New Things: Journaling.

Credit pict

Tanggal 11 besok tepat sebulan sudah aku menulis journal kembali. Menulis journal ini sebenarnya bukan hal baru untukku. Sejak duduk di kelas SMP 1, aku sudah mulai menulis journal atau yang dulu lebih sering disebut diary yang isinya kalau nggak sedih karena rindu dengan teman lama atau si Mas Crush hari ini berbuat apa, dan hal-hal lain yang kalau dibaca ulang bikin merinding disko saking memalukannya 🀣. 

Buku diary ini bertahan sampai beberapa tahun lalu, lho! Padahal bukunya nggak terlalu tebal, tapi karena semakin dewasa semakin jarang diisi, jadi bukunya nggak habis-habis πŸ˜‚. Sayangnya, diary ini akhirnya aku musnahkan karena saat itu merasa sudah nggak mau melihat ke masa lalu lagi, ingin move-on ceritanya *halah*. Nggak menyesal sih memusnahkan diary tsb, cuma merasa sayang belum sempat difoto beberapa isinya πŸ˜‚. 

Tahun 2019 lalu, seingatku kegiatan journaling mulai ramai digaungkan di media sosial dan journaling zaman sekarang tuh beda bangettt. Nggak hanya sekedar menulis kejadian harian aja, melainkan banyak yang mulai mendekorasi journal pakai stiker set, washi tape sampai punya banyak alat tulis beraneka ragam dan berbagai tipe. Journaling jadi looks more fun and interesting this way 😍. Entah dari dulu memang sudah seperti ini dan aku yang baru tahu atau memang trendnya baru muncul 🀣. Karena aku anaknya gampang kena racun yang lucu-lucu, that's why I started journaling yang kekinian itu πŸ˜†. Hanya saja lagi-lagi, aku mengisinya nggak  rutin dan nggak tahu arahnya ingin kemana.

Setelah bulan lalu membaca buku Empowered Me yang ditulis oleh Kak Puty Puar, aku jadi termotivasi kembali untuk menulis journal 😍. Apalagi sehabis nonton drakor 2521 kemarin, semakin-makin ingin lanjut menulis diary untuk Min Chae-ku di masa depan 🀣.

Anyway, semakin ke sini, aku semakin sadar ingin membawa kegiatan journaling ke arah mana. Aku suka journaling untuk membuang isi kepala agar supaya tidak overthinking juga mencatat beberapa kejadian yang terjadi hari ini. Kadang kalau dipikir hariku berjalan dengan biasa saja, nothing special, tapi sewaktu menengok kembali ke halaman-halaman journal sebelumnya, ternyata setiap hari ada saja kejadian yang aku tulis πŸ™ˆ. Entah itu mencoba makanan baru atau menyelesaikan satu buku, ada saja bahan untuk ditulis di journal 🀣.

Sekarang ini aku punya 4 journal dengan fungsi yang berbeda-beda. Dan ternyata, dengan pembagian seperti ini lebih membuatku bisa bertahan selama hampir 1 bulan ini untuk menulis journal πŸ™ˆ. Ini beberapa journal yang aku pakai sekarang : 

1. Notebook Grid - untuk daily highlight of the day.

2. Notebook Blank - untuk morning pages atau brain dump.

3. Mini pocket size, Blank - untuk random ideas.

4. Mini notebook, Blank - untuk informasi yang aku dapatkan dari buku-buku yang aku baca (catatan baca).

Untuk dekorasinya, aku pakai sticker, washi tapes, highlighter dan pen brush yang aku beli dari beberapa toko berbeda, salah satu tokonya adalah Scoop yang bisa ditemui di mall-mall itu πŸ™ˆ. Harap waspada kalau sudah masuk ke Scoop karena bisa-bisa kalap beli perintilan journaling yang lucu-lucu 🀣. Sekarang aku sedang dalam masa pencarian pulpen favorit yang nyaman digunakan untuk menulis. Ada yang punya rekomendasi, kah? I would love to hear!~

Semoga kegiatan baru ini, atau mungkin bisa disebut habit baru(?) ini, bisa rutin aku lakukan terus sampai di masa dimana aku nggak bisa menulis lagi 😁. 

Teman-teman ada yang suka journaling juga? Racunin aku dengan perintilan journaling kalian dong πŸ™ˆπŸ€ͺ. Atau ada yang punya hobi/habit baru belakangan ini? Yuk mengobrol 😁.

34 komentar

  1. Liii kok kita samaaan sihhh πŸ˜† Aku sejak kecil juga suka nulis diary dan pas bullet journaling heboh aku juga ngikut buat hahaha meskipun akhirnya 3 kali gagal karena aku gak telaten dan merasa gak kreatif buat bikin cantik journalnya, padahal udah nontonin youtube mulu buat cari inspirasi.

    Tapi, akhir-akhir ini aku lagi nyoba yang baru yaitu quote journaling, karena kebanyakan baca buku digital kadang jadi susah di annotate (kayak kalo baca di gramdig) dan biasanya aku tulis di buku terpisah tapi enggak ada cantik-cantiknya sama sekali 🀣 jadi sekarang aku bikin semacam scrapbooking gitu, aku print gambar2 dr pinterest sesuai dengan apa yang aku bayangin pas baca dan itu jadi dekorasinya. Selama ini seru sih dan pas dibaca lagi enak masih keinget dan kebayang tentang buku yang aku baca.

    Hmmm kalo printilan sih standar ya Li, aku pake washi tape, sticker, deco paper dan gambar print2an doang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Tikaaa, kok kita sama banget πŸ˜‚. Aku dulu mandek juga karena nggak kreatif padahal udah sering nonton Youtube πŸ˜‚, sekarang karena banyak sticker cantik bermunculan, jadi balik lagi keinginan untuk journaling wkwk

      Woaaa! Kebayangnya quote journaling Kak Tika bagusss juga πŸ™ˆ. Kapan-kapan boleh coba dishare cuplikan-cuplikannya, Kak wkwk *kepo

      Hapus
  2. Li nonton ending 2521 misuh-misuh juga kayak orang-orang nggak? xD

    Ya ampun hebat kamu punya 4 journal, journalku cuma 1 macam dan dari tahun kemarin jarang diisi-isi lagi wkwkwk. Kalau tentang rekomendasi printilan journaling atau pulpen yang dipakai, monmaap hamba undur diri, soalnya kalau journaling sukanya pakai pulpen Standard aja dan nggak pake dihias-hias segala. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hueeee bukan misuh-misuh, tapi banjir air mata dari awal sampai akhir 😭😭. Nggak misuh soalnya udah expect endingnya gimana dan sempet jeda 1 atau 2 hari untuk menyiapkan mental sebelum nonton endingnya WKWK

      4 journal tapi nggak semua diisi setiap hari, Kak Endah 🀣. Eh, tapi pulpen Standard juga enak!! Pulpen favoritku waktu jaman sekolah karena bikin tulisan jadi tjangtip 🀣

      Hapus
  3. Aku journaling juga, tapi di Journey menulisnya. Karena aku sudah malas menulis tangan. Hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiakakakak aku pernah coba nulis di hp, tapi belum merasa klik, Kak Kimiii πŸ˜‚

      Hapus
  4. Wah aku juga lagi suka membuat bullet journal walaupun belum konsisten diisi. Aku suka pakai pulpen sarasa untuk nulis, kalau highlighter aku suka zebra midliner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Woro suka pakai Sarasa yang warna dan tip nomor berapaa? :D

      Hapus
  5. Aku sering nulis jurnal.. tapi jurnal kerjaan gtu.. wkwk 🀣🀣 tiap sore atau pagi pas mau pulang. Pasti nulis jurnal ttg kerjaan tadi.

    Di Reels tuh orang2 kaya yg keren banget gtu Bikin jurnalnya. Tulisannya di lettering segala, digambar doodle.. Kerenn sih. Btw, Lia bisa nulis Lettering yg di gaya2 gtu nggak Li?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini journal kerjaannya memang tugas dari kantor atau keinginan Bayu sendiri? Wkwk

      Iya ada lettering gaya-gaya gitu, tapi punyaku masih belum bagus jadi lebih mengandalkan sticker yang lucu-lucu sebagai dekorasi, Bay 🀣

      Hapus
  6. menulis di blog apakah bisa disebut dengan journaling juga? 🀣

    kenapa ya nulis diary gini, dulu selalu identik dengan kegiatan cewe? padahal cowo juga ada (bukan saya).. mungkin karena aksesoris lucu-lucunya itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmhm kayaknya.. termasuk deh, Kak Zam? Wkwk

      Eh iya! Benar juga lho~ padahal kalau baca cerita Kak Eno, di Korea sendiri semua anak terlepas dari gender apapun disuruh menulis diary, tapi entah kenapa identiknya dengan cewek πŸ˜‚ mungkin iya karena aksesorisnya kebanyakan lucu-lucu wkwk. Kalau sekarang, kayaknya udah banyak juga cowok yang journaling, Kakk, malahan metode bullet journaling itu dibuat oleh cowok lhooo hahaha

      Hapus
  7. Lia kita samaan banget, dari jaman SMP aku juga suka banget journaling, dulu pake binder trs suka tuker2an kertas lucu sama tmn2 hihihi, isinya biodata tmn semua hahha.

    Semakin kesini isinya curhatan semua, tapi pas udah kuliah aku pindah ke e-diary karna tiada hari tanpa buka laptop, tp ya emang feelnya beda banget sih ngetik sama tulis tangan.

    Sampai pas kerja aku ngekos aku mulai nulis lagi karena ga tiap hari buka laptop jadi aku CLBK sama buku diary, terkahir nulis diary 2017.

    Tahun ini aku mulai journaling lagi dgn style yg beda, skrg isinya foto2 yg aku dekor dg stiker2, washi tapes, highlighter dan pen brush, sama persis kaya punya kamu hihihi.

    Aku malah rencana mau nulis tentang journaling ini juga, padahal foto2 udah siap, tapi masih males nulisnya hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Meta, sama banget 🀣 dulu waktu SD suka banget tukeran kertas binder sama teman-teman, sampai tukerannya harus dengan brand yang spesifik karena jenis kertasnya beda 🀣.

      Bener bangettt! Menulis digital dan manual rasanya beda banget sih, padahal sama-sama menulis ya. Kok bisa ya 🀣
      Ayooo Kak Meta tulis juga postingan tentang journalingnyaaa! Aku ingin bacaaa πŸ™ˆ

      Hapus
  8. Ntar hasilnya akan hadir pilihan

    1. konsisten menulis jurnal
    2. konsisten menghias buku jurnal

    kayaknya aku tau bakalan yang mana yang dipilih πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiakakakakak untungnya sampai saat ini masih lebih konsisten menulis journalnya sih, Kak. Nggak tahu beberapa bulan lagi akan seperti apa πŸ€ͺ

      Hapus
  9. waktu aku SMP nulis jurnal yang berkonsep diary. isiannya biasa seputar anak remaja labil yang lagi cinta monyetan gitu wkwkwkwkw. Terus ga sengaja diary dibuka sama bapak aku, sejak itu ga pernah nulis di diary lagi. Padahal jaman dulu,, diary aku yang ada gemboknya, berasa kayak harta benda aja hahaha.

    emang too kiyut kalau udah liat printilan yang lucu lucu ya. Gatel aja gitu pengen borong hahahha
    beberapa bulan lalu aku cobain journaling, dan random aja yang aku tulis,kebanyakan cerita lama.

    aku mau berpikiran sama kayak Lia ahh, nulis jurnal untuk Min Chae, biar nggak semangatgitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pfft paling kesal tuh kalau diary dibaca sama orang lain tanpa persetujuan gitu 😭😭. Wkwk ingat banget dulu diary ada gemboknyaa, tapi gemboknya kan kecil banget ya, Kak dan ringkih juga, kayak dicolek dikit bisa patah 🀣

      Samaaa :( aku setiap lihat sticker lucu rasanya gatel pengin beli, untung masih bisa ngerem πŸ˜‚

      Semangaaaat!! Semoga kita bisa konsisten journaling untuk Min Chae kita di masa depan ya, Kak Ainun πŸ™ˆ

      Hapus
  10. Hmmm.. journaling buat orang yang suka random agak berat. Tapi memang ada kategori yang berguna seperti tracker.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Trueee. Mungkin kalau untuk orang yang suka random, bullet journaling lebih cocok ya, Kak Pheb(?)

      Hapus
  11. Aku tuh pembosan masalahnya. Sempet nulis jurnal yg pake style lucu2, pulpen warna warni, stiker atau apalah ..tapiiii ga bertahan lama 🀣🀣🀣. Ujung2, balik lagi nulis cakar ayam, sesuai mood saat itu wkwkwkwkw.

    Kayaknya memang aku LBH suka menulis apa adanya, ga usah pake printilan yg lucu2, Krn pasti mubazir di aku Li 🀣. Lah ini aja, beli stiker Ampe ratusan, yg dipake cuma dikiiiiiit hahahaha.

    Dulupun pas zaman masih rutin nulis diary, aku ga pake printilan aneh2. Sekedar nulis doang. Tapi banyak yg aku bakar, Krn mama kepo orangnya. Ngebaca diaryku. Jadinya ga tertarik lanjutin kalo udh dibaca gitu. Aku bakar aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaaaak sayang banget dibakaaarrr 😱😱😱

      Hapus
    2. Wkwk toss mba Fanny saya juga ada yg dibakar karena isinya rahasia orang lain semua (kumpulan cerita curcol). 🀣Kalau dibaca org laen tar saya yg disalahin😭

      Hapus
    3. Hueeee ada juga diaryku yang aku musnahkan, Kak πŸ˜‚ tapi karena memang udah nggak mau ingat-ingat masa lalu lagi 🀣. Di rumahku nggak bisa bakar-bakar, jadi aku robek kecil-kecil terus aku basahin pakai air biar tulisannya luntur semua WKWK

      Hapus
  12. Mbak Lia, kapan-kapan coba di-share tipsnya biar bisa konsisten journaling, dong! Soalnya aku tuh selalu on and off kalau nulis di jurnal. Terus juga aku terlalu ter-pressure (?) sama orang-orang di Instagram yang jurnal atau diarinya estetik banget, akhirnya aku mundur teratur dan udah gak pernah journaling lagi, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau aku udah konsisten banget akan aku share ya, Kak Eva πŸ™ˆ. Btw, better jangan dilihat foto-foto yang bikin terpressure biar nggak stress πŸ˜‚.

      Hapus
  13. udah lama banget aku ga journaling, jadi kangen beli washi tapes dan aksesoris lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momen beli perintilan journaling terus menunggu paketnya datang itu, the best moment ya, Kak 🀣

      Hapus
  14. Aku donk juga beli buku untuk journaling tapi masih tersegel dengan rapat. Masih kepikiran bikin journaling untuk catatan perjalanan. Tapi belum mulai-mulai..hahahaa


    Semangat li untuk journalingnya πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo ditulis Kak Rivai hahaha. Kak Rivai kan sering jalan-jalan gitu, kalau ditulis di buku journal kayaknya sebentar juga bisa langsung penuh 🀣. Semangat, Kak Rivai!!

      Hapus
  15. Tooos duluuuuu sahabat journal!!! πŸ–πŸΌ Seruuu ya journaling tuh. Hias-hias pakai stiker dan washi tape. Ato bahkan templok-templok kertas bekas bercorak gitu Li 😍

    Itu Lia sampe punya 4 uwooow. Aku stick cuma 1 aja, eh 1 lagi buat urusan kerja sih. Buku yang dikasih sama kak Eno ituu lohh. Jadi kupake buat kerja. Cuma ga dihias-hias kalo yang ini karena isinya juga cuma highlight meeting dan oret-oretan πŸ˜‚

    Oia buat pen, aku suka Zebra Sarasa Lia. Hampir punya semua warna (mejikuhibiniu) eh kuning ga punya deng wkwkw untuk kuning aku lebih suka spidol hehe Pen ini enak banget buat nulis juga untuk gambar. Sebetulnya aku suka pilot Hi-tech 0.4 tapi pulpen ini somehow tuh suka macet kalo lama ga dipake. Jadi aku sebeeelll wkwkw uda mana mahal pulaak. Jadi kuberalih saja ke Sarasa 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bangetttt, Ci Friscaa!! Paling seru bagian hias-hiasnya 🀣 walaupun kadang kalau menatap blank page ada perasaan bingung mau diisi seperti apa, eh tapi tanpa sadar udah terisi aja tuh 1 halaman 🀣.
      Kalau buku yang dikasih Kak Eno, aku pakai untuk rangkuman isi buku-buku yang aku baca wkwk tapi sama seperti Cici, yang ini nggak aku hias-hias 🀣

      Woaaa, Ci Frisca punya warna pen-nya lengkap bangettt!! Aku punya kebanyakan warna hitam karena masih mencari pen yang enak untuk menulis lama gitu 🀣. Kalau Cici pakai brushpen gitu nggak?

      Hapus
  16. Hai, salam kenal Lia. Aku udah sering baca blog kamu tapi kayanya ini baru kali pertama aku ikut komentar. Aku juga hobi journaling tapi udah lama dan baru balik lagi journaling akhir akhir ini. Aku mau rekomen pulpen muji, micron atau sarasa karena ketiganya biasa aku pakai untuk bikin bullet journal. Sedangkan kalau warna warni nya aku biasa pakai mildliner aja karena belum coba perintilan yang lain. Kebetulan di grup line ada loh komunitas journaling namanya Planneraddictindonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Anita! Terima kasih yaa sudah sering mampir dan akhirnya menampakkan diri di kolom komentar πŸ™ˆ it means a lot for me!! ♥♥♥ semoga bisa terus keep in touch yaa.
      Woaaa, samaan dong baru balik lagi belakangan ini 🀣. Ehiyaaa, kalau mau pen Muji sekarang belinya dimana? Online yaa? Aku ada pen Muji tapi yang warna biru, pengin beli yang hitam, eh Muji udah keburu tutup 😭
      Kalau Micron, enaknya yang ukuran apa? Aku baru dengar merk ini.

      Hapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.
My Melody Is Cute