dulu atau ngapain gitu 🤣
      Padahal kalau dijabarkan, ritual mandinya tidak jauh berbeda tapi kenapa durasinya bisa sampai lama banget? Kenapa?! Tolong jelaskan 🤣 Skskwk

      Hapus
  13. Nah iya bener banget kalo udah kaya gitu saya pun biasanya mandi sebelum orang-orang mandi atau sekalian pas udah sepi. Walau pintu ditutup, mandi ditungguin itu tetep aja ngerasa ga enak, ngerasa malu, berasa pintunya ga ada wkwkwk.

    Apalagi kalo mau nyetor 😑 yap bener banget ga akan bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya! Aku juga gitu! Kalau ditungguin, rasanya malu padahal ada pintunya kan. Lucu juga ya respon manusia 🤣

      Wah, nyetor itu butuh ketenangan level dewa jadi kalau ditungguin apalagi digedor, bisa nggak jadi nyetornya deh 🤣 kecuali kalau udah di ujung tanduk.

      Hapus
  14. Hi Lia,

    Aku juga gak suka sih digangguin kayak gitu pas mandi. Apalagi waktu keramas atau luluran (hehe), jadinya bakal >20 menit. Biar apa? Ya biar bersih lah! 🤣

    Trik nya sih mandi paling pertama atau terakhir. Tapi kalau mandi terakhir udah keburu gerah dan gak nyaman 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk iya ya, kadang kalau lagi luluran itu kan makan waktu lama dan hening, suka dipanggilin dari luar "hoi! Tidur apa yak di kamar mandi?" 🤣

      Selain itu kalau mandi terakhir di saat mau pergi, ada sensasi takut ditinggal jadi nggak nyaman juga. Kemudian serba salah 🤣

      Hapus
  15. Di kamar mandi, adalah waktu yg sakral bagiku. Krn ada aja ide2 yg muncul. Misal, "aah, nanti nulis tentang ini deh di blog"
    Tapi kalo lagi di depan laptop, kadang ide2 itu ga keluar. Kamar mandi emang ajib sih hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk setuju banget! Biasanya ide itu muncul saat sedang jongkok di kamar mandi, tapi kalau udah di depan laptop mah lupa semua itu 🤣

      Hapus
  16. hahahaha sering banget ini ditemuin
    kalau aku bukan tipe yang suka gedor gedor pintu di kamar mandi umum
    kalau dirumah palingan cuman teriak itupun karena udah ga tahan hahaha
    nahh emang paling bener tuh kalau pergi rame rame, mandinya milih yang pertama, nggak bakalan ada yang gangguin dan bisa santai
    kayak aku waktu acara kantor yang nginep rame rame, aku nyantai banget, giliran waktunya mepet pada heboh hahaha, padahal kamar mandi ada banyak sebenernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Ainun, sama dong kayak aku! Aku juga palingan teriak dan itupun juga di rumah. Kalau di wc umum sih nggak berani >.<
      Memang kalau ngerjain sesuatu mepet-mepet gitu biasanya jadi heboh karena ada unsur panik ya wkwk, paling aman emang mandi duluan jadi bisa tidur lagi sambil nungguin yang lain mandi :p

      Hapus
  17. Seingatku nggak pernah punya masalah diganggu/menganggu orang lain saat mandi ketika di rumah, Lii. Kayaknya aku dan adikku cukup bekerja sama dengan baik deh huahahaha

    Namun, suatu hari aku harus kuliah dan tinggal di dorm di mana satu kamar berisi empat orang. Nah, urusan perkamarmandian pun dimulai. Karena kamar mandi cuma satu, otomatis kami harus 'rebutan'. Dua tahun pertama, aku cukup beruntung karena tinggal dengan tiga kakak kelas. Jadi mereka udah jarang tuh ada kelas pagi. Kamar mandi di pagi hari pun cukup aman. Paling ribetnya karena di gedung dorm yang dulu ada jam air panas, kalau udah winter kami suka rebutan karena nggak mau mandi dengan air dingin 😂

    Dua tahun berikutnya aku tinggal dengan teman sekelas dan dua junior. Untungnya lagi aku selalu bangun paling pagi, jadi hampir nggak pernah rebutan kamar mandi. TAPIII, kalau udah kebelet sakit perut dan si roommate masih betah di dalam kamar mandi, itu nightmare banget banget 🤣 pernah dong aku sampai numpang di kamar mandi temanku yang lain wkwkwk

    Kalau sejak nikah ini, aku baru ngerasain "digedor-gedor" saat di dalam kamar mandi, siapa lagi yang ngedor kalau bukan si anak bayi 😂 ada masanya Josh itu nggak bisa ditinggal sama sekali, bahkan ketika aku cuma pipis. Dia bakal jerit-jerit di depan pintu kamar mandi sambil gedor-gedor pintu. Jangan-jangan dia kira aku pergi ke dunia lain apa ya 🙄 cuma sekarang udah aman tentram, aku bisa kembali menikmati suasana hening di kamar mandi seorang diri huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha kalau cici rebutannya karena mau mandi dengan air panas ya. Aku pernah ngerasain juga rebutan air panas saat lagi nginap ramai-ramai gitu. Kalau kondisinya kayak gitu, benar-benar ingin mandi duluan deh karena malas mandi terakhir, nggak ada sisa air panas sama sekali biasanya >.<

      Wkwkw beruntungnya cici selalu dalam kondisi yang nyaman ketika harus berbagi kamar mandi ya. Dan, untungnya, bisa keburu minjem toilet teman, nggak kebayang kalau nggak ada kamar mandi yang bisa dipinjam hiahahaha.

      Awww, Josh, lucunya >.< Iya ya, kenapa anak kecil kalau ditinggal ke kamar mandi sebentar aja rasanya kayak ortunya sedang pergi ke dunia lain, baru juga masuk, kadang udah jerit-jerit :') Syukurlah sekarang masa-masa itu udah berakhir. Eh, tapi bentar lagi mungkin cici akan sulit untuk menikmati masa-masa hening di kamar mandi karena akan ada dedenya Josh :p so, selamat menikmati masa-masa hening di kamar mandi sebanyak yang cici mau sebelum nggak bisa :p

      Hapus
  18. Ga enak banget emang kalau ritual kamar mandi diganggu tuh...
    Makanya saya milih bangun dan mandi jam 4 subuh sekalian biar bisa mandi dengan tenang.
    Terus abis itu sambil nungguin yg lain tidur lagi, deh... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan kak, nggak enak banget >.<
      Tapi Kak Hicha kok kuat banget mandi subuh-subuh! Aku mengigil kalau mandi subuh, Kak #lemah wkwk

      Hapus
  19. Kita sebenernya sama, Li, gak suka kalau ritual mandi kita diganggu. Tapi penyelesaiannya yang agak beda. 😂

    Kalau aku dulu, pas kemah terutama, lebih memilih gak mandi, daripada antri panjang dan pas baru masuk kamar mandi udah digedor-gedor orang 😂. Paling mentok tuh biasanya kalau kemah selama 3 hari, mandinya cuma dua kali 🙈. Jadi setiap kemah cuma banyak-banyak ngandelin deodoran sama parfum aja. Mandi benerannya pas udah sampai rumah. Hehehe. Jorok sih, tapi untungnya sekarang udah tobat.😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu dong Kak Roem :p

      Nyiahahah emang ya digedor-gedor itu paling nggak enak deh. Untung masih mandi, bukannya nggak mandi sama sekali ya :p
      Kalau aku ngerasa nggak enak kalau nggak mandi kak, jadi pasti mandi walaupun mandi bebek wkwkw

      Hapus
  20. bisa pas gini
    gue pun baru nulis tentang pengalaman menyebalkan saat menggunakan kamar mandi
    hahah

    emang, paling enggak enak digedor-gedor gitu
    untungnya gue udah mulai bodo amatan. jadinya udah lebih merasaa cuek aja meskipun ada yang gedor-gedor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh yaa? Kalau gitu, nanti aku juga mampir untuk baca :D

      Hahaha kok bisa sih bodo amat saat digedor-gedor? Apa rasanya nggak panik gitu?

      Hapus
  21. Sama Liaaa aku juga paling ga suka kalo ada yang gedor-gedor pintu kamar mandi, mengganggu banget astagaa wkwk

    Pernah suatu waktu lagi ke WC umum di stasiun, terus ada yang gedor-gedor pake teriak "Mbaaak cepetan dong!" Padahal aku juga baru masuuuk dong? Kesel banget rasanya huuh..pikiran jahatku langsung menyarankan buat sengaja dilama-lamain 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengganggu keheningan banget kan Kak! >.<

      Wkwkw kadang emang jadi pengin dilama-lamain kalau digedor kayak gitu. Btw, apakah akhirnya Kak Eya sengaja lama-lamain setelah digedor? :p

      Hapus
  22. Akuuu!
    Tutup muka malu 🙈

    Soalnya aku memang tipe ga sabaran sih. Apalagi klo waktunya mepet. Tp klo waktunya masih longgar, aku ga akan kok gedor2. Sueeer.. hehehhe..

    Klo aku skrng malah sering bgd digedor2 anak2, baru masuk kamar mandi, udah diketok2 "mama lama bgd sih mandinya" Padahal baru aja masuk 😅 Gini deh klo punya anak pada posesif semua sama mamanya. 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahah aku percaya kok sama Kak Thessa :p
      Kalau masalah waktu mepet, dimaklumi kok hihihi.

      Huaa~ lucu sekali anaknya Kak Thessa! >.< mommies lainnya juga pada senasib seperjuangan dalam hal suka digedor oleh sang anak hahaha. Kenapa anak kecil posesip sekali dengan ibunya >.<

      Hapus
    2. Waduh, ternyata mbak Ica suka gedor gedor pintu kalo darurat ya.😂

      Hapus
  23. Saya kalau mandi sih cepat, paling cuma 5 menit, sudah termasuk gosok gigi dan mengeringkan badan. Yang bikin lama adalah kalau kegiatan mandi dirangkai dengan kegiatan, maaf, pup. Hehehe.

    Bisa lebih dari setengah jam sendiri untuk itu, haha. Apalagi kalau dilakukan sambil lihat-lihat timeline di twitter, blog walking, atau main game. Bisa lebih lama lagi.

    Nah, kalau seperti itu biasanya saya izin dulu ke orang rumah. Saya bakal lama pakai kamar mandi nih. Biasanya orang rumah mengerti, kecuali anak saya, K. Dia suka tidak sabaran kalau saya menghabiskan banyak waktu di kamar mandi/toilet, bukan karena dia mau masuk juga, tapi mau diajak main. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHA benar! Yang membuat lama kan ritual lainnya, kalau mandinya sendiri mah cepat ya, Kak.

      Kalau udah nyetor sambil main hape mah, yang bisa membuat berhenti hanya ketika kaki udah kesemutan (kalau pakai toilet jongkok).

      Aww~ aku pikir anak-anak hanya posesif kepada mamanya aja ternyata ke papa juga ya! Kei lucu banget >.<

      Hapus
  24. Emang ga asik kalau lagi mandi trus di gedor-gedor. Paling sebel karena berasa jadi ga bersih mandinga dan ga tenang. Dulu kerasa banget pas sebelum married. Masih di rumah ortu dan kamar mandi cuma satu. Lagi asik mandi eh ada yang gedor karena kebelet. Hufttt... langsung kepikiran pengen punya kamar mandi pribadi biar ga ada yang ganggu hhhaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha iya nggak enak banget kalau digedor-gedor atau ditungguin karena mandi jadi nggak bersih dan afternya bisa garuk-garuk atau nggak nyaman aja karena rasanya nggak bersih >.<
      Lalu sekarang setelah punya kamar mandi sendiri, gimana rasanya, Ci?:p

      Hapus
  25. Kalau aku lihat sikon, kak.
    Tapi yang pasti sih ngga suka gedor-gedor pintu kamar mandi kalau tau lagi dipakai.

    Nah, kalau aku lagi mandi eh tau-tau pintu digedor aku bakalan tanya dulu siapa yang gedor dan tujuannya apa buat masuk ke kamar mandi.
    Kalau jawaban suaranya cowok dan sama-sama mau mandi .. ya kuhayoin masuk saja hahahaa .. yaaa darpoada gangguin gedor - gedor pintu sekalian deh mandi bareng ��.
    Kecuali kalau lagi buang air besar ya, jijik soalnya wwkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha kalau buang air besa sih lebih baik sendiri-sendiri ya Kak. Aku juga kurang sreg kalau mandi bareng dengan orang yang sedang buang air besar 🤣

      Hapus
  26. saya termasuk yang mandinya lama, bisa setengah jam atau lebih, apalagi kalau lagi nginap sendiri di hotel dan ada bathub, udah deh lamaaa bisa berjam2 wkwkwk..

    kalau di rumah ortu pas kecil dulu sih, gak bisa bgt mandi lama2, pasti disuruh cepetan walaupun gak ada yg ngantri haha..

    kalau sekarang, istri suka gedor2 kalau mandiku kelamaan wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada bathtub mah, udah beda cerita karena bisa membuat kita jadi lupa daratan 🤣
      Apalagi berendamnya pakai air hangat, nikmat sekali~

      Huahahaha ternyata Kak Bara tipe orang yang lama kalau mandi! Kenapa bisa lama? Aku tuh suka penasaran sama orang yang mandinya lama karena aku nggak bisa 😂

      Hapus
  27. Wahh bener banget kaa, ak juga paling gak suka sih kalo diburu-buru kek gitu.. Apalagi pas mandi butuh waktu supaya bisa bersih dan harum hihi. Kadang juga ada waktu buat santai buat nyanyi, ngomong sendiri, dsb.. Ahha dah kebiasaan banget sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Juga butuh waktu untuk menunggu ilham datang ya 🤪
      Makanya nggak asik kalau digedor-gedor hahaha.

      Hapus
  28. Itulah kenapa aku ga pernah mau nginep di hostel yg kamar mandi pake sharing :p. LBH milih kamar private dengan kamar mandi sendiri. GPP mahal, yg penting aku mandi bisa tenang dan nyaman :D.

    Aku suka banget mandi soalnya Li. Minimal aku mandi itu 20 menitan, itu udh paling cepet. Kalo pake acara luluran dll, bisa 1 jam hahahahah. Makanya aku ga suka juga diburu2. Ga kebayang kalo mandi segitu lama di hostel yg shared bathroom, bisa2 aku diamuk suruh cari kamar private hahahaha.

    Tapi dulu kalo pas study tour, yg stay nya di villa, nah itu aku sama kayak kamu, mandi paling pagi. Biar aman tenang sentosa. Soalnya kalo mandi diburu2 itu, biasanya jd keringetan Krn mungkin gugup ato gimana. Naah aku benci kalo abis mandi udh keringetan lagi :p. Percuma mandinyaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kak! Aku juga malas kalau kamar mandinya sharing 🤣 lebih baik bayar sedikit lebih mahal tapi bisa puas menikmati kamar mandi sendiri hahaha

      Wahhh~ Kak Fanny kalau mandi itu ngapain aja bisa sampai 20 menit? 😱 Aku kok mau mandi agak lamaan dikit tapi nggak bisa ya. Udah habis ide mau ngapain lagi di dalam wc 🤣

      Abis mandi lalu keringetan lagi itu, memang mengesalkan sih 😂 karena rasanya gerah dan jadi ingin mandi lagi, tapi kan malas ya kalau harus mandi lagi *labil*

      Hapus
  29. Jadi inget pas study tour dulu temen aku ngomel-ngomel begitu keluar dari WC dan katanya "masih belum puas setor" karena didemo masa yang sudah nggak betah antri wkwwkwk. Memang nggak enak sih kalau beramai-ramai pake kamar mandi umum, jadi nggak bebas mau ngapa-ngapain (apalagi kalau yg hobi merenung sambil doing the business macem saya 😂). Paling enak di mana-mana ya kamar mandi sendiri. 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu sih nggak enak banget 🤣 benar-benar bukan waktu yang tepat untuk nyetor kalau lagi ditungguin seperti itu wkwk
      Kasihan teman Kak Ristra 😂 apakah akhirnya setelah semua selesai mandi, dia kembali melanjutkan aktivitas nyetornya? 🤣

      Hapus
  30. Kalo udah beranak gini aku jadi sering banget diteror gini sama Nahla.Pasti aja baru mau duduk udah kebelet malah digedor mau pup juga. Sungguh kenikmatan hakiki yang tertunda itu nggak enak blas.

    Pengen rasanya habis itu emosi, tapi apalah daya anak sendiri, dan pup itu bukan hal yang nggak baik ditahan-tahan.

    Kalo pas di asrama/kos dulu, kita udah pasang kertas di depan duluan, atau dehem yang kenceng yang berarti nggak boleh ada yang mengganggu sih. Mayan bekerja, karena emang kesepakatan pada nggak suka juga kalau digrusu2/dicepet2in.

    Tak kasih tips ya Li, nanti kalo di toilet umum, bikin tulisan aja kamar mandinya rusak gitu biar orang nggak ada yang mau masuk ke kamar mandi tersebut, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gemas sekali! Jadi rebutan wc sama Nahla ya 🤭 kalau udah seperti ini, apa daya, jadi harus mengalah 🤣

      Asiknya kalau serumah dengan teman-teman yang pengertian seperti itu Kak. Jadi jarang sekali kejadian digedor-gedor ya 🙈

      HAHAHAH benar juga! Kok aku nggak kepikiran ya 🤣 terima kasih ide kreatifnya lho Kak Ghina 🙈

      Hapus
  31. Saat di kamar mandi dan pintunya digedor-gedor emang pengalaman yang nggak menyenangkan.

    Karena itu saya saat kost dulu selalu nyari kost yang punya banyak kamar mandi, biar bisa mandi yang tenang. Bahkan aku sering milih mandi di kamar mandi yang paling ujung, biar nggak ada yang gangguin, apalagi gedor-gedor pintu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, sama dong :')
      Kalau lagi berada di kamar mandi umum, aku juga lebih sering memilih kamar mandi yang paling ujung supaya nggak digangguin 😂
      Walaupun kadang, kamar mandi paling ujung itu agak horror ya hahaha

      Hapus
  32. Dari SMP sampe lulus kuliah aku suka bgt ikut gitu lah, ret-reat, seminar, pramuka, pelatihan atau apapun yg mengharuskan nginep. Aku pilih mandi pertama, jam berapapun itu, soalnya kalau udah mandi rasanya udah tenang aja, kalau acara masih lama bisa bobo lagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Ursula rajin sekali euyy, tim mandi pertama 🙈
      Biasanya kan pada mager kalau harus mandi pertama sebab masih ngantuk dan airnya cenderung dingin sekali 😂

      Hapus
  33. Saya pernah tinggal di asrama dimana kalo mandi selalu ngantri. Tapi itu masa lalu. Makanya sekarang saya juga suka pilih mandi pertama atau terakhir kalo lagi tour. Sudah ngga mau ribet lagi.

    Karena saya juga tahu betapa ngga enaknya digangguin pas di kamar mandi, saya pun juga ngga suka gedor-gedor pintu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha memang pilihannya lebih baik mandi duluan atau belakangan supaya ritual mandi jadi bisa lebih sakral ya Kak 🤪

      Toss dulu! Aku juga nggak suka gedor-gedor, kecuali udah sakit perut kuadrat, itu juga paling hanya ngomong aja minta cepetan, nggak sampai gedor 😂

      Hapus
  34. kalo aku sih paling sakral saat nongkrong di WC 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh diganggu gugat ya Kak Zam 😜

      Hapus
  35. Kalau sy, misal pas mandi, ada yang gedar-gedor terus manggil nama sy, saya langsung jawab "bukan". hihihihi

    Gak enak itu kalau di toilet SPBU, lagi enak2, dar dor ae. Yang bikin deg2an kalau kaitan kunci pintunya gak kuat, kalau jebol gimana ceritanya itu #ahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha tapi kalau di rumah, otomatis udah kenal sama suara Kakak lah 🤣

      Eh iya, itu juga hal yang aku takutkan. Kalau lagi di wc lalu digedor dan pintunya jebol, kan jadi nggak lucu 🤣

      Hapus
  36. Zaman kulia dulu, yang namanya ngekos, pasti punya pengalaman gedor-menggedor wkt mandi. Paling parah kalo nyampur ma yg udah gawe. Paling rese kalo jadwal kuliah pagi, tabrakan ma yg udah gawe. Dia jadi saingan ngantre :D

    Alhasil, terpaksa bangun mandi jam 4 subuh. Bayangin udara pd jm segitu di Bdg msh dingin2nyaaaa...

    Untung, sekosan pada cewek semua, jadi kadang kalo udah gak sabaran, akhirnya ikutan masuk mandi bareng2 hehehe...

    Kenangan yg tak pernah dilupakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momen seperti itu pasti nggak asik banget sih Kak 🤣 pasti bete banget kalau dapat jadwal kuliah pagi sebab mengingat harus rebutan kamar mandi 🤣

      Astagaaa~ itu pasti airnya dingin banget!! Aku nggak kuat 🤣

      Tapi akhirnya momen-momen seperti ini malah jadi momen yang lucu dan tak terlupakan ya Kak 🤭

      Hapus