Jajan di Pasar Baroe.

Belakangan ini lagi bingung banget harus cuci mata kemana selain mall πŸ˜‚. Rasanya lagi bosan banget kalau harus ke mall lagi.. mall lagi.. Mungkin ini juga yang jadi problematika sebagian masyarakat yang tinggal di Jakarta(?) sebab kalau aku lihat-lihat, setiap ada tempat outdoor baru di Jakarta, pasti jadi kawasan yang selalu ramai pengunjung di kemudian hari. Iya nggak sih? *mencari pembenaran*

Berhubung lagi bosan ke mall dan kena racun salah satu Youtuber soal kuliner tempat ini, main-mainlah aku ke sini, ke Pasar Baru, Jakarta. Salah satu kawasan pasar legendaris yang udah berdiri sejak zaman dahulu kala. Meski namanya "pasar", tapi yang mendominasi kawasan ini adalah pedagang kain, bukan seperti pasar lainnya yang isinya pedagang sayur dan buah 🀣.

Main-main ke Pasar Baru sekaligus melepas rindu, sebab terakhir kali ke sana sekitar 5-6 tahun lalu sebelum covid menyerang. Kondisi Pasar Baru sekarang mengalami beberapa perubahan. Yang paling terasa, ada beberapa toko yang tutup, bahkan toko besar sekelas Matahari Dept. Store yang udah berdiri sejak lama harus gulung tikar akibat pandemi 😭. Toko Matahari yang terdiri dari 3 ruko, kini kosong dan hanya 1 ruko yang dialih fungsikan menjadi semacam pujasera. Sedih ya kalau melihat pemandangan seperti ini 😭.

Anyway, kita skip bagian sedih-sedihnya dan berlanjut ke adegan yang bikin mata segar, perut keroncongan. Yeppp! Mari kita makan!~. 

Kawasan Pasar Baru juga terkenal dengan makanan-makanan legendarisnya. Kalau teman-teman sering dengar Bakmi Gang Kelinci, nah katanyaa sih pertama kali lahir di kawasan Pasar Baru ini. Menurut rangorang, rasa bakmi yang di Pasar Baru berbeda dari yang di cabang lainnya. Tapi kali ini aku nggak makan Bakmi Gang Kelinci sodara-sodara, jiakkk 🀣. Kali ini aku makan di Bakmi Aboen, yang katanya lebih legendaris CMIIW. 

Letak Bakmie Aboen adanya di pojokan gang gitu. Gang masuknya berada di sebelah Bakmi Gang Kelinci πŸ˜…. Pokoknya kelihatan kok dari ujung gang, nggak susah carinya πŸ‘πŸ». Meski berada di dalam gang, suasana di Bakmi Aboen ramai banget lhoo. Pengunjung nggak henti-hentinya berdatangan. Jangan khawatir nggak dapat tempat duduk karena ruangan di dalam cukup luas dan banyak tempat duduk tersedia. Para pegawai juga sigap membantu πŸ‘πŸ».


Menu di Bakmi Aboen cukup beragam, ada yang toping ayam dan babi. Ada bakmi kecil, lebar, kwetiau, bihun, lochupan, nasi goreng, dll. Siang itu aku pesan Bakmi Lebar Babi Campur dengan 1 porsi Swikiau rebus. 

Bakmi Lebar Babi Campur (50k)

Rasa bakminya bukan yang enak wah bangettt sih, tapi lumayan enak kok πŸ˜†πŸ‘πŸ». Tekstur bakmi lebarnya pas, nggak terlalu lembek dan nggak terlalu kenyal. Nggak terlalu asin juga, lebih ramah untuk lidah lah ya hahaha. Toping babinya sih yang juara πŸ˜­πŸ‘πŸ» maafkan, tapi aku harus mention ini karena memang enak buanget babi panggangnya πŸ˜­πŸ‘πŸ». Dagingnya gendut, juicy, kulitnya garing, renyah, nggak gosong. Enak buanget πŸ‘πŸ»πŸ˜­πŸ‘πŸ». Saran dariku kalau kalian mau pesan toping babi, lebih baik topingnya babi panggang aja, nggak usah pilih yang babi campur wk. 

Swikiau Rebus Porsi (+/- 30K)

Pindah ke Swikiaunya~ buat yang belum tahu, Swikiau ini mirip Pangsit/Gyoza/Dumpling gitu sih sebenarnya. Bahan pembungkusnya sama, mungkin isinya aja yang beda. Biasanya aku nggak ngefans banget sih sama Swikiau, tapi Swikiau di Bakmie Aboen ini uenak banget πŸ‘πŸ»πŸ˜­πŸ‘πŸ». Isiannya cocok di lidahku. Nggak tahu isinya apa, entah seafood atau daging, yang jelas uenakkk dan bikin aku ngefans sama Swikiaunya 😭. Pantas saja papaku yang fans berat dunia per-pangsit-an sampai minta bungkus Swikiau ini πŸ˜‚.

Setelah dari Bakmie Aboen, meski perut udah kenyang poll, tapi kalau lihat yang manis-manis, lambung langsung auto mengembang deh 🀣. Awalnya aku berniat untuk icip Es Sari Salju yang katanya cuma ada di Pasar Baru, tapi waktu lagi jalan-jalan, eh ketemu toko es krim yang namanya Tropic. Toko es krim ini bagaikan oasis di tengah padang gurun soalnya tempatnya adem, while cuaca di luar panas banget 🀣 *salfok*.


Mamaku bilang Tropic ini udah ada sejak mamaku SMA! Katanya mama, toko ini dulu ramai banget sampai antri ke luar-luar untuk beli es krimnya dan karena selalu ramai, mamaku nggak pernah sempat untuk cobain, jadi kali ini mampir ke Tropic biar mamaku bisa cobaaa~ mama sampai terharu banget, setelah 50 tahun berlalu masih diberi kesempatan untuk coba es krim ini 😭 sampai bonnya mau disimpan, buat kenang-kenangan katanya 😭 *nangis sekebon*

Nuansanya jadoel yaa~ hahaha.

Menurutku, es krim Tropic ini statusnya mirip seperti es krim Ragusa~ sama-sama homemade dan legendaris hahaha. Aku sendiri belum pernah coba Ragusa, jadi nggak bisa bandingin dengan Tropic ini dari segi rasa πŸ˜‚. Di Tropic tersedia varian es krim yang nggak seperti varian es krim komersial. Ada Tutti Fruti, Banana Split, Snow White, Frambozen, Mocca, Tiramisu, dll. Coba tebak aku pesan yang mana? 🀭.

Aku pesan yang Snow White!! Gimana? Benar nggak tebakan kalian? 🀣. 

Pertama kali lihat namanya kelihatan unik bangettt dan begitu aku tanya katanya ada keju-kejunya gituuu, jadi iseng deh cobain aja wk. Ternyata Snow White itu perpaduan antara es krim dan di bawahnya ada seperti cheesecake berukuran cukup besar. Dikasih 1 bongkah gitu, bukan cuma potongan-potongan kecil 🀀. Rasa es krimnya mirip seperti es krim di rumah nenek alias es krim khas homemade gitu deh hahaha. Dominan berasa susu, tapi bukan yang strong ya~ dan nggak terlalu manis. Esnya juga cepat mencair, tipikal es krim homemade nggak sih? Hahaha. 

Snow White 🀀 (38k)

Terus, cheesecakenya nggak bikin eneg! Nggak kemanisan. Pokoknya perpaduan keduanya enakkkk, rasanya seperti naik mesin waktu dan kembali ke masa kecil 🀣. Es krimnya memang dingin, tapi sensasi makannya malah memberi kehangatan di djiwa *halah*. Oiyaa! Ada beberapa potong buah juga di pinggirnya sehingga menambah ragam rasa dalam 1 gigitan hiahahaha kayak iklan dah 🀣.

Banana Split (52k)

Untuk Banana Split, kelihatannya terdiri dari 3 atau 4 jenis es krim yang berbeda, tapi jujur karena rasanya light-light, aku sulit bedain rasa antara 1 scoop dengan yang lainnya WKWK. Paling yang ketara banget yang coklat, sisanya agak mirip-mirip sih πŸ˜‚.

Es krim Tropic ini cocok dimakan segala usia, mau anak-anak sampai kakek-nenek sekalipun masih bisa menikmati karena nggak terlampau manis dan nggak terlalu berasa susu banget (soalnya mamaku nggak suka susu, tapi cocok dengan es krim ini), nggak bikin eneg meski dimakan banyak. Yum yum banget!~  Oiya, di Tropic nggak hanya jual es krim saja, tapi ada menu makanan Chinese Food seperti nasi goreng, lumpia goreng, dll. Kalau makanannya datang agak lama, harap dimaklumi ya karena chefnya hanya 1 orang.

Karena perut udah kenyang poll sampai tak ada sisa ruang *hamba lemah*, segitu aja jajan-jajan di Pasar Baru kali ini 🀣. Dari 2 tempat di atas, ada yang udah pernah teman-teman kunjungi? Atau teman-teman ada rekomendasi kuliner yahut di Pasar Baru? Let me know, ya!



Cara ke Pasar Baru:
Naik Commuter Line jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Sawah Besar atau Stasiun Juanda, lalu jalan kaki sekitar 10-15 menit. Jarak dari kedua stasiun tsb sampai ke Pasar Baru kurang lebih sama.

21 komentar

  1. Saya jg penggemar bakmi Lia ,bakmi Aboen mmg terkenal yaa..sy jg pernah liat di YouTube😁.kalo di lampung sini bakmi yg legendaris itu bakmi Awi..dan bakso yg terkenal bakso Soni,biasanya kalo musim liburan mobil plat B,F,D banyak mampir di sini loh,pangsit rebusnya yg sy suka biasanya isi ayam cincang..sy pernah waktu ke jkarta mampir ke ragusa ..es krimnya jadul dan tempatnya juga jadul gtu.dan ngantri kalo mau beli😁.krna emang udh lama banget ya..rasanya memang gak selembut atau semaghtegh kalo makan es krim yg sekarang..tapi mayan enak sii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Kak Heni ternyata tahu bakmi Aboen 🀣. Lumayan terkenal bakmi ini, Kak, mungkin karena unsur legendarisnya juga ya makanya terkenal.
      Bagaimana dengan rasa Bakmi Awi, Kak? Ini halal atau non-halal? Kadang suka salut dengan orang-orang, kok bisa tahu aja ya ada makanan legendaris 🀣
      Kalau ke Ragusa sampai sekarangpun masih antri kalau mau makan, Kak Hen πŸ˜‚. Suka ada rombongan datang gitu, kalau antri bisa sampai ke luar-luar, apalagi kalau malming 😭. Aku jadi kebayang rasanyaa, mungkin mirip-mirip sama es krim Tropic ini, yang nggak sekencang es krim jaman sekarang tapi enak hahaha

      Hapus
  2. Bakmi gang kelinci doang yg pernah aku coba πŸ˜„πŸ˜„. Bakmi aboen tahu, tapi ga mungkin aku coba πŸ˜…. Cuma banyak temen yg bilang mmang enak.
    .
    Naaah trus es krim tropic ini aku berkali2 lewatin loooh kalo ke pasar baru. Tapi ntah Napa ga pernah mampir 🀣🀣.

    Setelah baca review Lia, jadi pengen. Mungkin aku memang nunggu baca review dulu sih πŸ˜„.

    Semoga aja rasanya ga sama Ama Ragusa. Kalo itu jujur aja overprice dan rasa B aja. Mana yg jual juteknya kebangetan. Ga deh mampir lagi 🀣.

    So far dari sekian banyak es krim jadul yg pernah aku coba, aku paling suka es tentrem di solo, trus es Brasil di Purwokerto. Es jadul lain kayak Oen, Ragusa atau zangradi B aja. Ntr deh aku cobain tropic Yaa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Fanny pernah coba Bakmi Gang Kelinci di berbagai cabang terus bandingin sama yang di Pasar Baru nggak? Aku penasaran sama kata orang bahwa yang di Pasar Baru rasanya beda πŸ˜‚. Kalau Bakmi Aboen sih skip banget ya, Kak, soalnya dia alat masaknya nggak tahu dipisah atau nggak πŸ˜‚

      Hahaha jujur kalau mamaku nggak ngajakin masuk, aku mungkin nggak akan melirik Tropic karena agak meragukan dilihat dari luar 🀣. Tapi ternyata rasanya oke, Kakkk. Bukan yang wah banget, tapi masih oke wkwk
      Aku sebenernya penasaran sama Ragusa tapi kenapa aku sering lihat review orang tentang pelayan jutek ya πŸ˜‚. Ini staff atau bossnya kah, Kak?
      Es Brasil kayaknya ada di ruko-ruko dekat Al-Azhar Kelapa Gading. Apa ini Brasil yang sama dengan yang Kakak maksud? Kalau iya, kapan-kapan aku mau coba πŸ˜†. Kayaknya dulu waktu kecil pernah makan, tapi udah lupa wkwk

      Hapus
  3. Mau gimana lagi, Li... mall adalah salah satu tempat di Jakarta yang kita bisa ngadem, banyak makanan, dan bisa cuci mata sekaligus. :))

    Pasar Baroe ini auranya mirip sama pasar yang deket Glodok, ya... apa jangan-jangan satu tempat? *ketauan di Jakarta jarang main πŸ™ˆ*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, iya! Kak Hicha benar sekali. Kalau dipikir-pikir, mall itu udah seperti paket lengkap segala kebutuhan ya 🀣. Apalagi AC~ karena di Jakarta panas sekali + berdebu sekali, bikin malas kalau jalan di outdoor 😭

      Pasar mana ya yang Kak Hicha maksud? WKWK. Pasar Baroe ini bisa dibilang dekat sih dengan Glodok, tapi nggak dekat banget. Mungkin maksud Kak Hicha Pasar Petak Sembilan? Kalau pasar tsb adanya betul di dalam Glodok.

      Hapus
  4. Wah, sayang sekali sudah pindah dari jakarta. padahal dulu kos di dekat pasar baru, bolak balik cuma makan bakmi kelinci aja. gak tau ada es krim legend. kurang eksplor
    :)

    BalasHapus
  5. Temanku pernah ngajak aku ikutan walking tour pasar baru. Tempat memang sangat menarik dan punya banyak cerita. Kami juga diajak masuk-keluar gang, lihat klenteng, dan perjalanan berakhir di bakmi kelinci. Itu sudah lebih dari 5 tahun yang lalu..hiiks

    Salam buat mamanya, semoga panjang umur dan bisa makan es krim di tropica lagi :)
    Di semarang ada Toko Oen. Menunya juga sama es krim yang dibuat secara home made. Ada menu makanann kecil dan makanan besar. Jadi ga usah khawatir kalau belum kenyang. Kalau ke semarang mampir ke toko oen yaa...hhehehehe

    BalasHapus
  6. Liii untung aku tadi siang habis makan gelato, jadi nggak ngiler-ngiler amat baca postingan kamu tentang dessert-dessert di atasπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Kok jadi pingin nyobain semua varian rasa gelato di tempat yang tadi aku datengin ya habis baca tulisanmu ini, wkwkwkwk. Lia nih nggak hanya racun buku tapi juga racun makanan🀣

    BalasHapus
  7. ngomong-ngomong soal Es Krim Ragusa, kalo ke sini bakal ngerasain nuansa Karen's Dinner yang lebih galak daripada Karen's Dinner yang lagi viral dan dibuat-buat itu.. 🀣

    BalasHapus
  8. Ya ampuuuunnn siang-siang liat egym, auto ngiler, tapi si Adik batuk, jadi gabisa beli egym yang murmer deh, hahaha.

    Asyik banget jajannya say, berasa wiskul di luar negeri, terdampar di tempat yang jadul dan unik :D
    Apalagi kalau makanannya enyak.

    Saya sering dengar nih bakmi Aboen, dan ternyata enak ya, makanya terkenal

    BalasHapus
  9. Kalau di Pasar Baroe identiknya dengan Bakmi Gang Kelinci. Kayanya menu wajib kalo kesana. Bakmi Aboen ini malah aku belum pernah coba li. Pernah dengar sihh cuma belum kesana aja. Toko es krim ini malah belum pernah ku coba jugaaa. Cuma tahu kalau es krim jadul itu Ragusa hhhe.. Jadi pengen coba es krim Tropic ini hhhe...

    Sekarang kamu random nya sekalian wisata kuliner yaa li 🀣

    BalasHapus
  10. Aku ngeliat es krimnya udah ngiler wkwkwkwk
    Kalau explore daerah pasar yang unik kayak gini, pastinya aku juga ga nolak. Apalagi banyak makanan yang bisa dibeli, dicoba juga.
    Terus Nemu tempat yang masih old tapi nyenengin, ayok aja kalau aku πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. holaaa peri kecil, baideweiii happy new year.
      aku lagi gabut nih kayaknya wkwkwk, ngucapin new year lewat blog aja
      bukan gabut sih, biasanya buka laptop malah scroll yang lain, dan ga jadi BW, jadi ini semacam upaya aku buat ngembaliin mood nulis hahahaha

      Hapus
    2. Halo, Kak Ainun! Sampai bolak-balik ke sini dan aku baru balas sekarang dong komentarnya πŸ˜‚
      Selamat tahun baru, Kakak~ semoga doa serta harapan di tahun ini bisa terwujud yaaa.
      Kelihatan nih hasil BW di tahun baru kemarin, Kak Ainun jadi menelurkan banyak tulisan baru belakangan ini πŸ˜†. Berarti upaya mengembalikan mood menulisnya berhasil ya! Wk

      Hapus
  11. Asyik ya bisa jalan2 ama mamanya. Sehat selalu ya, Tante.

    Ngiler es krimnya. Maybe kalau di sini mirip ama es di Toko OEN ya yang nuansa jadul gitu.

    BalasHapus
  12. Swikiau nya terlihat menggoda mbak Lia πŸ˜† Penggemar pangsit rebus disinii! Ngiler aku ngelihatnya.. salah besar aku baca blogpost diwaktu malam, jadi buat aku lapeeer wkwk.. terima kasih ya mbak perutku jadi kruyuk-kruyuk 🐣
    Es krimnya juga menggoda banget ituuu ampun deh, jadi pengen es krim juga kan ini. Es krimnya juga kelihatannya es krim jaman dulu ya, yang rasanya creamy tapi sesuai rasa kemanisannya! Thank you mbak Lia untuk referensinya 😊

    BalasHapus
  13. Waa waa boleh ini nyoba kalau ke pasar baru. Bukan anak pasar baru soalnya.

    BalasHapus
  14. Es krimnya bikin ngiler, kelihatan manis dan segar 🀀

    BalasHapus
  15. pengen es krimnya, kirimin dong kak 😁

    BalasHapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.