Facebook Games.

Senin, 14 September 2020




Aku ingat masa-masa dimana Facebook masih sangat populer. Saat itu, Facebook punya berbagai macam fitur yang terbilang baru bagi umat manusia, salah satunya fitur Facebook Game yang bisa dimainkan di Facebook jika dibuka lewat komputer.

Tentunya, aku yang saat itu masih cilik—memang sekarang udah besar?—tidak mau ketinggalan zaman, jadi aku ikut bermain beberapa game terkenal yang cocok dengan seleraku 🀭. Aku ingat masa-masa dimana notifikasi di Facebook isinya sebagian besar permintaan barang-barang yang ada di game atau permintaan join game sampai lama-lama jadi spam notifikasi karena bermain Facebook Game πŸ˜‚. Tetapi, masa-masa bermain Facebook Game ini aku rindukan karena beberapa permainan bisa dimainkan dengan real life people jadi ada interaksi sosialnya meskipun hanya lewat game πŸ˜†.


Pet Society




Sepertinya ini permainan pertama yang booming di Facebook. Siapa yang pernah main game ini? Ayo tunjuk tangan! Aku aku πŸ™‹πŸ»‍♀️πŸ™‹πŸ»‍♀️!

Tentunya, aku—si anak yang tidak mau ketinggalan zaman ini—ikutan main Pet Society dong 🀭. Di permainan ini, kita bisa membuat karakter hewan sesuai preferensi kita. Dari bentuk muka, mata, alis, rambut, hidung, mulut, kuping, pola, warna kulit, model baju dan nggak lupa nama lucu untuk sang peliharaan sesuai keinginan kita. Mirip Tamagochi tapi versi modern ya 😝. Tentunya yang membuat permainan ini mengasyikan, selain bisa mendadani peliharaan kita, kita juga bisa mendekorasi rumah sang peliharaan, bisa berkunjung ke rumah teman lain, juga bisa gonta-ganti baju lucu untuk sang peliharaan yang harga belinya sangat mahal, mana dapetin uang untuk belinya susah pula, rasanya seperti menang penghargaan ketika baju yang kita ingini bisa terbeli 😭 *jadi curhat* Wkwk. Permainan cewek banget, nggak sih? πŸ€ͺ.

Permainan ini meskipun online tapi kita nggak bisa berinteraksi secara live dengan peliharaan teman. Seandainya bisa, pasti lebih menyenangkan hahaha. Satu hal yang aku ingat, aku selalu mupeng sama karakter dan rumah dari pemain nomor 1 di game ini 🀀. "Yaampun, bagaimana cara dia mendapatkan semua ini? Aku kan mau juga!" Begitulah reaksiku setiap berkunjung ke rumahnya πŸ˜‚.

Setelah lama sekali nggak main Pet Society, aku menyempatkan diri untuk membuka game ini kembali dan berkunjung ke rumah teman-teman. Di saat itu, aku lihat rumah teman-teman kenapa mewah sekali, itemnya yang mahal-mahal pula 😭. Usut punya usut, ternyata bisa pakai cheat untuk mendapatkan coin di permainan ini. Hufthh~ pantas aja bisa punya item yang keren-keren 😀.

Dipikiranku, permainan udah nggak seru kalau bisa di-cheat, apa serunya kalau mendapatkan sesuatu dengan mudah? Eh, tapi hal ini nggak berlaku buat permainan The Sims sih πŸ€ͺ. Kalau di The Sims kan serunya saat bangun rumah pertama kali, kalau nggak cheat uang, hasil rumahnya jadi nggak bisa maksimal sesuai keinginan πŸ€ͺ. Please, ampuni Lia yang suka nge-cheat uang di The Sims ini, ya Tuhan πŸ˜‚.


Amoeba Pico

Bukan, ini bukan permainan membelah diri bagaikan amoeba 🀣. Ini permainan membuat karakter juga, seperti Pet Society tapi ini versi manusia dan bisa interaksi live dengan orang lainnya 🀩.




Asli, game ini nagih banget! Karena selain bisa mendekorasi avatar dan rumah kita, kita juga bisa jalan-jalan ke tempat-tempat lain di semesta Amoeba Pico. Bisa jalan-jalan ke Jepang, Italia, America, main kasino, main gacha, pergi ke Theme Park, ikutan sesi meditasi, seru banget pokoknya! 🀩. Tapi, mostly, memang game ini fokusnya untuk berinteraksi sosial sambil pamer avatar yang udah dihias sedemikian cantik supaya bisa jadi pusat perhatian. Jadi, setiap pergi ke tempat-tempat lain, ya tujuannya untuk mendapatkan teman baru supaya bisa menjelajah semesta Amoeba Pico bersama~ hihihi.

Btw, game ini adalah game dengan server international jadi kebanyakan teman yang kita temui tinggal di luar negeri. Asyik banget main game ini deh! Selain bisa menambah teman, jadi bisa sekalian latihan percakapan bahasa Inggris juga 🀩. Aku ingat, pernah main game ini berjam-jam dari sekitar jam 10 malam sampai jam 2 subuh *kemudian pergi tidur karena takut tengah malam sendirian* 🀣. Sungguh memori yang berkesan karena habis itu, aku jadi dapat teman baru dari game ini 🀭.


Wild Ones

Nggak selamanya aku main game yang imut-imut nan cewek banget di Facebook. Percaya nggak kalau aku pernah main game yang laki banget di Facebook? πŸ€ͺ.




Beneran, pernah!
Aku pernah main game Wild Ones, yang termasuk game terakhir yang aku mainkan di Facebook πŸ˜”.

Game Wild Ones ini termasuk game yang laki banget karena permainannya tembak-tembakan dengan real player menggunakan alat tembak yang nggak nyantai. Bisa pakai Bazooka lah, tornado lah, dan alat tembak lainnya hahaha. Pokoknya inti permainan ini ya tembak-menembak tapi versi alim karena avatarnya lucu dan adegan tembak menembaknya tidak sadis 🀭.

Di game ini, sistem mainnya seingatku adalah tim. Di isi dengan 2 vs 2 atau lebih dan harus saling mengalahkan satu sama lain. Yang membuat permainan ini bukan sekedar tembak-tembakan biasa adalah kita harus mengukur jarak tembakan dengan cara menggerak-gerakan kursor supaya arah tembakannya bisa jatuh sesuai di tempat yang kita inginkan dan kalau udah disuruh ukur-mengukur gini, cewek pasti sering meleset 😀. Ini yang aku rasakan ketika bermain dengan 3 temanku yang cowok semua. Mereka bisa nembak tepat sasaran, sedangkan aku keseringan meleset dan jadi bahan tertawaan 😀 tapi udah gitu mah masih nggak kapok, aku masih suka ngajak main bareng walaupun keseringan kalah dibanding menang 🀣.


Sayangnya, ketiga permainan di atas udah tutup semua dan nggak bisa diakses lagi di Facebook. Aku paling sedih saat tahu Amoeba Pico harus tutup karena permainan itu yang paling meninggalkan kesan mendalam di memoriku 😭. Sekarang, aku udah nggak pernah coba-coba Facebook Game lagi sih soalnya udah nggak ada teman mainnya juga πŸ˜‚ tapi setidaknya, aku pernah merasakan masa-masa itu, dimana aku bisa merasakan keseruan bermain game online bersama teman-teman di Facebook 😁.


Teman-teman, apakah kalian pernah main game di Facebook?
Game apa yang paling berkesan untuk kalian?
Let me know!


The dreamer.


32 komentar

  1. Pet Society dong!!
    Aku main ini sama temen-temen blogger jaman baheula..
    Tahun 2010 kayaknya, ya ampun..
    Mbak Lia membawa memori ini lagi dong!

    Ingat dulu kudu ikutan lomba lari apa marathon gitu ya? Terus berkunjung ke rumah temen. Kalau dapat koin bisa beli baju sama perabotan, yaampun..
    Terus terus, suka pamer kalau abis beli baju baru atau rumahnya dipermak yang cantik, jadi foto profil FB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widih! Kak Pipit main juga ya! Jadi nostalgia dong pas baca post ini 🀭

      Wah, aku lupa kalau ada lomba lari! Kalau nggak salah, iya ada lomba lari gitu deh tapi nggak real-time player juga πŸ˜‚
      Huahaha sama! Aku juga suka pamer di timeline Facebook kalau habis beli item dekor atau baju baru πŸ€ͺ. Jadi rindu main Pet Society kembali 😭

      Hapus
  2. 😡😡😡😡 shock..cekarang cepat cekali updatenya..

    cemungutZzzz πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiahahaha kak Anton, masih sadar kan? Takut kenapa-kenapa karena shock πŸ˜‚

      Aku lagi belajar untuk update tiap hari nih kak. Nggak tahu kuat berapa lama 🀣
      Terima kasih semangatnya!

      Hapus
  3. Kakak angkat tangan πŸ˜‚ nggak pernah main Facebook games soalnya. Jadi nggak ada bayangan seperti apa ~ πŸ™ˆ terus sekarang apakah games-nya masih ramai dimainkan atau semakin banyak pilihannya, Lia? 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa sayang sekali kak Eno πŸ˜‚ tapi kak Eno tahu kalau di Facebook bisa main game nggak?

      Sayangnya, sekarang aku udah nggak pernah ngecek tab Games di Facebook jadi nggak tahu perkembangannya seperti apa, kak πŸ˜‚. Tidak menjawab ya wkwk

      Hapus
    2. Kakak coba FB sebelum ada games Lia. Masih awal-awal banget 🀣

      Hapus
    3. Pantass aja 🀣
      Kalau game-game di Facebook sepertinya terkenal saat tahun 2010-2011 saat Facebook udah beberapa tahun berjaya hahaha

      Hapus
  4. Saya baru tahu ada facebook game mbk, kayaknya seru banget. Selama ini kalau main game saya suka yang jombie-jombie...
    Dimana ceritanya saya jadi orang yang selamat dari wabah jombie dan kudu membunuh mereka. Padahal takut karena muka jombinya serem tapi seru banget pas lari-larinyaπŸ˜‚ plus gamenya fps jadi cuma kelihatan tangan sama senjata doang. Berasa beneran masuk ke dalam game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kak Tria udah tahu kan 🀭
      Seru kalau ketemu game yang bisa dimainin bareng teman-teman, kak hihihi.

      Wah, game apa itu? Aku baru dengar nih!! Sepertinya seru walaupun aku agak takut-takut juga kalau lihat zombie-zombie yang mukanya serem. Takut terbawa mimpi πŸ˜‚

      Hapus
  5. Kalo saya mah jamannya Ninja Saga. Ini sampai pada masa ingin ngeluarin duit untuk beli token. Dimasa yang sama, tapi bukan game Facebook, ada website Friv. Ini mah kayaknya anak warnet tau semua πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu. Sepertinya nama game ini familiar~
      Aku sering dengar sih tapi nggak pernah main πŸ˜‚
      Kalau Rahul anak warnet, apakah sempat main Ayodance juga? Hahaha

      Hapus
    2. Iya, agak identik dengan naruto + avatar. Pada masanya, ini jadi game favorit banyak orang.

      Pernah liat orang main game ini, tapi belum pernah main. Dulu paling sering sih, main game friv

      Hapus
  6. Pet Society 😍😍 Bahkan sampe skrng di FB ku masih ada satu album isinya foto2 dokumentasi pet society. Hehehe.. dulu pet ku namanya Bebeq, dan seneng bgd aku dandanin lucu2 plus dekor2 rumahnya..

    Kalau 2 games lainnya aku blm pernh nyobaa πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pasti jadi nostalgia saat melihat foto-foto zaman main Pet Society ya kak 🀭
      Btw, kok gemes banget nama pet kak Thessa! Dan, kok masih ingat!! Keren ihh! Aku sendiri udah lupa nama pet aku 🀣
      Aku juga senang bisa dandanin pet sama dekor-dekor rumahnya 😍. Kalau kak Thessa mau nostalgia, di hp ada permainan yang sama seperti Pet Society namanya Pet Paradise 🀭

      Hapus
  7. aku seeringnya main sama ninja saga , obsess mau naik level hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kamu main Ninja Saga! Keren sekali 🀩
      Memang sometimes kalau main yang ada level, bisa bikin jadi obsess untuk naik level ya lol.

      Hapus
  8. Wowwww Liaa, ini taun berapa ya? saya kok nggak ingat ya pernah main games ginian di fesbuk, padahal sejak fesbuk buka sampai hari ini, saya ada di sana hahaha.

    Apa sayanya yang kurang ngeh ya?
    Cuman memang seingat saya dulu ada mainan di fesbuk, tapi yang nanam-nanam gitu loh, eh bener ga itu games fesbuk? atau cuman di share ke fesbuk aja?

    Kalau saya yang memorial dari fesbuk tuh, mukanya teman-teman lama, yang udah pada ubanan waakakak.

    Saya dulu pertama kali gabung fesbuk taun 2008, langsung punya beberapa teman yang sering rajin interaksi, kami juga sering upload foto, seiring waktu, mereka menghilang dari timeline saya, dan baru-baru ini kembali ada fotonya, lalu saya ngakak liat mukanya udah berubah, dan sepertinya saya juga udah makin tuwah *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 2010/2011 gitu awal boomingnya, kak Rey :D
      Mungkin teman-teman kak Rey yang di Facebook lebih sering main game lain, game tanam-tanam itu contohnya hahaha. Benar ada game itu kok, namanya Farmville 🀭

      Wah, kak Rey punya Facebook dari awal Facebook masuk ke Indonesia dong? Mantap sekaliii.
      Huahaha kak Rey mah awet muda gitu kok, mana tuanya huhuhu. Memang lucu ya kalau lihat perubahan teman-teman, ada yang buat lucu, ada yang buat kaget karena berubah drastis πŸ˜‚

      Hapus
  9. Liaa gamers cantik idaman hahaha. Garing banget sih πŸ˜‚πŸ˜‚

    Aku jaraaang banget main game Lia, nggak tahu juga kalau di FB ternyata ada game, setiap ada yang ngomongin game, im give up, karena nggak tahuuuu. Tahu deng game cacing, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idaman siapa kak Sovia wkwkwk

      Kalau gitu sekarang kak Sovia udah tahu ya dan seenggaknya masih tahu dan bisa main game cacing 🀭 suka gregetan nggak kalau main game cacing, kak? πŸ˜‚

      Hapus
    2. Game cacing memang game sejuta perempuan banget kayaknya πŸ˜‚

      Greget kalo nabrak Li, apalagi kalau cacingnya uda gede, haha.

      Hapus
    3. Iya greget banget kan! Laik, udah susah-susah gedein terus ditabrak/ketabrak gitu 😀

      Hapus
  10. Aku tim pet society! Rasanya pengen ikut nge cheat biar dapet banyak uang trs beli baju dan perabotan bagus, tapi nggak jadi karna mageran hehe.
    Akhirnya cuma bisa berkunjung aja ke tetangga~ dan merasa sedih banget waktu pet society udah gak ada:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha cara ngecheatnya susah ya? Aku nggak pernah tahu cara cheat di game ini tapi sempat ngiler juga lihat item dan dekor yang bagus-bagus πŸ˜‚
      Sama huhuhu kenangan banget sih pas main Pet Society ya 😭

      Hapus
  11. Aaah Lia bring back memories banget niih!

    Aku dulu sukaaa banget main Pet Society, terus masih inget nama pet-nya Donut, kadang didandanin cewek kadang jadi cowok, tergantung yang punya aja lagi penginnya gimana :D dulu galeri foto di Facebook aku yang paling banyak isinya ya galeri foto Pet Society ahahaa aku bakal seneng banget nih kayaknya kalo jadi ada game di hapenya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi ingin nyanyi lagu Maroon 5, memories bring back you 😝.

      Ih, kak Eya masih ingat lho nams pet-nya! Gemas sekali namanya Donut, jadi pengin Krispy Kreme #lho
      Huahaha kok lucu! Aku nggak pernah dandanin pet aku jadi cowok loh πŸ˜‚. Entah kenapa nggak kepikiran ya saat itu #plakk
      Pasti timeline Facebook juga penuh foto-foto pet yang lucu-lucu ya 🀭
      Ada lho kak game ini di hp, namanya Pet Paradise. Aku udah coba main dan mirip Pet Society 😍

      Hapus
  12. 3-3 nya aku ga pernah mainin Li hhhahahaha. Aku main game di FB itu, awalnya candy crush laaah :p. Trus Farmers saga, Ama candy crush soda. Tp Krn 3-3 nya udh disediain di playstore, aku LBH suka donlot di hp, LBH enak mainnya hahahahaha. Tp masih connect kan di FB juga, jd ttp bisa minta nyawa Ama temen2 lain. Ato bisa compete juga skr. Candy crush soda sih yg aku rutin mainin tiap HR, Krn ada pertandingannya hahahahaha.

    Seru sih memang. Kdg aku bisa kalap beli coins nya , tp aku slalu Batasin jgn LBH dr 150rb lah per bulan. Boros ntr :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, Candy Crush awalnya dari Facebook ya? Aku bahkan baru tahu lho πŸ˜‚
      Lebih enak main di hp sih, apalagi di tablet, lihatnya lebih puas hahaha.
      Wadaw, kelas berat punya nih main Candy Crushnya! 🀣. Kak Fanny mungkin bisa main bareng sama mamaku karena mamaku juga suka main game itu πŸ˜†

      Hapus
  13. Waaah toss dulu Lii aku juga maen pet society, dan baru tau kalo ada cheat buat perbanyak coin πŸ˜…πŸ˜…
    Sampe bela-belain pagi sblom brangkat kuliah visit ke tetangga dan harvest buah biar banyak duit 🀣

    Anw skrg aku masih main game di hp yg persis kayak gini tp namanya petpals Li. Developernya sama dan lebih bagus tampilannya πŸ˜™

    Kalo di ios harus download testflight di apps store, lanjut download petpalsnya di dlm apps tsb. kali aja Lia mau maen lagi πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw kak, niat banget ya sampai pagi-pagi belain buka game dulu 🀣
      Iya, dulu ada cheat buat perbanyak coin tapi aku nggak tahu gimana caranya sih.

      Ohyaaa? Nanti coba aku cek ya kak. Terima kasih atas rekomendasinyaaa! 😍 Kemarin itu aku ada lihat nama game Pet Paradise, itu gamenya mirip Pet Society tapi developernya berbeda πŸ˜‚

      Btw, aku panggil kakak apa ya enaknya? 😁

      Hapus
  14. Aku nggak pernah main game di Facebook, tapi di linimasa Facebookku zaman tahun 2009-2010an sih lagi rame-ramenya main Pet Societyyy, wkwk. Eh, sekarang game-nya masih ada apa enggak, ya? Aku udah jarang banget buka Facebook, soalnya :D

    BalasHapus