Eps.5 : 2021 Goals + Gramedia Digital Books Review.

Sabtu, 30 Januari 2021

Olaaaa~ Peri Kecil nan Imut nan Pecicilan kembali lagiii! Wohoo~ Pecicilannya udah kumat lagi nih, guys, setelah kemarin di tulisan New Year, New Me ada beberapa teman yang bilang bahwa peri kecil udah berubah πŸ˜‚, nggak kok, aku tak berubah, masih sama pecicilannya 🀸🏻‍♀️ hanya saja kemarin habis disuruh kalem sama Mak, jadi gaya menulisnya menjadi agak kalem deh 😜. 

 

✨πŸ§šπŸ„

 

Oke, tanpa berlama-lama lagiiii, JanexLia hadir kembali ke hadapan hadirin sekalian untuk kembali menebar racun buku huahahahaha *evil laugh*. So, persiapkan diri dan dompet kalian, karena siapa tahu sehabis membaca tulisan ini, jadi ada buku yang ingin dibeli 😜.


2021 Goals & Wishlist

Sebenarnya, aku ini bukan tipe orang yang suka membuat target karena lebih suka mengalir bagaikan air eaaaak 🀣, tapi semenjak tahun lalu dan khusus dalam hal membaca, aku mencoba untuk membuat target agar semangat membacaku lebih terpicu dan terpacu mengingat semakin lama, semakin banyak buku yang ingin dibaca πŸ˜‚.

 

Untuk tahun 2021 ini, aku menargetkan untuk membaca minimal 25 buku yang artinya minimal membaca 2 buku dalam 1 bulan. Apakah target ini akan tercapai? Semoga aja bisa tercapai ya, guys 🀣. Mohon doanya *sungkem*. Wkwk.

 

Selain target membaca buku, aku juga mempunyai daftar beberapa buku yang ingin dibaca di tahun ini. Semogaaaa bisa terbaca semua supaya aku bisa segera membeli buku baru lagi πŸ˜‚. Yes! Lia sedang book buying banned alias nggak mau beli buku sampai buku-buku fisik yang ada di rumah bisa selesai dibaca semua πŸ˜‚, tapi kalau dikasih mah, beda cerita 😜 #plakk.

 

Nah, beberapa judul buku yang ingin aku baca di tahun ini ada Midnight Sun, Becoming, Little Men, The Belly of Paris, The Kane Chronicle 2-3, The Storm Runner, All The Light We Cannot See, Cantik Itu Luka, The Dragon Republic, Salt To The Sea, dan lainnyaaa. Masih panjang daftarnya kalau diterusin mah πŸ˜‚. Well, sebagian ada yang buku fisik dan sebagian lainnya dalam bentuk digital. Huaaa~ Semoga aku bisa selesai baca semuanya di tahun ini karena aku udah penasaran dengan isi dari buku-buku tersebut πŸ˜†. 

 

Kalau teman-teman, apa saja judul buku yang ingin dibaca dan berapa target buku yang ingin dibaca di tahun ini?


πŸ„

 

Gramedia Digital Books Review 

Seperti yang teman-teman ketahui, aku udah beberapa bulan lamanya langganan di Gramedia Digital. Yep, dari pertengahan tahun lalu saat aku pertama kenal Gramedia Digital, aku terus berlangganan hingga saat ini. Aku merasa dengan langganan di aplikasi ini, sungguh amat sangat menghemat pengeluaran dalam membeli buku *tim cuan-cuan mode on* πŸ€ͺ.

Nah, di postingan kali ini, aku ingin meracuni teman-teman dengan buku-buku di Gramedia Digital yang udah selesai aku baca dalam bulan ini 😁.


You Do You, Discovering Life Through Experiments & Self-awareness by Fellexandro Ruby

Yay! Akhirnya aku bisa baca buku You Do You ini di Gramedia Digital πŸ˜† senang banget rasanya karena aku udah penasaran sama isi buku ini semenjak baca ulasan-ulasan mengenai buku ini πŸ˜‚. Tuh, aku bukan cuma sering ngeracunin kok, aku juga sering kena racun teman-teman 🀣. Dasar ciwik!

Pada tulisanku How You Learn kemarin, aku bilang bahwa buku You Do You ini "daging" banget. Kenapa aku bilang demikian? Karena materi yang disampaikan itu bagus-bagus semua 😍. 

Cara penyampaian materinya ringkas, tapi penuh makna dan mudah dimengerti. Isi per babnya hanya 2-3 halaman, jadi nggak menguras otak berlebih 🀣. Penulis terlihat ingin membuat kesan lebih dekat dengan pembaca, sehingga menggunakan kata ganti "kamu" menjadi "lo", dan itu yang aku rasakan. Rasanya kayak lagi dengerin sang penulis "ngobrol" dengan kita, pembaca. Hal-hal inilah yang membuatku suka membaca buku You Do You ini.

Dari bab awal aja, kita udah diajak untuk memahami apa itu self-awareness (pemahaman diri) dan betapa pentingnya self-awareness ini untuk segala sisi hidup kita ke depannya. Kemudian, kita diajak untuk berani mengambil lompatan besar dalam hidup khususnya jika itu berkaitan dengan karir dan keuangan. Ingin tahu caranya mendapatkan 1M pertama di usia 30an? Di buku ini akan diberitahu juga caranya πŸ˜‰, dan pastinya bukan disuruh maling, tenang aja 🀣. 

Yang aku bisa bilang, buku ini cocok banget untuk teman-teman yang dalam rentang usia 20-30 tahun πŸ˜‰. Jadi, buku ini boleh dipertimbangkan untuk masuk ke dalam daftar bacaan kalian 😁.

Oiya, aku ingin menginformasikan untuk teman-teman. Coba deh kalian unduh aplikasi MentorGue. Aplikasi ini berisikan intisari buku-buku pengembangan diri yang terkenal. Aplikasi ini menolong banget untuk kita yang nggak sempat membaca buku tebal, tapi tetap ingin dapat intisari buku tsb 😍. Cobain deh, nggak akan nyesel 😝.

Scrambled 1-3 by Rosalina Lintang

Kalau biasanya seorang Lia yang meracuni buku untuk teman-teman, kali ini Lia yang teracuni oleh salah seorang teman 🀣. Buku bacaan yang berjudul Scrambled ini adalah racun dari Kak Eya πŸ™ˆ. Kak Eya, terima kasih racunnya πŸ€ͺ.

Mungkin beberapa dari teman-teman ada yang udah baca tulisan Kak Eya mengenai buku Scrambled ini. Scrambled ini adalah komik berseri yang dibuat oleh pengarang lokal bernama Rosalina Lintang

Waktu pertama aku dengar ada komik buatan pengarang lokal yang terbit di toko buku, respon pertamaku adalah kaget! Beneran kaget karena nggak menyangka bahwa ada ya komik buatan lokal 😱. Lebih kagetnya lagi, ternyata gambarnya bagusss, nggak kalah bagus dengan komik Jepang lainnya dan ceritanya juga nggak kalah menarik 😍.

Kalau diingat-ingat, terakhir aku membaca komik itu sekitar 2 tahun lalu, itupun bacanya Miiko 🀭. Penggemar Miiko tolong angkat tangan πŸ™‹πŸ»‍♀️. Eh, tapi aku belum baca Miiko yang terakhir rilis nih karena harganya mahal 🀣. Nanti aja bacanya kalau udah nggak ada paket bonus, jadi harganya bisa lebih murah πŸ€ͺ *jadi curhat wkwk*.

Scrambled ini garis besar ceritanya menceritakan tentang persahabatan anak-anak sekolah yang dipersatukan lewat kegiatan ngeband. Entah selera humorku yang makin gesrek atau memang komik ini kocak, sampai-sampai aku sering dibuat ngakak ketika membacanya 🀣.  Atau kayaknya selera humor pengarang dan aku tuh sama deh, sama-sama receh 🀣. Aku yang seumur-umur nggak pernah sampai ngakak saat membaca komik, bisa-bisanya ngakak saat baca Scrambled 🀣 good job sekali pengarangnya πŸ‘πŸ». 

Selain sisi humornya yang dapet banget untukku, sisi cerita yang diangkat juga menarik. Apalagi ada bumbu-bumbu suka-sukaan gitu, jadi makin gemes aja bacanya 🀣. Gambar-gambarnya juga halusss, enak dipandang dan seperti kataku di awal, bahwa komik ini gambarnya mirip dengan gambar pada komik Jepang lainnya. Aku rasa kalau nggak diberitahu bahwa ini karya anak bangsa, pembaca juga bisa terkecoh 🀭.

Senang banget sih karena aku bisa kembali membaca komik setelah sekian lama πŸ˜† dan lebih senang lagi karena komik yang dipilih cukup menghibur dan berkesan. Sayangnya, masih bersambung ke seri ke-4 dan di Gramedia Digital masih belum rilis 😭. Entah memang belum terbit atau belum dimasukkan ke Gramedia Digital. Padahal aku penasaran gimana nasib persahabatan Alex dan Filan kedepannya πŸ˜‚. Semoga seri ke-4nya bisa segera rilis! πŸ˜«πŸ™πŸ».

✨🧚🏻‍♀️πŸ„

Sebenarnya, selain 2 judul di atas, aku juga membaca Rumah Lebah di Gramedia Digital bulan ini, tapi mungkin kapan-kapan aja bahas buku Rumah Lebah 🀭 *kalau ingat πŸ€ͺ*, buku yang bikin aku tegang banget pas baca dan penuh pertanyaan saat selesai baca 🀣. 

Nah, teman-teman jangan lupa mampir juga ke postingan Cici Jane untuk Eps. 5 kali ini ya! Tulisan Cici Jane pasti sangat menarik sekali 😍 akupun nggak sabar ingin cepat-cepat meluncur ke sana 🀭.


Kalau teman-teman, udah baca buku apa aja di bulan Januari ini?
Apa bacaan yang paling berkesan untuk kalian di bulan ini? (Boleh buku atau tulisan di media lain).
Let me know


60 komentar

  1. Lho, Namiya nya nggak jadi, Lii? wkwkwwk

    Sekilas kok postingan kita kayak janjian gitu yaa, Lii. Mulai dari intro sampai nyebut-nyebut Rumah Lebah juga. Sepertinya lama-lama kita punya koneksi khusus wkwkwk πŸ™ˆ

    Eniweiii, aaaa me love You Do You book too! ❤️ Buku pertama yang kubaca di 2021 dan serasa 'kenyang' puol dengan isinya. Aku justru kena di bagian ikigai, di mana kita diingatkan untuk bersyukur dan enjoy small joys di keseharian. Terus sama bagian pengenalan diri itu juga seru yaa πŸ˜† btw, kamu pernah ikutan kelas MentorGue, Lii?

    Soal komik Scrambles, sekilas liat postingannya Eya juga cuma belum sempet baca semuanya πŸ™ˆ dan kaget juga ternyata ini komik lokal ya! Aku juga udah lama banget nggak baca komik, terakhir yang kubaca kalo nggak Miiko ya Conan 🀣

    Maacih banyak, Liaaa untuk ulasan kali ini ✨ semoga semangat mencapai target membaca tahun ini ya! Kutunggu racun-racun bukumu kembali 😚 *brb download Malice di GD* πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namiya nggak jadi karena belum selesai baca, Ci wkwkwk. Mungkin masuk bulan depan hiyaaa >.<

      Setuju sekaliii! Yang bagian Ikigai juga cukup ngena untukku, Ci >.< duh jadi pengin beli buku fisiknya deh huhuhu. Belum pernah ikutan, Ci. Kemarin hanya coba download appsnya aja, ternyata isinya lumayan oke :p

      Iyaaa! Ini komik karya pengarang lokal. Gambarnya bagus deh, Ci <3 terbitan M&C juga, sama seperti Miiko. Mumpung GDnya masih full premium, coba intip aja, Ci :p

      Semoga target membaca kita di tahun ini bisa tercapai, Ciii >.< semangkaaa! Aku juga belum baca Malice :p apa kita baca bareng nih? Wkwkwk

      Hapus
  2. Wah di awal Januari ini udah mulai baca non fiksi nih ya Li.
    Gimana Li baca buku You Do You via ebook? Susah gak? Aku galau nih mau beli buku fisik apa baca via GD aja ya...

    Btw thanks untuk saran MentorGue nya, kayaknya ini cocok banget deh buat aku yang masih berat buat baca non fiksi πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soalnya sebagai amunisi perang untuk setahun kedepan, Kak Tika *halah*
      Nggak sih~ karena halaman per babnya sedikit jadi enak aja bacanya hahaha. Kalau boleh saran, mending Kakak beli buku fisiknya aja, soalnya aku habis baca ebook malah jadi pengin beli buku fisiknya >.<

      Ah iyaaa! Pas banget nih untuk Kak Tika :p soalnya buku tebal-tebal nan terkenal itu, diringkes jadi hanya 2-3 page aja. Jadiiii tetap bisa dapat inti bacaannya. Seru bangett! Ayo ayo download :p

      Hapus
  3. Lia, jadi Scrambled itu komik yaa? 😍😍 Aku baru ngeh ternyata di GD jg ada komik yaaa.. Ntar cari juga ah. Makasiii rekomendasinya yaa Liaa..

    Rumah Lebah entah perasaan aku, tapi akhir2 ini sering baca komen orang2. Jadi pengen baca jugaaa 😍 Eh tp bukunya bikin mikir berat gitu ya?

    Januari aku udah baca 4 buku, dan semua romance πŸ˜† Lg mood nya seneng baca yg romantis2 soalnya.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, Scrambled itu komik, Kak Thessa, bukan telur orak-arik ya :p
      Di GD ada beberapa komik lhooo dan bisa diakses kalau pakai langganan yang full premium. Lumayan banget ya GD ini, menolong sekali >.<

      Nggak pakai mikir! Tapi cukup tegang :p Mikirnya belakangan pas udah selesai bukunya, soalnya ceritanya kayak minta pembaca untuk mengarang sendiri apa yang sebenarnya terjadi. Seruuu banget, Kak Thessa! Beneran deh. Cobain baca, nanti kita diskusi kalau Kakak udah selesai baca wkwkwk

      Huaaaa uwu sekaliii :3 Kak Thessa habis baca buku apa saja? Brighton salah satunya nggak? :p

      Hapus
    2. Jd pengen makan telor orak arik #eh πŸ˜‚πŸ˜…

      Mau ah ntr aku kapan2 baca Rumah Lebah juga..

      Baca metropop2 santai aja πŸ˜‚ Brighton ya mana ya Lia? Maap aku kudet πŸ˜…

      Hapus
    3. Mba Thessa harusss baca Rumah Lebah πŸ˜† mind blowing banget deh wkwkwk bener kata Lia, mikirnya tuh setelah selesai baca bukunya. Aku sama Lia aja sampai diskusi tentang novel ini πŸ™ˆ

      Hapus
    4. Kak Thessa, ini dikomporin juga sama Ci Jane untuk baca Rumah Lebah 😝. Udah teracuni untuk baca Rumah Lebah belum sekarang? 🀭

      Btw, aku salah tulis πŸ˜‚. Maksudku buku Bridgerton~ itu buku romance juga, tapi aku tahunya karena udah diangkat jadi serial di Netflix πŸ˜‚. Bukunya sendiri aku belum baca wkwkwk

      Hapus
  4. Sekarang saya masih berjuang menuntaskan "The Finnish Way", Mbak Lia. Di tahun kemarin sedih rasanya karena jarang banget meluangkan waktu buat baca buku, di tahun ini saya juga berniat buat baca-baca lagi. Bacaan-bacaan saya sepertinya terus-terusan berkutat seputar tema self-improvement, jadi kalau Mbak Lia mungkin punya rekomendasi yang ringan-ringan bolehlah drop di balasan, hehehehe. Terima kasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Kak Ila! Salam kenal :D
      Semangat menghabiskan buku The Finnish Way-nya!
      Kalau lagi senang baca buku self improvement, You Do You ini boleh lho dimasukkan ke wishlist :p
      Terussss, buku-buku karya penulis Korea yang udah diterjemahkan seperti Hidup Apa Adanya, Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, Love For Imperfect Things, Going Offline, Hidup Sederhana. Wah~ jadi panjang! Hahahaha. Semoga ada satu dua judul yang nyangkut ke Kakak :p

      Hapus
  5. Kalau untuk buku pengembangan diri, aku malah cenderung milih untuk baca bukunya langsung. Jadi kalau dikasih ringkasan, malah rasanya kurang "kenyang". Buatku aplikasi ini bisa jadi bermanfaat untuk nyari rekomendasi untuk dibaca. Liat insight-nya dulu, baru yang full πŸ˜ƒ

    Tapi kulihat aplikasi ini akan cocok banget buat yang metode belajarnya audio, kayak suamiku misalnya. Dia lebih suka dengar podcast dibanding baca, dan aku bisa bayangin dia akan cocok pakai aplikasi tersebut.

    Trus, soal buku...

    All the Light You Cannot See is nice! Kebetulan aku juga baca bulan kemarin. Kareba slowpace dan detailnya banyak jadi aku banyak ngulang untuk menyerapi wkwkwkw.

    Trus Salt to the Sea juga lagi kubaca sekarang. 😁 masih menyelami historical fiction yaaa... ih gemes banget gak sih bacaan kita sama? (Gemes gimana? Gemes aja)

    Semoga tercapai semua reading list-nya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru sadar typo dan ada salah judul, kenapa all the light you cannot see? padahal di rumah lagi gak mati lampu 😳

      ginilah, maklum kalau kepala sama tangan lebih cepet kepala jadi gak sabaran 😳😳

      Hapus
    2. Wkwk benar sih kata Kak Mega~ kalau buatku aplikasi ini bermanfaat untuk orang-orang yang nggak bisa baca non-fiksi yang terlalu tebal *lagi ngomongin diri sendiri* soalnya beberapa buku bagus, ada yang tebalnya 500 hal dan aku belum sanggup bacanya >.<
      Nah, untuk yang suka dengar audio juga pas banget! Coba racunin suami Kak Mega :p

      Huwiii~ gimana Kak kesannya setelah baca All The Light We Cannot See? Bagus nggak ceritanya? Kayaknya kebanyakan his-fic itu slowpace hmhm. That's why meskipun aku suka ceritanya, aku bisa menghabiskan berhari-hari lebih lama saat baca genre ini hahahaha.

      Wkwkwk btw aku ngakak deh baca komentar Kakak >.< sabar atuh tehhh ngetiknyaaa :p terlalu bersemangat ingin bercerita denganku ya? Eaaaa *kenapa jadi kepedean*

      Ihhh GEMES BANGETTT! HAHAHHAHA. Kok bacaan kita samaan sih, Kak :p aku juga baru-baru ini mau baca his-fic setelah sebelumnya nggak suka tapi ternyata setelah diulik, his-fic malah masuk genre buku terbanyak yang aku baca di tahun 2020 kemarin. Pffft, ini toh yang dinamakan benci tapi cinta wkwkwk.

      Amiiin!! Semangat membaca buku-buku yang ada di wishlist Kak Mega yaaa! Kapan-kapan share dong wishlist buku Kakak :p *kepooo*

      Hapus
    3. ceritanya bagus--lebih ke detail yang ditangkap sih ya. kalau berharap plot twist yang "boom", kayaknya bakal kecewa, tapi kalau seneng sama detail dan pengembangan yang pelan2, bakal suka banget. i'm having fun connecting the dots. its kind of whimsical buat buku yang latarnya WW2 πŸ˜„

      hehehe, iya nih ku berencana share reading list kalau sudah beberapa bulan. mau menyeleksi dulu buku-buku apa yang oke. tapi mengingat reading listku sama lia dan mbak jane ada yang samaan, keknya isinya ga bakal jauh-jauh πŸ˜‚πŸ˜‚

      dan mon maap nih ya, mungkin emang kalo mau ngomen di sini bawaannya jadi excited kayak "wahhh!" "wiiii!" "hokeeeh!" gitu. Mungkin ketularan lia juga meskipun gak sampe koprol 🀣 this blog is bright and cheery, and i love it for that!

      Hapus
  6. Semangat untuk targetnya, Liaaa... XD

    Untuk Gramedia Digital sendiri, baca di HP atau tablet, Li?
    Beberapa kali nyobain iPusnas di HP, ukuran tulisannya lumayan kurang ramah di mata. Heuheu.
    Apakah UI/UX-nya GD juga mirip iPusnas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak Hichaaa! Kak Hicha juga semangat yaaaa untuk apapun yang sedang dilakukan saat ini <3 hiyaaaa.

      Aku baca GD di hp nih, Kak~ awalnya ngerasa nggak nyaman sih karena dia format bukunya mirip iPusnas, format pdf gitu. Tapi lama-lama jadi kebiasa juga lhooo! Memang semua hanya butuh penyesuaian aja *gaya beut*
      UI/UX-nya lebih enak di GD tentunyaaa~ kalau tulisannya kekecilan, paling hanya bisa dizoom in zoom out aja seperti kamera FTV hiahahahaha. Kalau Kak Hicha minat cobain, ayo join grup patungan langganan GD-ku :p

      Hapus
  7. Januari ini aku baca buku digital, judulnya linchpin dari seth godin, buku soal branding dan marketing gitu. dan belum tamat, hehehe..

    tapi februari nanti mau baca Aroma Karsa :D

    Tahun ini aku ingin mengembalikan minat baca buku lagi, kalo 1 buku setiap 2 bulan, berarti setahun 6 buku ya harusnya. semoga bisa :D

    Terima kasih Tinkerlia untuk tulisan yang super menyenangkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeee, Kak Ady udah mulai mencoba baca buku digital juga nih! Gimana rasanya sejauh ini? Cukup nyaman nggak baca versi digital? :D
      Semoga bisa segera selesai, supaya Aroma Karsanya bisa segera dibaca hiahahaha.

      Bisa! Pasti bisa! Feelingku malah Kak Ady bisa baca lebih banyak dari itu :p *sok meramal*

      Kak Ady, semangattsss! Nih aku kasih sedikit percikan periku agar Kak Ady jadi lebih bersemangat ✨✨✨✨✨

      Hapus
  8. aku juga engga narget banyak mbak buat baca buku tapi tetiba bulan januari ini udah beli 4 buku aja di pameran deket rumah wkwkw

    mumpung harganya 20 ribuan si
    meski bekas dan buku lama tapi isinya bagus si
    kayak memoarnya Pak Budiman Hakim

    aku makin penasaran sama komik lokal dari kak rosalina lintang itu mbak
    beberapa temen juga kasih bagian gambarnya dan kayaknya bikin ngakak ahahahaha
    selama ini aku tau komik dari mice cartoon yang sering kritik kehidupan rangorang Indonesia hihi
    kalau komik yg full malah belum pernah aku

    kalau ngomongin buku engga ada habisnya ya mbak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadaw, kalau lihat buku bagus dengan harga murah, mana tahan untuk nggak beli, Kak?! Hahahaha. Biarpun bekas, yang penting isinya masih bisa terbaca hihihi. Aku malah suka buku bekas karena aroma dan penampilannya khas sekali, jadi kayak vintage gitu *halah*

      Komiknya beneran bikin ngakak wkwkwk. Pankapan Kak Ikrom bolehlah coba baca komik Scrambled ini 🀣.
      Komik dari Mice cartoon kalau nggak salah suka masuk ke koran Kompas gitu, iya bukan yang itu?

      Huuu benar banget!! Dan biasanya kalau habis ngomongin buku, tahu-tahu daftar buku yang ingin dibaca jadi makin banyak aja! Hiahahaha

      Hapus
  9. beberapa hari belakangan ini sering dapet emailan dari Gramedia dan apakah yang terlintas di dalam hatiku?
    aku cuman bisa membatin "sabarrr tenangg tenanggg, ini racun apalagi" hahahaha
    iklan di body emailnya aja kadang suka bikin di-klik dan makin penasaran kalau reviewnya bagus

    target buku Lia wowww juga yak, hehehe, cemunguttt
    aku kok ga yakin kalau diriku memasang target sebanyak itu, mungkin 1/4 aja kali ya

    you do you ini bikin aku penasaran, apalagi kalau berbau self self gitu, self awareness, self improvement, yang begini begini ini ilmu menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan Gramedia aja udah sering kodein Kak Inun supaya baca buku ya 🀣. Kak Inun akhirnya beli buku nggak? 🀣 Atau imannya masih kuat?

      1/4 dari 25 itu.. 6,25. Buku seperti apa yang 0.25 itu, Kak? WKKWKW
      Kak Inun, target 6 buku pasti bisa tercapai! Semangkaaaaa :D

      Yesss~ You Do You ini bagusss isinyaaa deh, Kak. Boleh dipertimbangkan untuk dibaca nihh hihiihi. Kak Inun, thank you for coming <3

      Hapus
  10. Sepertinya aku akan unduh MentorGue biar ada bacaan yang bisa aku pelajari tentang pengembangan diri. Btw semua judul buku yang Lia mau baca, aku sama sekali ga familier. Duh.. uda lama banget ga berkelana liat-liat buku kecee..

    Btw, bulan depan Dewi Lestari keluarin novel terbaru loh. Terakhir kan Aroma Karsa. Lia uda tau info ini kah? Katanya tulisan ini uda berusia 27 tahun dan akhirnya setelah adanya perombakan berhasil untuk diterbitkan, judulnya Rapijali. Sebetulnya uda bisa baca di Storial.co sihh.

    Aku saat ini baru beli buku Ilana Tan berjudul The Star and I, novel metropop sih. Sama baru beli Sekuel Novel 5 CM dan baru baca beberapa halaman. Sekuel Novel 5 CM cukup tebal, serasa hampir kaya Aroma Karsa. Jadi mudah-mudahan aku bisa cepat menyelesaikannya untuk membaca.

    Lia pernah baca novel 5 CM kah? Atau nonton film nya? Sejauh ini, aku baru bisa kasih rekomendasi tiga buku tersebut. Entah ada cocok bagi selera Lia atau tidak hhhe.. Ditunggu rekomendasi buku lainnyaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ci Dev, ayo coba download MentorGue dan nanti setelah pakai, let me know gimana kesan Cici yaaaa πŸ˜‰. Wah, Ci Dev bisa klenger nih ketika nanti berkelana lihat buku-buku kece soalnya buanyak banget! Hiahaha.

      Ciii, thank you for letting me know! Kebetulan kemarin itu Kak Eya mention hal ini ke aku dan begitu aku tahu, aku langsung pantengin akun Dee Lestari dan aku ikutan kloter pertama di Storial hiahahaha. Sejauh ini udah baca 6 bab awal dari Rapijali, so far tulisan khas Dee berasa bangettt. Oiya, udah open PO juga untuk buku fisiknya. Apakah Ci Devina tertarik ingin membeli? πŸ˜„.

      Wahhh~ buku Ilana Tan yang itu lagi hits juga karena setelah sekian lama vakum, akhirnya Ilana ada buku baru lagi yaaa~ Kalau nanti udah selesai baca, boleh nih diulas di blog Cici hihihi. Kalau 5cm aku belum nonton dan baca >.< ceritanya tentang cinta-cintaan gitu kah, Ci?

      Thank you so much untuk rekomendasinyaaa, Ci Dev! It means a lot <3<3

      Hapus
  11. kalian berdua list bukunya seru-seru bangettt sih! Kayaknya You do you bakalan masuk ke wishlist aku nih, berhubung kata Lia buku ini ringkas dan perbab menghabiskan 2-3 halaman saja ya wah, aku catet dulu, makasih ya Li atas racunnya :D

    eh eh aku juga mau baca Salt to the sea dan all the light we cannot see, ini gara-gara baca juru tato jadi merembet ingin baca hisfic lainnya hehehe. dan bicara soal target, aku sendiri persis kayak Lia sih, gak suka bikin target tapi tahun lalu entah dorongan dari mana jadi ingin mencoba menantang diri lewat GR Challenge. Untuk tahun ini sepertinya aku belum ingin memutuskan untuk memasang target atau tidak Li...:p

    untuk bulan ini buku paling berkesan masih dinobatkan oleh The perfect world of miwako Liii, beneran deh aku suka banget sama buku ini huhuhu. eh iya soal Ruwi meita, Belenggu Ilse yang aku baca bulan ini, mau aku rekomendasikan untuk Lia dan kak Jane :D

    Terakhiir, thankyou ya Liaaa untuk sharing nya kali ini....semoga JanexLia bisa awet ya, biar hari-hariku lebih berwarna membaca tulisan kalian berdua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Reka juga kalau mengulas buku, seru-seru semuaaa! Hihihi kita jadi saling meracuni nih :p
      Yeeeey! Semoga Kak Reka juga bisa suka dengan buku You Do You ini yaaa <3

      Hiyaaaa~ jadi suka His-fic juga gara-gara buku Juru Tato yaaa! Buku Juru Tato itu memang bikin orang jadi jatuh cinta dengan his-fic deh >.< ayo Kak Reka baca jugaaa~ kalau Salt to the sea ada di GD sih. Kakak langganan GD juga nggak?
      Aku ingat Kak Reka bilang demikian di post kolaborasi dengan Rahul :p kalau tahun ini, moodnya gimana Kak? Lebih ingin bebas kah? Hahahaha

      OEMJIII! TPWOMiwako memang bagussss sekali <3 aku suka dengan buku-buku karya Clarissa G. karena ceritanya berbau misteri tapi deep gitu huuuu. Kak Reka udah baca yang Rainbirds?
      HUAAAA diracuni karya Ruwi Meita lagi oleh Kak Reka! Sip. Udah aku download di GD huahahahaha. Thank you so much, Kak Rekaaaa <3 nggak sabar ingin baca hihihi

      Amiiinnn! Doakan agar kolaborasi kami ini bisa panjang umurnyaaa agar bisa menemani Kak Reka terusss :p Thank you for coming, Kak!!! >.<

      Hapus
    2. Hmm tahun ini kayaknya ingin bebas aja Lii, gak ada kepikiran juga untuk menargetkan dalam patokan jumlah, mau fokus untuk ragam bacaannya saja sepertinya ✌🏻

      Nah bener kan malahan aku jadi pengin beli buku fisiknya Lii karena TPWOM itu bagus bangettttt greget bacanya bikin kangen wkwkk. Rainbirds aku udah bacaa 😁
      Sip sip, selamat membaca ya LiaaπŸ‘€

      Hapus
  12. Kakak juga keracunan buku You Do You itu, gara-gara mba Jane bilang sampai PO lama banget hahahahaha, terus akhirnya kakak beli deh penasaran isinya seperti apa, ditambah Lia bilang daging banget isinya πŸ˜† Well, bulan ini kakak lagi baca buku Barack Obama, hehehe, kayaknya bakal baca buku itu sama yang ringan-ringan saja sampai bulan dua atau tiga 🀣

    Dan tahun ini targetnya minimal 10 biar sama kayak tahun sebelumnya. Doakan kakak bisa πŸ₯³ Plus thank you soooo much Lia untuk racun Gramedia Digitalnya, superrrbbbb! Puas banget kakak karena bisa baca banyak buku ringan di sana πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaaa~ jadi Kak Eno udah beli/baca You Do You kahhh? Beneran isinya daging banget 🀣 "sayur banget" kalau untuk yang vegetarian 🀣.
      Kakkk, bukunya Om Barack gimanaaa? So far so good? Untuk gaya penulisan, lebih enak dibaca yang Michelle Obama atau Om Barack? Kepoo nich aquuu hihihihi.
      Kalau baca buku yang berat, memang paling pas diiringi dengan yang ringan-ringan supaya otaknya nggak kebakar 🀣

      Good luck, Kak Eno! Pasti Kak Eno bisa mencapai target Kakak <3 Nanti di akhir tahun, aku mention lagi ah target teman-teman yang ditulis di sini *kalau ingat*
      Yaaaay! Aku senang jika racunku bermanfaat :p Kak Eno langganan yang full premium? Boleh lah baca Scrambled :p

      Hapus
  13. Wah, saya sih belum ada satu judulpun yang selesai. Kemarin baca beberapa buku, tapi fokusnya pecah ke beberala prioritas lain.

    Saya sebenaenya juga punya daftar buku yang ingin dibaca. Tapi saya ngga mau riya, takut ngga kebaca πŸ˜† Ohya, Midnight Sun itu yang ada filmnya?

    Mungkin bisa mulai baca Cantik Itu Luka kalo 1) belum pernah baca Eka Kurniawan atau 2) sudah baca, tapi merasa kurang greget. Salah satu penulis favorit saya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. It's okay, Rahul! Rahul sekarang lagi banyak tugas karena menjelang UAS, jadi pasti fokusnya ke sana dulu hahaha. Semangat ya, Hul! :D

      Wkwkwk dibagikan dulu daftarnya nggak apa lho, Hul~ masalah nggak kebaca itu urusan belakangan karena aku juga nggak tahu apakah buku-buku yang aku sebutkan di atas akan terbaca semua atau tidak wkwkwk.
      Midnight Sun itu bagian dari Twilight series, Hul. Ini sebenarnya cerita Twilight tapi ditulis dari sudut pandang Edward Cullen si Vampire, while Twilight sendiri ditulis dari sudut pandang Bella, si pemeran utama perempuan. Jadi mungkin isinya mirip-mirip, hanya sudut pandanganya saja yang berbeda hahaha

      Aku termasuk golongan yang pertama nih, belum membaca karya Mas Eka >.< dan karena banyak yang rekomendasikan Cantik Itu Luka, termasuk Rahul, aku jadi nggak sabar ingin baca segeraaa! :D
      Thank you so much Rahul!

      Hapus
    2. Iya kak Lia, terimakasih. Ha ha ha. Hari ini lagi banyak hal yang buat saya senang.

      Tahun ini pengen nyoba baca Harpot juga. Kemarin, saya dapat banyak racun dari kolaborator-kolaborator saya. Kayaknya itu dulu daftarnya. Biar ngga maruk dan realisasinya ngga berat.

      Oh, saya baru tau ternyata itu bagian dari cerita Twilight yak. Sama dengan novel Milea yang ngambil sudut pandang Dilan. Saya pikir, itu dari film tahun 2018 kemarin. Kayaknya punya tema yang serupa.

      Kak Lia belum baca Eka? Cocok sekali kalo mulai dengan Cantik Itu Luka. Kalo suka itu, saya jamin akan suka buku-buku Eka yang lain

      Hapus
    3. Hahahaha aku turut senang mendengarnya, Hul :D

      Eeee, ada yang kena racun Harpot karena banyak buanget yang ngeracunin ya! Hahahaha. Semoga bisa segera membacanya ya, Hul.

      Iya, mirip dengan novel Milea yang diambil dari sudut pandang Dilan. Biasanya novel-novel lain akan menulis 2 sudut pandang dalam 1 buku yang sama, while Midnight Sun sendiri dijadikan buku sendiri dan halamannya nggak nanggung-nanggung! 1rb halaman lebih versi terjemahannya :')

      Belum pernah baca karya Eka nih >.< Oke, semoga bulan ini aku bisa mulai baca Cantik Itu Luka hahaha. Terima kasih atas rekomendasinya, Rahul :D

      Hapus
  14. Wahh banyak bangett yaa baca bukunya, berarti buku yang ada dirumah itu belum termasuk 25 buku yang ingin dibaca dalam setahun ya? Jadi totalnya di tahun ini bakal baca lebih dari 25 buku untuk diselesaikan, omg. Sepertinya di akhir tahun akan tercipta sebuah buku hasil karya sendiri nih.. hemm *menatap mata tajam x senyum senyum*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk yang di rumah udah termasuk kok, Kak Andrie 🀣. Kalau belum termasuk, bisa kleyengan sendiri aku 🀣
      Huahahahaha amiiiinnnn! Meskipun belum kepikiran ke arah sana, tapi diamin-kan dulu 🀣
      Kak Andrie gimanaaa? Tahun ini ingin melakukan apa? :D

      Hapus
  15. Makin penasaran Li sama You do you... pertama kamu yg mention di posting How you learn.. terus kemarin Mba Jane sama Mba Pipit juga sempat mention judul buku ini... kemarin smpet nyari di shopee.. udh check out ehh terus dikabarin bukunya kehabisan. Terus yg ngurus malah nnyain "mngkin bisa diganti buku yg lain Mas.." yah aku nggk mau donk... 🀣🀣

    Januari belum ada buku yang hatam, Li. kemarin dikasih Buku Kau, Aku dan sepucuk angpao merah sama temen.. buku romantis sepertinya.. belum beres bacanya karena sama kaya Rahul lagi UAS. UAS online ribett ya.. sehari nggk kelar.. wkwk πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk admin tokonya lucu banget 🀣 namanya juga berusaha ya, Bay 🀣. Cius bukunya bagus deh! Udah coba cek di Shoppenya Gramedia? Sepertinya ada tapi sistem PO kalau nggak salah. Semoga Bayu bisa suka juga dengan buku iniiii~ Btw, Bayu kayaknya mudah diracuni nih 🀣 racuni apalagi ya besok..... wkwkwkwk

      Bayu baca semua genre buku ya? Keren bangetttt! Wkwkwk. Duh, aku tuh kagum sama Bayu soalnya apa aja dilahap, soalnya biasanya cowok agak memilih genre bacaan atau film gitu :') tapi Bayu semuanya dilahap wkwkwk, that's good!
      Wah~ lagi UAS juga toh! Banyak tugasnya ya? :( semoga lancar ngerjainnya ya, Bay!

      Hapus
  16. aku juga udah langganan gramedia digital dua bulan kemarin, Li. Tapi malah bacanya buku kertas- dulu, sayang belum kelar soalnya. GD-nya ,malah jadi langganan nahla buat baca, mayan ada banyak buku anak-anak juga. Jadi dia udah paham soal e-book gini, kalau kubaca buku dia ikutan pengen juga, jadilah enakan pake buku kertas.

    seneng liat progres temen2 yang suka baca gini, aku masih belum berani nulisin review di buku nih.. belum denk bukan bukan, semoga nanti bisa juga nih,,biar bisa kayak lia juga. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Ghina, kita malah berkebalikan 🀣. Gara-gara langganan GD, aku malah lebih banyak baca digital dibanding fisik padahal buku fisik di rumah udah pada menanti untuk dibaca >.<
      Ihhh Nahla lucunyaaaa~ suka membaca buku juga seperti maminyaaa <3 wahhh~ semoga Nahla bisa bertumbuh menjadi anak yang suka membaca dan berpikir kritis yaaa.

      Amiiiinnn! Semoga nanti Kak Ghina bisa menulis review-review buku yang udah dibaca yaaa. Ditunggu lho :p

      Hapus
  17. Asiiiikkk Lia keracunan Scrambled *yang meracuni datang* iya niih belum ada tanda-tanda buku keempat bakal diterbitkan kapan. Setelah masalah Visi-Valent selesai, masih ada masalah Filan-Axel yaa huhu..

    Bulan depan fix kayaknya aku mau baca You Do You deeh.. Rekomendasinya udah dari mana-mana banget nih πŸ˜‚ aku penasaran juga sama Rumah Lebah hahaha emang racun banget baca-baca rekomendasi bukunya JanexLia niih πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaa hiyaaa~ akhirnya yang meracuni datang! Tanggung jawab Kak Eya :p aku jadi penasaran dengan seri ke-4nya yang entah kapan akan rilisnya huuuuuu :'(
      Betulsss! Eeeee, ngomongin Visi dan Valent, aku sedih dengan endingnya wkwkwkwkwk kasihan Visi :(

      Wkwkwk You Do You lagi mainstream banget sih, Kak Eya. Makanya dimana-mana banyak ulasannya 🀣. Ayo bacaaa! Semoga Kak Eya suka dengan bukunya yaa. Rumah Lebah KEREN banget! Efek tegangnya masih berlangsung sampai setelah aku selesai baca karena karena.... gitu deh.... #ngeselin. Kak Eya baca dulu aja, nanti kita diskusiin sama Ci Jane dan Kak Reka juga 🀣

      Hapus
  18. Waaa 25 buku setahun ya, oke, aku jadi terprovokasi nih :P bakal berat banget sih, mengingat sebulan 1 buku aja banyak melesetnya. Sekarang ada udah tgl 31 januari dan aku belum menyelesaikan 1 buku yaitu biografi Gus Dur *dieng*

    Oke lah, yang penting niatnya dulu, yekan *sungkem sama Lia*

    You do You udah masuk list aku juga Lia, penasaran sih sbnrnya, malah tergoda mau ninggalin yang sekarang buat baca yang ini *cubit* buku ini rame banget kan reviewnya juga bagus, bikin makin mupeng hahaha...

    Buku2 rekomendasi Lia langsung aku catet lho, buat nambahin list aku juga, banyak yang belum pernah kudengar jadi thank you yaa



    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Tika, dibarengi dengan buku-buku Let's Read juga boleh lho. Itu bisa dihitung sebagai membaca juga kok :D Pelan-pelan aja, Kak Tikaaaa biar ilmunya meresapppp semua dengan baik wkwkwk.

      Betulss! Yang penting ada niatnya dulu wkwkwk *bales sungkem dengan Kak Tika*

      WKWKWKKW Kak Tika malah pengin selingkuh ke buku You Do You 🀣 sok selingkuh dulu kalau emang mau *lhoooo*

      Asik asik! Semoga ada yang bisa Kak Tika baca dan sukai dari list-list di atas yaaa <3 beberapa ada yang bisa dipinjam di iPusnas juga setahuku, lumayan jadinya bisa menghemat pengeluaran :p Semangat Kak Tikaaa! 10 buku dalam setahun, bisa lah ya? ^.< *main bikinin target aja nih si Lia*

      Hapus
  19. Next, Cerita Tentang Kita sabi nih πŸ™ˆπŸ™ˆ

    Target baca tahun ini min. 25 buku juga. Beberapa buku non fiksi udah masuk daftar baca, salah satunya buku You Do You, Discovering Life Through Experiments & Self-awareness.

    Gara-gara postingan ini, aku jadi penasaran sama MentorGue! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabii sabiii Kak Selvi 🀣 semoga bisa aku baca di bulan ini xixixixi.

      Waaaaah! Mantap bingitsss lah! min.25 buku dalam setahun? Kak Selvi pasti bisa lahhh :D semangat untuk kita yaaa!

      Jangan lupa dicek aplikasi MentorGue :p

      Hapus
  20. hmm.. belum menargetkan beberapa buku, tapi udah ada beberapa list.. sepertinya perlu segera dieksekusi ini.. terima kasih sudah mengingatkan! πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss langsung dieksekusi Kak Zam hihihi. Btw, genre bacaan Kak Zam seputar apaa?

      Hapus
  21. tiap mampir ke sini jadi malu deh.. soalnya aku ada 30an buku yang udah dibeli tapi belum dibaca, wkwk.. ya walaupun 18 diantaranya majalah national geographic tetep buku kan? haha. sooo, targetku tahun ini adalah membaca 40 buku, termasuk buku yang udah dibaca tapi pengen dibaca ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Bara, jangan malu atuhhh, memangnya nggak pakai baju? Wkwkwk *jayus*
      Majalah Natgeo juga masuk hitungan kok! Bahkan komik aja masuk hitungan wkwkwk. Btw, ngiler ih lihat jumlah majalah Natgeo Kak Bara 🀣 terus otakku langsung otomatis mengkalkulasikan total harga untuk 18 majalah karena setahuku majala Natgeo cukup mahal 🀣

      Wadawwww~ Kak Bara malah membuat aku minder karena target Kak Bara wkwkwk. 40 buku pasti bisaaaa tercapai! Semangat Kak Bara!

      Hapus
  22. AKU FANS MIIKO HAHAHAHHAHA, sebel tapi edisi 33 belum terbit-terbit, di Jepang malah udah nyampe 34.

    Hmmm...You Do You ya hmmm... *diam-diam memasukkan judulnya ke wishlist*

    Aku tahun ini targetnya sama kayak tahun lalu Li, 12 buku aja dan belum ada yang kebaca. xD

    Semuanya bentuk buku fisik dan tebel-tebel astaga kok jadi keder sama buku sendiri huhuhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAK ENDAH, ME TOO! Tapi aku belum baca eps 32 karena mahal(?)
      Semoga tahun ini bisa dirilis ya eps 33nyaa πŸ™ˆ di Jepang memang selalu lebih dulu 1 tahunan gitu kan wkwkwk

      Hiyaaa! Wkwkwk semoga nanti saat Kak Endah baca, Kakak bisa suka juga dengan isi bukunya πŸ˜†

      Jangan kalah sebelum berperang dong, Kak 🀣. Ayo semangaaaat! Bacaan Kak Endah kan beragam bangett, aku nggak sabar ingin lihat reading listnya 🀭

      Hapus
  23. Semoga targetnya kesampaian yaa, harus sih, biar aku dapet rekomendasi buku juga hahahaha 🀣🀣
    Anyway gimana sih sistemnya Gramedia Digital itu? Itu macem cuma sinopsis terus kita bisa baca full setelah purchase atau langganan kaya netflix gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahah Rere, doakan yak 🀣
      Sistem Gramedia Digital itu langganan kayak Netflix gitu. Rere mau coba ikut patungan? Beberapa hari lagi, membershipku akan renew nih 😁

      Hapus
  24. Cantik itu luka, superb!! Gila Eka Kurniawan, bisa yaa nulis kayak begitu :D. Beda Ama tulisan istrinya.. agak aneh, tapi bbrp buku Ratih , aku ada yg suka kyk gadis kretek.

    THN ini aku ttp sama 54 buku, seminggu 1 buku.bulan Januari ini baru baca 5, buku2 selanjutnya sudah siap utk dibaca bergilir :p. Tapi kayak biasa, aku hobinya memang thriller suspense Li.

    Jd kebanyakan pasti cerita misteri, pembunuhan brutal dll hahahahaha. Kmrn aku Nemu banyaaak buku bagus dr toko bekas langganan. Itu cukup sampe Juli. Trus dia ngeluarin lagi buku2 keren , dan aku beliii lagiii dong hahahahah. Racun banget dia memang. Tapi msh banyak bukuku yg msh di hold dia. Kirimnya ntr aja kalo udh kekumpul semua :p. Kayaknya sih sampe Desember 2021 buku2 yg mau aku baca udh komplit hahahahaha. Parah kalo udh Nemu buku memang.

    Komik aku udh lama nih ga baca. Sbnrnya sih aku suka komik. Tapi setelah di PHP Ama Conan dan topeng kaca, yg tetiba penulisnya meninggal, aku jd sebel Krn gantung. Conan itu pa kabar? Udh tamat blm. Aku kesel kenapa dia msh aja kecil wkwkwkwkwkwk

    Sejak itu aku ga ada baca komik lagi. Kalopun beli, aku LBH suka baca ulang sisipan lama dari majalah bobo, kayak pak janggut dan 3 penyihir usil, emas untuk Misha... Kebetulan kmrn langganan ku jual bobo jadul yg sisipan komikny msh komplit . Gilaaa, aku lgs beli 🀣🀣🀣. Kangen banget baca itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah! Semakin penasaran ingin baca Cantik Itu Luka nih πŸ˜† tapi sekarang aku lagi baca buku lain yang belum selesai. Semoga minggu depan bisa mulai baca Cantik Itu Luka. Btw, Gadis Kretek bagus juga tuh, Kak Fann. Karena aku belum pernah baca karya Eka jadi belum bisa bandingi wkwkwk

      Wih! Goalsnya mantep bangettt! Semoga aku juga bisa mengikuti jejak Kakak πŸ˜†. Semangat Kak Fanny! Semoga tercapai target membacanya di tahun ini πŸ’ͺ🏻

      Anyway, toko buku langganan Kakak tuh sering ngeracunin Kakak banget yaaa! Hahahaha. Aku tuh penasaran deh sama toko buku langganan Kak Fanny. Penasaran ingin lihat koleksi-koleksinya juga, tapi di satu sisi aku takut jadi keracunan juga 🀣

      Wkwkwkw aku juga udah lama banget nggak baca Conan karena di satu sisi capek ngikutinnya 🀣 belum gede-gede, Kak 🀣 nggak tahu kapan bisa kembali ke wujud asli wkwkwk

      Niat sekali Kakak 🀣 majalah Bobo memang ngangenin banget yaaaa. Aku juga belum lama ini baca majalah Bobo lagi karena langganan Gramedia digital yang full premium jadi bisa baca. Btw, cerita selipan yang Kakak sebutkan, aku kayaknya belum pernah baca πŸ˜‚. Itu edisi tahun berapa, Kak?

      Hapus
  25. *Memantau pendapat Lia tentang buku All The Light We Cannot See & Salt to Sea πŸ‘€*

    Bacaan paling berkesan bagiku di bulan Januari sendiri novel fantasi kontemporer The House in the Cerulean Sea (karangan T.J. Klune). Buku ini cocok kalau Lia sedang mencari bacaan hopeful & menghangatkan hati di awal tahun ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Kak Farah! Semoga soon aku bisa baca dua buku itu πŸ˜†. Udah nggak sabar ingin baca sih, tapi ada buku lain yang lebih ingin dibaca duluan 🀣

      Huaaa sayang banget, waktu itu aku lihat ebook buku The House in The Curelean Sea di Kindle lagi harga murah tapi aku nggak beli, ternyata bukunya bagus ya 😭. Akan aku pertimbangkan untuk masuk wishlist πŸ˜† terima kasih atas racunnya, Kak! Hihihi

      Hapus
  26. Januari ini belum nemu bacaan yang bikin terngiang. Tapi, masuk februari ini dapet kesempatan baca Gadis Minimarket dan ini yang terbaik buatku. Tapi, kayanya bakalan sama kayak kak Lia, akan ada juga dominasi buku mental health tentang self love di tahun ini. Soalnya, ada beberapa inceran juga kayak buku Do you do itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak Ipeh! Aku udah baca ulasan Kakak mengenai buku Gadis Minimarket, kelihatan banget Kakak menikmati buku ini 😁. Aku udah baca buku ini di tahun lalu lhoo *nggak ada yang nanya* 🀣.
      You Do You is a good book! Semoga Kak Ipeh bisa segera baca buku ini atau baca versi ebooknya di GD juga bisa 😁

      Hapus