Aplikasi Android Penolong Para Blogger - Blogger Pro Free.

Kamis, 18 Juni 2020

Teman-teman semua, biasanya kalian kalau blogging dari handphone, pakai aplikasi apa? Atau langsung buka lewat web kah?




Kali ini, aku mau berbagi informasi mengenai sebuah aplikasi blogging di handphone—khususnya Android—yang udah aku pergunakan sejak akhir tahun lalu saat aku memutuskan untuk aktif kembali di dunia blogging.


Nama aplikasinya adalah Blogger Pro Free (sesuai foto di atas ya untuk lengkapnya).


Aku merasa beruntung sekali menemukan aplikasi ini karena dia memudahkan sekali untuk mengakses blog dan fiturnya juga cukup lengkap dibanding aplikasi buatan Blogger yang utama.

Ukuran aplikasinya kecil, jadi nggak usah takut kapasitas handphone nggak memadai. Waktu buka aplikasinya juga sebentar, jadi nggak usah nunggu loading yang terlalu lama.


Tampilan utamanya seperti ini.


Nah, sekarang kita bahas fitur-fitur dari Blogger Pro Free yuk!

- Posts :
Saat kita buka aplikasi ini, maka kita akan langsung diarahkan ke bagian posts atau bisa kita sebut sebagai halaman utama. Di halaman utama ini, akan muncul tampilan dimana berisikan post-post blog kalian, berurutan dimulai dari yang paling atas adalah post terakhir yang kalian buat.

Di halaman ini, kita juga bisa membuat tulisan baru lho. Bisa memasukan foto juga untuk post kita.

- Pages :
Kolom kedua yang berada di bar menu adalah pages. Halaman ini berisikan "halaman-halaman" yang kita buat di blog, seperti contoh halaman About Me, Contact, dsb. Kita bisa menambahkan halaman baru, juga mengedit halaman lama yang udah kita buat sebelumnya.

- Comments :
Di halaman ini, kalian bisa membaca seluruh komentar yang masuk di blog kalian dan bisa langsung membalasnya. Nyaman dan praktis banget kan?

- Statistics :
Kalau di halaman ini, kalian bisa lihat jumlah view di blog kalian. Ini fitur penting-nggak penting sih, tergantung pendapat pribadi masing-masing.

Seperti ini penampakannya.
(harusnya ada angkanya tapi ini aku hapus, biar nggak salah fokus —padahal karena view-nya masih kecil jadi nggak enak buat ditampilin huahaha)



How to make a post :
Sekarang, mari kita beralih ke cara membuat post di aplikasi ini.
Caranya mudah kok, kalian cukup buka aplikasi Blogger Pro, lalu di halaman posts di bagian pojok kanan bawah, ada gambar pensil berwarna orange, nanti kalian tinggal klik aja gambar tersebut dan setelah itu, kalian akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini.


Gambar pensil orange untuk membuat post.



Tampilan yang muncul setelah kita klik tombol pensil orange tersebut.

Fitur pendukung dalam pembuatan post juga cukup banyak. Bar yang di bagian paling bawah, bisa kalian geser ke kanan untuk lihat opsi lainnya.

Kalian juga bisa mengubah ukuran gambar yang ada di post kalian. Cukup dengan meng-klik pada gambar, maka pilihan untuk mengubah ukuran akan muncul.

Untuk edisi aplikasi yang premium, tentu menyediakan lebih banyak opsi untuk pengedit-an post. Kalian bisa mengubah teks, warna teks, dll, jika menggunakan fitur premium yang dibandrol dengan harga Rp 39,000,- untuk selamanya. Harga yang cukup masuk diakal untuk fitur yang ditawarkan, bukan?


How to reply comments :
Beralih ke bagian komentar, mungkin ini fitur yang sangat bisa dibanggakan dari aplikasi ini. Kita bisa langsung membalas komentar yang ada tanpa harus bolak balik ke website kita. Ini fitur yang sungguh amat membuatku sayang dengan aplikasi ini karena sangat memudahkan sekali untuk membalas komentar.


Contoh tampilan komentar yang muncul di blog kita.



Lalu, bagaimana cara membalasnya? Oke, harap bersabar saudara-saudara, ini aku kasih tahu caranya.

Langsung aja klik tombol "reply" yang tersedia di bagian bawah komentar, lalu kalian akan diarahkan ke halaman seperti contoh di bawah ini.

Contoh setelah klik "reply", langsung aja tulis tanggapan atas komentar kalian di bagian "type your reply" lalu setelah selesai menulis, klik "reply".


Super easy and simple, kan?
Memudahkan sekali untuk membalas komentar, jadi kesannya seperti balas komentar di medsos aja gitu. Hahaha.


Kekurangan dari aplikasi ini :

1. Tidak bisa membuat jadwal untuk post. Harus menggunakan fitur premium jika ingin melakukannya.

2. Tidak bisa memoderasi komentar. Jadi, untuk blog yang menggunakan sistem moderasi komentar, kalian perlu memoderasi komentar terlebih dahulu melalui blogger.com. Jika tidak dilakukan, maka komentar dan tanggapan tidak akan muncul di blog. 

3. Tidak bisa blogwalking. Kalau ini, harus tetap lewat browser sayangnya.


Demikian sekilas informasi dan cara penggunaan aplikasi Blogger Pro Free. Aku suka sekali menggunakan aplikasi ini untuk mendukung kegiatan blogging-ku, bahkan aku menulis post ini juga memakai aplikasi Blogger Pro Free, jadi aku berani rekomendasiin buat kalian.

Semoga bermanfaat dan menolong buat para blogger yang menginginkan kemudahan dalam dunia blogging.


Apakah dari antara kalian udah ada yang tahu atau menggunakan aplikasi ini? Gimana kesannya? Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi ini, Let me know! Aku akan bantu sebisa-ku.



Disclaimer: post ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, murni hanya ingin berbagi, bukan sponsored post, ya.


The dreamer.


Random question:
Teman-teman lebih aktif di Facebook atau Instagram? 😊






35 komentar

  1. Wah saya baru tau ada aplikasi ini 😍 biasanya kalau sedang mau balas komentar atau blogwalking via ponsel, saya buka blog saya melalui browser such as Chrome dan sejenisnya 😁 jadi saya nggak tau ada aplikasi untuk bloggers yang bisa balas komentar karena setau saya aplikasi asli blogger nggak bisa balas komentar (apa saya yang kudet, ya?) 🤣

    Terima kasih Lia untuk rekomendasinya 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi asli blogger nggak bisa buat balas komentar, hanya bisa buat ngepost aja setau aku. Jadi kakak benar, nggak kudet kok 😋

      Ah iya, kekurangan aplikasi ini, nggak bisa blogwalking!! Terima kasih secara nggak langsung udah mengingatkan aku, aku langsung tambahi di post huahahaha.

      Terima kasih juga udah membaca kak! 😆

      Hapus
    2. Masyama Lia, ditunggu postingan berikutnya 😍❤ keep writing, keep sharing, and keep inspiring ya 😁

      Hapus
  2. Wah terima kasih review aplikasinya. Saya baru tahu ada app ini :) saya pakai app dari Blogger, kadang saya tulis disana tapi lagi-lagi untuk finalisasi tulisan harus dari browser :D

    Salam,
    Amalina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak Amalina! Salam kenal, terima kasih udah mampir 😊

      Sama-sama! App dari Blogger itu, sayangnya, kurang memadai untuk fitur-fiturnya 😢
      Boleh dicoba aplikasi ini, siapa tau fungsinya lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan kakak dalam menulis 😁

      Hapus
  3. Baru tau ada aplikasi ini.. Sepertinya fiturnya malah lebih banyak yaa daripada yg bawaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Salam kenal 😊

      Betul sekali. Fiturnya jauh lebih banyak daripada aplikasi bawaan jadi lebih nyaman pakai ini kalau menurut aku.

      Silahkan dicoba, siapa tahu cocok 😁

      Hapus
  4. Wah baru tau nih ada apk nya, tapi aku udah terbiasa di laptop karena dari awal emang selalu di laptop hihihi.
    Tapi ini pasti ngebantu banget buat orang yg prefer pake android

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini ngebantu banget, siapa tahu nanti kamu mau ngeblog lewat hp, bisa nih pakai aplikasi ini 😊

      Hapus
  5. Saya baru aja download di playstore karena baca chatnya mbak lia di 1M1C😁. Baru lihat bagian post dan satisticnya, nanti mau coba bikin tulisan dari situ deh.

    Dulu pernah pakai aplikasi bawaan blogger, tapi malah nggak nyaman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii Kak Astria, terima kasih langsung melipir ke sini lho 😆
      Aplikasi bawaan blogger memang kurang nyaman. Blogger pro free ini juga nggak sempurna tapi fiturnya lebih banyak.
      Berharap nanti ada aplikasi blogspot yang persis kayak wordpress karena fiturnya lengkap banget di sana #ngarep

      Hapus
  6. iya enggak bisa BW jadi kekurangan utamanya mbak
    padahal kalau bisa buat BW kan lumayan daripada buka buka PC
    jadinya aplukasi ini jarang dilirik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget nggak bisa Blogwalking 😢
      Seandainya bisa, lengkap sudah aplikasi ini. Semoga kedepannya jadi bisa ya.

      Anyway, terima kasih udah mampir ke sini kak! 😊

      Hapus
  7. Aku pengguna aplikasi ini dr lamaaa.. hehehe.. Awalnya dulu aku download beberapa aplikasi blogger, pas dicoba2 ternyata paling enak n lengkap yg ini. Di postingan aja kita bs sampe buat nambahin alt di gambar.

    Dulu sebelum ada update, comment muncul bukan yg terbaru, tp comment terlama itu paling atas. Jd kan berasa ga guna tab komemnya, buat apa kita buka komen yg udah bertahun2 lalu kan 😁 Mau nyari komen terbaru dulu harus scroll jaaauuhh sampe bawah. Jadi aku nyaris ga pernah pake dulu. Sekarang udah dr komen terbaru, plus ada fitur replay nya. Kece yaaa..
    Tp Lia kalau buka tab comment, suka lama ga loadingnya? Beda sama tab yg lain. Aku gitu soalnya, muter2 dulu lamaaa baru kebuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada yang lebih suhu dari aku. Terima kasih sharingnya, kak! 🙏

      Waduh, untung aplikasinya sekarang udah update ya. Kalau masih kayak gitu, apa gunanya kolom komentar, belum lagi kalau komentarnya udah ribuan, capek banget scrollnya dong 😂

      Eh iya, aku belakangan ini juga ngerasa demikian! Tab comment itu loadingnya lebih lama dari yang lain, mungkin nggak karena komentarnya banyak jadi loadingnya lama? 🤔

      Hapus
  8. ehh, baru tau ada aplikasi ini. kemarin sempet bingung juga pas lihat aplikasi blogger untuk android, kok fungsinya jadi makin terbatas. buka desktop site via browser malah lebih lengkap fasilitasnya. alhasil saya lebih suka buka blogger.com di chrome.

    tapi memang sih, meskipun ada app, saya tetep aja butuh laptop kalau mau bw atau balas komen. pake keyboard full emang bikin lebih bisa menyampaikan pikiran dengan baik hahaha...

    btw, saya ga aktif di keduanya, karena saya mainnya twitter. tapi instagram masih ada di ponsel untuk kepo online shop dan kadang kadang kepo apdetan temen ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget kan karena aplikasi blogger di hp semacam terbengkalai 😢
      Aplikasi ini juga belum bisa bw jadi kalau mau bw tetap harus dan lebih enak di chrome sih, menurutku hihihi.
      Pakai full keyboard lebih nggak bikin pegel juga 😆

      Terima kasih udah menjawab random question-ku lho kak huahaha. Wah ternyata malah kakak lebih aktif di twitter ya. Kenapa lebih memilih twitter? 😊

      Hapus
    2. Lia masih nggak pakai sosmed kah? ku pake twitter soalnya gampang, gak usah mikirin estetika gambar ato apa. informasinya juga cepet banget jadi udah dapet apdetan berita dari mana2. plus temen2 banyak di situ sih.

      jeleknya, suka terjun ke twitter rabbit hole. =)) suka lupa waktu karena bacain informasi yang sebenernya gak penting....

      Hapus
    3. Baru banget bikin akun Facebook lagi buat gabung komunitas blogger, dan sejauh ini cuma akun di situ aja yang aku punya 😂

      Duh, aku setuju banget! Twitter itu kalau udah kecemplung di 1 thread, bisa lupa waktu! Tapi threadnya suka seru-seru walaupun nggak penting 😂

      Apalagi thread drama tentang sugar dady gitu, banyak banget threadnya *eh ketahuan deh suka bacanya apa di Twitter

      Hapus
  9. Saya dulu juga pernah pakai aplikasi blogger mbak Lia, cuma karena ngga bisa BlogWalking jadinya aku hapus agar hape tidak lelet, maklum RAM-nya kecil cuma 1 GB.

    Sekarang kalo blog walking aku pakai Opera browser saja, lebih enak.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya udah lama nggak pernah pakai Opera semenjak ada Chrome di handphone. Pakai Opera enak? Lancar kah?
      Saya ingat dulu waktu pakai Opera, agak lama loadingnya. Ntah karena pakai Opera atau jaringan internetnya yang lemot secara jaman dulu cuma ada Opera doang di hp, browser lain belum ada hahaha.

      Hapus
    2. Lancar lancar saja sih aku pakai Opera. Aku pakai Opera juga karena udah biasa sejak jaman hape Java dan Symbian.

      Sekarang loading nya cepat kok, fiturnya juga banyak.😄

      Hapus
    3. Nah, aku juga dulu pakai pas di java dan symbian yang kalau dibanding dengan sekarang tuh rasanya lemot banget huahahah.

      Terima kasih infonya Kak!

      Hapus
  10. wow, baru tau dan langsung install. Setelah coba lihat langsung, saya juga merasa kekurangan aplikasi ini enggak bisa melihat update-an bloog yang kita follow.


    Makaish infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh langsung dicobain 😆

      Oh ya, bener juga! Aku baru ngeh kalau nggak bisa lihat reading list. Aku akan update di blog deh mengenai ini.
      Terima kasih udah mengingatkan lho 💕

      Sebelumnya pakai aplikasi apa kak buat ngeblogging di hp?

      Hapus
  11. Menarik bisa saya coba nih Aplikasinya meski ada kekurangannya...

    Kalau untuk urusan BW mungkin bisa saya alikan lewat Crome atau Operamini beta... Ok thanks info menariknya..😊😊🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih udah mampir 🙏

      Silahkan dicoba. Nanti kalau udah coba, boleh balik lagi ke sini buat kasih tau saya kekurangannya apa, biar saya bisa update lagi di blog hihihi.

      Iya, BW lewat chrome juga enak kok *kayak makanan aja*
      Sama-sama ya 😊

      Hapus
  12. Wah baru tahu ada aplikasi ini. Makasih atas sharingnya yaaa :))

    BalasHapus
  13. Waahhh keren juga nih, saya pernah baca ada yang nulis di status fesbuk kalau nggak salah, tapi nggak seberapa kepo karena saya jarang ngeblog pakai hape sih.

    Alasannya tampilannya bikin sakit mata minus saya, nah kalau pakai aplikasi model gini, kayaknya lebih kece nih, jadi pengen pake juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau aplikasi ini tampilannya nggak bikin sakit mata kak. Font tulisannya cukup sih menurutku, nggak terlalu kecil, tapi nggak terlalu besar juga.
      Semoga aplikasi ini cocok sama Kak Rey 😊

      Hapus
  14. duluu waktu pertama ngeblog dan tau kalo blogspot ada aplikasi di hp, aku sempet coba, kalau ga salah nama aplikasinya blogger. lama-lama nggak sempet buat update di hp, aku uninstal
    kemarin ini coba iseng buka playstore dan ada versi yang ini, aku coba donlot dan cukup lumayan penampakan aplikasinya, mudah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak! Betul, aplikasi bawaan blogspot itu namanya blogger 😁

      Aplikasi blogger pro free ini lebih nyaman sih. Semoga kakak juga bisa merasakan kenyamanannya! Hahahah

      Hapus
  15. Wah..memudahkan nih kalau mau buat draft post via HP. Kadang ide datang begitu aja kan.. Makasih sharingnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, buat draft atau posting dari aplikasi ini lebih nyaman menurutku.
      Sama-sama, terima kasih udah mampir ya 😆

      Hapus