Suatu Hari di Toko Buku Mungil, POST Bookshop.

Mengunjungi toko buku independent yang ada di salah satu sudut ibukota ini sudah menjadi wishlistku sejak beberapa waktu lalu. Aku bahkan pernah bilang ke salah satu teman blogger kalau aku pengin banget bisa mampir ke toko buku ini karena tergiur melihat foto-foto mereka di Instagram yang menampilkan kesan "homey" dan "hangat" di setiap postingannya. 

Well, beberapa hari lalu akhirnya wishlistku tercapai!! ✅. Bersama dengan Prikitiew, kami jalan kaki dari Blok M menuju POST Bookshop, toko buku independent yang ada di Pasar Santa πŸ˜†. Jarak tempuh jalan kaki dari daerah Blok M Plaza sampai ke POST Bookshop sekitar 30menit (+/- 2KM). Sebenarnya, bisa naik Transjakarta, tapi aku merasa nanggung karena cuma 1 pemberhentian dan harus dilanjut jalan kaki lagi. Jadilah~ kami jalan kaki saja menuju POST Bookshop, hitung-hitung olahraga jalan 🀣 sambil melihat-lihat pemandangan sekitar yang cukup asing sebab kami belum pernah jalan ke daerah siniii. Di kiri-kanan menuju POST, kami disuguhkan pemandangan cafe dan resto menarik 😍, lumayan banget buat cuci mata dan membuat perjalanan tidak terasa terlalu jauh 🀣. 


Kami tiba di POST Bookshop sekitar jam 15.30, kebetulan~ di POST sedang tidak ada pengunjung lain selain kami, jadi aku bisa puas lihat-lihat koleksi buku mereka, while Prikitiew duduk santai sambil mengumpulkan nafas serta ngadem🀣. POST Bookshop punya banyak sekali judul-judul buku yang jarang bisa ditemukan di toko buku besar, kebanyakan koleksi mereka dari penerbit independent baik lokal maupun internasional. 

Koleksi bukunya banyak banget!! Ini baru 1 sisi aja, masih ada sisi-sisi lainnya yang nggak kejepret foto πŸ˜‚

Kesan pertama begitu melangkahkan kaki di POST adalah vibes homey dan hangat-nya REAL BANGET!! Apa yang selama ini aku bayangkan ketika melihat foto-foto mereka di Instagram tuh ternyata beneran, it means image POST di Instagram tuh "real" bukan yang dibuat-buat. POST mungkin terbilang mungil jika dibandingkan dengan toko buku yang ada di Mall, tapi justru memberikan kesan "homey dan hangat" nan besar yang nggak bisa aku rasakan ketika berada di toko buku besar. Sambil browsing koleksi mereka, kita disuguhkan dengan alunan lagu-lagu yang cocok banget dengan suasana di POST 🫢🏻. 

Setelah lihat-lihat koleksi buku mereka, aku memutuskan untuk mencoba membaca 1 bab dari buku yang aku pilih sambil duduk santai di kursi yang tersedia. Selama aku duduk di POST, perasaanku senanggg sekali karena selain akhirnya bisa mencoret wishlist, aku juga suka sekaliii dengan suasana di sana. Even kita cuma duduk cengo doang di sana, berjam-jam pun nggak akan terasa saking nyamannya πŸ₯ΊπŸ«ΆπŸ». Aku juga suka karena menurutku POST cukup thoughtful dengan menyediakan meja dan kursi untuk pengunjung bisa duduk-duduk dan membaca buku di sana. Sebuah hal yang simple, tapi jarang sekali aku temui di toko buku besar πŸ˜‚. Memang toko buku independent tuh sesuatu sekali ya ❤️❤️❤️. Aku benar-benar suka dengan konsep toko buku independent yang mungil, tapi hospitality-nya maksimal sekali. Kebanyakan owner toko buku independent benar-benar memikirkan kenyamanan dan kedekatan dengan para pelanggan. Point yang membuat kita ingin terus kembali dan kembali lagi ke sana.

Bengong sambil disuguhkan dengan pemandangan seperti ini, enak banget nggak sih? πŸ₯Ί

Selesai membaca, aku memutuskan untuk membawa pulang buku yang aku baca dan membawa pulang enamel pin khas POST Bookshop yang gemas ini 🫢🏻. Juga tentunya aku membawa pulang kenangan yang hangat dari toko buku mungil ini ❤️. 

Buku yang aku bawa pulang 😍

Enamel pin gemas yang ikut dibawa pulang πŸ˜†

Begitu meninggalkan POST, aku sangat menyayangkan kenapa rumahku nggak di sekitar sana, kan aku jadi bisa balik ke POST kapan aja dengan mudah🀣. Tapi, aku nggak lupa membuat mental note bahwa aku akan kembali lagi ke POST as soon as possible πŸ™ˆπŸ₯°πŸ’ž.

✨🧚🏻‍♀️✨

Teman-teman ada yang suka ke toko buku independent? Ada nggak toko buku independent di daerah tempat tinggal kalian? 

37 komentar

  1. baru tau ada toko buku kayak begini ya

    BalasHapus
  2. Yaa begitulah kesenangan dalam berjalan kaki, bisa lihat banyak hal yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Kalau naik motor atau angkutan umum mungkin cuma seliweran aja. Kalau jalan kaki bener2 bisa memperhatikan hal tersebut. Apalagi kalau ada teman buat ngobrol.

    Sukanya main ke toko buku indie itu bisa menemukan buku-buku yang tidak ada di toko buku konvensional. Jadi mendapatkan pandangan baru ternyata banyak buku yang bagus, tapi ga semuanya bisa masuk ke dalam toko buku konvensional.

    Aku itu dulu membayangkan kalau toko buku yang besar-besar itu menyediakan tempat duduk dan meja untuk membaca. Sepertinya jadi lebih asyik, tapi akhirnya kepikiran juga kalau nantinya lebih banyak yang menumpang untuk membaca daripada membeli buku. Jadi pengunjung banyak, tapi penjualan buku sedikit. Bukan hal yang bagus untuk sebuah bisnis.
    Kemudian pikiranku saling berdebat "Tapi khan kalau bener-bener suka bukunya juga bakal beli"
    "Emang berapa persen yang benar-benar akan beli buku tersebut ketika dia sudah selesai membaca buku yang dijadikan sampel?"

    Yaa begitulah kurang lebih perkara meja dan kursi di toko buku. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Itu lah salah satu alasan kenapa aku suka jalan kaki selain untuk olahraga ya, Kak hahaha.

      Dilema sekali ya permasalahan meja dan kursi ini 🀣 terlebih untuk toko buku besar yang memang lebih mementingkan dari segi bisnis sih. Kalau toko buku kecil biasanya lebih mementingkan hal lain, jadi berusaha menyediakan yang terbaik untuk para pelanggan. Tapi ya, Kak, ternyata cukup banyak lho yang suka beli buku meski sudah baca bukunya, kadang mereka beli untuk koleksi. Agak nggak nyangka banyak juga yang begini πŸ™ˆ

      Hapus
    2. Berarti buku itu masuk dalam buku collectible items. Yang beli merasa kalau buku yang ia baca layak untuk di koleksi. bisa karena isi bukunya, penulisnya, atau bahkan kenangan dalam buku itu (ini beneran ada..hahhaha). btw aku pernah numpang baca 1 buku di grmedia. yup 1 buku dan akhirnya ga beli buku itu. Aku akui buku tersebut bagus :D

      Hapus
  3. Loh, tumben lagi sepi? Biasanya di sana suka ada kumpul-kumpul, kadang juga ada acara bincang buku gitu deh.

    Saya juga belum kesampaian nih buat mengunjungi Post. Waktu itu sih udah ada niat pas 2020, tapi siapa sangka malah pandemi dan akhirnya batal. Haha. Sampai sekarang juga masih ketunda. Payah banget nih. XD

    Sebetulnya udah nandain buku-buku impor dari Instagram atau Tokopedia Post sih, tapi belum jadi juga buat beli. Soalnya mikir pengin beli langsung. Mumpung tokonya juga ada di Jakarta.

    Semoga aja sebelum tahun berganti bisa coba mampir ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya datang sewaktu hari biasa dan masih sore, katanya kalau hari biasa baru akan ramai setelah jam pulang kerja, Kak Yoga hahaha. Kalau hari weekend jauh lebih ramai dan iyes! Tiap bulannya sekarang udah ada acara bincang buku lagi!! πŸ₯³

      Saya juga sering banget nandain buku incaran di Tokopedia mereka, terus kadang suka dilema sendiri mau ambil langsung ke toko atau pesan online aja (yang biasanya berakhir dengan pesan online) makanya begitu kemarin bisa main ke toko rasanya senang sekaliii!!

      Amiiin!! Ayo ayo datang, katanya weekend akhir bulan ini akan ada acara bincang buku Mas Yusi, barangkali Kak Yoga berminat hadir 😁

      Hapus
  4. Waah pengen datang ketempat ini, homey banget. sayangnya gak ada di kotaku. huhu. Kalaupun mau ke toko buku ya di Gramedia ataupun toko buku lainnya. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Kak Dian! Mungkin di daerah tempat tinggal Kakak ada toko buku lain yang sejenis? Mungkin bisa ubek-ubek di medsos untuk infonya hahaha

      Hapus
  5. Toko buku toko buku seperti ini perlu dimakmurkan agar banyak pengunjung dan bisa terus menjalankan bisnisnya. Ayo mbak Lia, dishare lagi toko-toko buku independen lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya di Jakarta setahuku baru ada 2, Kak Cipu :( kayaknya lebih banyak ada di Jogja atau luar negeri 🀣. Semoga kedepannya di Jakarta bisa lebih banyak toko sejenis ya.

      Hapus
  6. Tempat ku paling banter Gramedia atau fajar agung Lii...enggk ada deh modelan yg begini, kalo perpus nasional gitu ada..wah apalagi itu..gak bisa nyantai ,kesannya kaku,tauk ajalah perpus nasional😁, apalagi ini interior nya cakep banget yak..kayak mirip"kafe gitu hehehe..bikin betah buat yg baca"jadi gak mau pulang ..eeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini perpusda juga jadul banget desainnya, Kak Heni :( baru-baru ini aja Perpus Jakarta direnovasi jadi bagus banget, sisanya mah serem-serem tempatnya :( bikin segen mau dateng berkunjung, sayang bangetttt hiksss. Seandainya semua perpus di Indonesia dibikin lebih menarik ya, pasti makin banyak yang suka ke perpusss πŸ₯Ί

      Hapus
    2. Eh iya maksudnya perpusda..koq perpusnas sih...🀦

      Hapus
  7. Aku tau tempat ini udah lama, Krn dulu temen si Yuki Anggia, sering posting. Ownernya teman dia juga soalnya πŸ˜„. Tau sih ada banyak buku menarik di sana, tapi memang blm kesampaian Li. Selain jauh, si Raka males ke arah pasar Santa hahahahha.apalagi ke toko buku, bisa ngedumel tuh anak. Memang cuma aku kayaknya yg suka baca di keluarga ini 🀣

    Ntr deh kapan2 nyempetin. Sekalian makan bakmi boy di sana πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget koleksi sosial-politik sama buku-buku perempuan gitu, Kak Fanny!! Menarik-menarik semua!! Hahahaha. Emang kalau jalanan ke arah pasar santa tuh macet sih ya, jalanannya kecil sih πŸ˜‚. Semoga suatu hari bisa kesampaian mampir ke sini ya, Kak Fanny!!

      Hapus
  8. Loh loh aku baru tau kalo dari blok m ke POST bisa jalan kaki ya Liii πŸ˜†, tau gitu dari kemarin aja deh waktu mampir ke blok m langsung kesana wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuat jalan, bisa banget, Kak Reka 🀣. Agak jauh sih sekitar 30menit wkwk atau naik busway juga bisa kok, biar lebih cepet sampai 🀣

      Hapus
    2. nah! ayo reka kita ke sini sama nabila CS πŸ˜†

      Hapus
  9. Bedanya toko buku ini ama yg lain apa ya? Apa koleksinya kebanyakan buku langka apa gimana?

    KEliatan nyaman banget ya berlama2 di sana, liat2 buku, beli walau 1 aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksinya lebih banyak buku-buku dari penerbit kecil gitu, Kak Vina :D yang jarang bisa ditemuin di toko buku besar hahaha.

      Nyaman bangettt! Boleh banget juga duduk berlama-lama di sini. Dijamin betah deh 🀣

      Hapus
  10. Aku juga suka ke Post Santa, suasananya di sana itu nyaman banget, adem pula. Aku naksir sama tote bag mereka Li, cuma masih mikir-mikir mau beli apa enggak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyaman banget, Kak Woro!! aku suka banget vibes di sana apalagi kalau lagi sepi, nyaman banget buat baca seharian hahaha. jadiii, beli totebagnya nggak, Kak? 🀣. aku juga naksir!! tapi nggak beli karena takut kebanyakan totebag di rumah πŸ˜‚ jadinya beli enamel pin sebagai gantinya 🀣

      Hapus
  11. aslii dari dulu aku penasaran pengen ke Pasar Santa, nama boleh Pasar, tapi dalemannya kayak bukan di pasar ya.
    Ngebayangin punya ruangan baca kayak gini dirumah, bakalan betah pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalemannya malah kebanyakan tempat lucu-lucu, Kak Inun 🀣. sayangnya sejak pandemi kayaknya udah mulai berkurang tenantnya, nggak seramai awal pas hype~ tapi masih banyak yang unik dan lucu-lucu.
      bakalan betah banget!! dijamin males keluar rumah kalau punya sudut seperti ini di rumah 🀣

      Hapus
    2. nah iya sejak pandemi kayak berkurang gitu ya, aku liat di postingan temen aku yang tinggal di Jakarta saat mereka main ke Pasar Santa, cakep cakep tenantnya yang ada di sana, kreatif gitu.

      Hapus
    3. Bener! Unik-unik banget tenantnya, Kak!! kalau suka baju-baju yang motifnya unik-unik, di Pasar Santa ada deh! Kayaknya sekarang udah mulai hidup lagi dan semoga bisa makin ramai kayak dahulu kala πŸ˜†. Kak Inun ditunggu kedatangannya ya! Wkwk

      Hapus
  12. iya ya, cozy banget kayaknya buat baca-baca. anyway.. kalo disana baca buku berjam-jam ampe bukunya tamat, boleh kah? trus ga beli buku apa-apa.. hehehehe

    oh iya, hellowwwww Liyaaa...

    first time commenting after yearsssss...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kayaknya boleh aja, tapi mungkin kita nggak enak hati kalau nggak beli apa-apa, Kak Ady 🀣
      terima kasih sudah mampirrrr!!~

      Hapus
  13. Aku nggak pernah ke toko buku indie gini, tapi pernah ke dua kafe di Bogor yang punya koleksi buku untuk dibaca pengunjung. Namanya Maraca Books & Coffee dan Daily Dose. Sebagai pencinta kopi dan buku, tentu aja ini jadi tempat yang pewe untuk nongkrong sendirian πŸ˜„

    Sering banget liat POST di akun sosmednya para bookstagrammer, pengen nyamperin tapi ya jauh amaat, wkwkwk. Btw, mereka jual buku-bukunya secara online nggak ya, Li? Atau khusus store aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ci Jane, aku udah lama pengin ke Maraca deh πŸ˜‚. Maraca sama Daily Dose lebih oke mana tempat dan koleksi bukunya, Ci? kalau udah ke tempat seperti ini bikin lupa waktu ya, Ci πŸ™ˆ. pasti pewe banget nongki sendirian di sanaaa! nggak khawatir bosan karena banyak bacaan 🀣

      kalau dari Bogor ke Post cukup jauh sih 🀣. dari ujung ke ujung wk. ada!! mereka juga ada jualan online di tokopedia namanya Post Press. koleksi dan harganya sama seperti di toko offlinenya. cuss coba ceki-ceki onlinenya, Ciii. menarik semua koleksinyaaa! aku suka window shopping catalog mereka wk πŸ™ˆ

      Hapus
  14. Iiiih gemes bgt tiap liat toko buku yang kayak gini. Betah buat liat sekeliling sambil foto foto. Tapi kalo utk berlama lama baca buku entah knp aku lebih suka sama toko buku besar macam gramedia walaupun ga ada meja kursi untuk bacanya sih. Btw fotonya lucuk lucuuuk❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Kak Nadya! Terima kasih ya udah mampir ke sini πŸ˜†. Salam kenal juga!!~

      Iyaaa! Ini cocok banget buat foto-foto sih karena setiap sudut aesthetic banget 🀣 dan kalau ke sini kayak nggak mungkin nggak foto wkwk. Aku juga suka baca di Gramed, tapi nggak bisa lama-lama karena takut kalau harus duduk di lantai 😭. Kak Nadya biasanya kalau baca di Gramed sambil duduk atau berdiri?
      Aaa terima kasih, Kak!! Ini efek dari tempatnya yang manis sih, jadi foto gimana aja hasilnya bagus 🀣

      Hapus
  15. Liiii... yaampuun, tempatnya berasa banget homey-nya 🀩
    Di tengah terjangan apa-apa serba online dan digital saat ini, seneng deh masih ada toko buku fisik yang mengedepankan kenyamanan pengunjung kayak gini. Semoga bisa bertahan lama, ya... Realistis sama suudzon kadang beda tipis wkwk. Mudah-mudahan managementnya tetap berusaha supaya tempat ini bisa tetap menguntungkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Hichaaa, beneran homey banget astagaa!! Kalau ditaruh beanbag bisa-bisa makin betah di sana 🀣
      Amiiinn!! Doaku juga sama! Semoga mereka tetap bisa bertahan untuk waktu yang lama πŸ₯Ί. Kalau di Jepang gimana, Kak? Banyak toko buku indie yang homey nggak? Gara-gara baca buku soal toko buku bekas di Jepang di jalan Jimbocho, aku jadi penasaran gimana situasi asli di sana wkwk

      Hapus
  16. Sepenglihatanku, ada beberapa toko buku besar yang barengan sama cafe. Jadi, abis beli bisa duduk-duduk di cafe. Tapi, nggak se-homey POST, sih. Karena pada gede-gede, sampai interiornya tuh rak buku sedinding-dinding. Kadang aku mikir, ini kalau mau ngambil buku yang paling atas, gimana caranya? XD

    Mestinya ada sih, ya, toko buku homey gitu, cuma akunya belum nemu aja. Hehe.

    Yang lebih berasa homey malah perpus2nya. Di sini tiap kantor kecamatan ada perpus (di Indonesia juga ada kayaknya, minimal tiap kabupaten atau kotamadya). Pengunjungnya mulai dari bocah SD sampe mbah-mbah. Nah, khusus bocah ini tempatnya dibikin kayak ruang bermain dengan tempat duduk warna-warni dan mungil khusus bocah. Sayangnya, 99.99% buku dalam bahasa Jepang *yaiyalahh :)))*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, aku kalau lihat rak buku yang tinggi-tinggi sampai nyentuh atap aku juga suka mikir gimana cara ambil bukunya ya 🀣

      Di Indonesia juga tiap kota atau kotamadya setahuku ada perpus, Kak Hicha. Tapi ya gitu, beberapa ada yang horor banget penampakan dalamnya πŸ˜‚. Makanya waktu perpus Cikini direnovasi jadi bagus banget, banyak banget yang kepo, mampir, dan jadi sering datang karena emang enak banget di sana. Aku jadi ngebayangin sudut anak di perpus Jepang gimanaa, kalau nuansanya kayu-kayu khas minimalis Jepang sih hangat banget rasanya πŸ₯Ί. Wkwk kalau di perpus kota atau perpus yang agak besar, ada buku bahasa inggris, Kak?

      Hapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.
My Melody Is Cute