The StoryGraph Book Tag.



Heyho! Peri Kecil hadir kembali dengan topik perbukuan πŸ₯³. Hari ini aku ingin menjalankan tantangan The StoryGraph Book Tag yang diberikan oleh Kak Reka 😁. (Thank you, Kak Reka! πŸ₯°). Udah hampir 3 bulan sejak tantangan ini diberikan oleh Kak Reka, tapi aku baru menjalankannya sekarang. Semoga nggak dikenakan bunga karena menunggak kelamaan, ya 🀣. Anyway, The StoryGraph ini adalah website—juga ada aplikasinya— untuk melacak reading journey, ulasan buku, dan hal-hal berkaitan dengan buku lainnya. Secara personal, alasanku menggunakan The StoryGraph karena website ini menyediakan pelacakan buku hasil bacaan dengan diagram-diagram yang cukup detil, jadi aku bisa tahu dengan lebih mudah mengenai buku-buku seperti apa yang aku suka. Well, let's dive in into the challenge now~

✨🧚‍♀️🀸‍♀️

 I. Halaman Depan 


Your Recommendations Page


Gambar di atas berisikan judul-judul buku yang muncul di bagian Your Recommendation milikku. Well, dari semua buku yang ada di foto, nggak ada satupun yang aku tahu πŸ˜‚. Berarti For Your Recommendation-nya berhasil dong, ya? 🀭. Adakah dari teman-teman yang pernah baca salah satu judul di atas?


Your-to-read-pile
Semenjak kecemplung di dunia perbukuan tahun lalu, salah satu cita-citaku adalah untuk bisa menghabiskan buku-buku yang ada di to-be-read-pile πŸ˜‚. Tapi, ternyata susah banget buat ngabisinnya sebab setiap kali ada aja tambahan buku yang ingin dibaca πŸ˜‚. Jadi sekarang, cita-citaku berubah menjadi berharap diberi umur panjang agar bisa baca lebih banyak buku πŸ˜†. 3 dari 5 buku di atas bisa dibilang termasuk dalam prioritas TBR-ku, oh tentu saja The Midnight Library salah satunya karena bagaimana bisa aku tidak membaca The Midnight Library yang katanya bagus banget itu?! 


Currently Reading

Dari 3 buku yang ada di rak Currently Reading ini, aku udah berhasil menyelesaikan Love For Imperfect Things. Untuk The Midnight Sun masih belum sampai 25% aku baca karena isinya terlalu banyak narasi dan aku jadi bosan 😫 padahal aku bucinnya film-film Twilight banget, tapi pas baca bukunya kok malah bosan 😫. 


On The Storygraph

Sama seperti kata Kak Reka, akupun juga jarang banget melihat ke kolom ini, jadi nggak ada yang bisa aku ceritakan πŸ˜‚.


II. Laman StoryGraph


Tipe Buku Yang Dibaca

Menurut The StoryGraph, tipe buku yang aku baca kebanyakan adalah Fiksi yang bikin termenung, emosional dan membuat senang. Apakah benar prediksinya? Umm, bisa dibilang iya. Buku-buku yang berkesan untukku biasanya yang mampu mengguncang perasaanku dan meninggalkan bekas mendalam (ceileh bahasanya) 🀣. Dan menurut TSG, aku adalah tipe pembaca medium-paced dan suka membaca buku yang kurang dari 300 halaman. Lagi-lagi, ini bisa dibilang benar 🀭. Mungkin kedepannya aku harus lebih sering baca buku yang slow-paced dan lebih tebal dari 500 halaman... kalau sanggup 🀣.


Read Recently

Sebenarnya, aku udah 2 bulan ini nggak update di TSG jadi judul-judul buku yang baru dibaca-nya juga belum ter-update πŸ˜…. Nah, untuk The Song of Achilles sendiri, isi bukunya pernah aku bahas di beberapa postingan sebelum ini. Kalau teman-teman ingin membaca something cute and heartwarming, The Travelling Cat Chronicles, The Good Egg and The Bad Seed are the answers


5 Star Reads Book


Kebetulan sekali, buku-buku yang ada di halaman 5 star reads-ku adalah buku-buku favoritku dan udah ada terjemahannya semua πŸ₯°. Jadiii, AYO SEMUANYA BACA BUKU-BUKU DI ATAS!! πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ


Book Tagged
Karena aku nggak pernah pakai fitur ini di TSG, jadi kolom ini kosong πŸ˜‚. Mari kita skip ke bagian berikutnya~


Reading Challenge
Di tahun ini, aku kembali mengikuti tantangan membaca. Targetnya nggak muluk-muluk, hanya berharap untuk bisa baca minimal 2 buku per bulannya. Gimana perkembangannya sejauh ini?


Aku telah berhasil menyelesaikan Reading Challenge-ku tahun 2021 ini πŸ₯³. Belum berniat untuk menambah goals-nya, tapi aku masih tetap terus membaca hingga sekarang 😁. Kalau teman-teman, punya Reading Challenge, nggak?


Owned Book


Maaf, ada kesalahan teknis pada rak ini. Aku tidak punya buku Norwegian Wood, tapi kayaknya aku lagi kurang minum air putih pas input buku ini, jadi salah klik sehingga masuk ke rak owned πŸ˜‚. 2 buku lainnya aku punya, tapi sisa yang Cerita-cerita Jakarta aja sekarang. Teman-teman ada yang udah baca buku-buku di atas? 😁.

III. Statistik


Top 3 Moods 


Sama seperti pada kolom "Tipe Buku yang Dibaca", kolom moods ini juga didominasi dengan genre misterius, merenung dan emosional. Kalau dipikir-pikir, memang tipe bacaanku nggak jauh-jauh dari itu sih πŸ˜‚. Kenapa aku suka buku yang misterius? Sebab buku-buku yang bergenre misterius itu paling seru dan selalu bikin penasaran habis ini bakal dibawa kemana ya ceritanya, gitu 🀣.


Pace


Lebih suka bacaan yang ber-pace apa di tahun ini? Jawabannya masih sama dengan tahun lalu yaitu medium pace, bahkan belakangan ini moodku cenderung pengin baca yang fast pace gitu lho πŸ˜‚. Begini lah kalau bacanya ngikutin mood 🀣. 


Pages

Buku-buku yang aku baca di 2021 ini, cenderung yang ketebalannya <300 halaman. Tapi belakangan ini, rasanya sih aku lagi banyak baca buku yang di >300 halaman deh πŸ€”. Kalau teman-teman senangnya baca buku tebal/sedang/tipis?


Fiction or Non-fiction


Nggak perlu disebut lah ya paling banyak baca buku apa di tahun ini 🀣 jawabannya tentu udah sangat jelas yaitu fiksi 🀣. Hidup Fiksi! πŸ€ͺ


Genre



Genre bacaan teratas selama 6 bulan belakangan ini, apalagi kalau bukan misteri dan thriller 🀭. Seperti yang aku sebut di atas, aku memang suka sama genre misteri karena cenderung fast paced dan page turner gitu πŸ˜†. 


Number of Books


Grafik ini menunjukan jumlah buku dan jumlah halaman yang aku baca dari Januari - Mei 2021. Di awal-awal tahun sempat mengalami penurunan karena saat itu moodnya sedang tidak ingin membaca πŸ˜‚. Barulah memasuki bulan Maret, mulai kepengin baca lagi hingga sekarang. Well, selalu ada naik dan turun kan di dalam kehidupan? 🀣.


Rate


Rata-rata rating yang aku berikan untuk sebuah buku, nggak jauh-jauh dari bintang 4 atau 5 πŸ˜‚. Jarang banget ngasih rating 3, kecuali bukunya benar-benar nggak berkesan sama sekali. Dan, sejauh ini belum pernah ngasih rating 1 atau 2 terhadap sebuah buku karena nggak tega banget buat ngasih rating segitu πŸ˜‚. Jadi, semisal aku baca buku yang nggak cocok di aku, biasanya aku nggak akan meneruskan bacaannya dan nggak akan kasih rating untuk bukunya πŸ˜….


✨🧚‍♀️🀸‍♀️

Yeay! Akhirnya selesai juga menjalankan tantangan The StoryGraph Book Tag dari Kak Reka ini, meskipun udah lewat berbulan-bulan sejak pertama ditantang 🀣. Anyway, belakangan ini, aku lebih sering untuk update reading tracker di Goodreads karena aku merasa paling cocok pakai aplikasi tersebut. Nah, kalau teman-teman sendiri, punya reading tracker nggak? Kalau iya, bagaimana bentuk reading tracker kalian? Let me know! 😁.

56 komentar

  1. TSG tuh singkatan dari The Storygraph ya Li..?
    Jadi ini tuh kaya semacam reading tracker gtu ya. Hehe

    Bentar2. Tak salfok dulu.. 😁 udah 30 buku yang dibaca per Juli ini.. Buju Buneng.. 🀣🀣🀣 buanyaakk amat. Aku hhmmm.. seketika lihat listnya. 10 aja kayanya belum ada.

    Li Red Pyramid bukunya ttg apa ya? Penasaran. Hehe. Kayanya Lia belum pernah ngomongin buku ini. Wkwkw πŸ˜‚πŸ˜‚ atau akunya yg tertinggal.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 untuk Bayu 🀭 Benar, TSG singkatan dari The StoryGraph 😁
      Betul~ Bayu sendiri pakai reading tracker nggak?

      Wkwk itu ada baca buku anak-anak juga kok jadi cepet mencapai goalsnya πŸ€ͺ. Kalau Bayu udah baca buku apa aja?

      Red Pyramid belum pernah aku bahas karena aku belum selesai baca triloginya 🀣 ini trilogi gitu, tentang petualangan berdasarkan mitologi Mesir. Ini mirip Percy Jackson gitu genrenya, Bayu. Pernah nonton Percy nggak?
      Kalau nggak salah, buku Red Pyramid dan 2 buku lainnya ada di iPusnas deh πŸ€”

      Hapus
    2. Nggk pake. Haha 😁 ini nih kaya input judul buku terus nnti si aplikasi bakalan ngasih tahu berapa halamannya gitu ya.. terus nnti mereka rangkum jadi chart?

      Bulan ini. Baru selesai baca buku zaman baheula Tere Liye yg Pergi, bukunya Mba Thessa yg Nikah Muda, sama bukunya Mas Edot.

      Pernahh dong kalau Percy Jackson mah.. 😁

      ouhh gitu. Okedehh ntr tak coba baca. Hhmm, Tapi tak masukin list dlu deh.
      Aku penasaran sbnernya sama Second Sister. Secara udah dimention 2 kali sama Lia dan Mba Reka.

      Kalau menurut Lia mending baca Second sister dlu atau ATTWN (there were none)? Kalau kata Mba Reka keduanya sama2 bagus.. haha πŸ˜„ tapi cara bacaku Slow kaya siput. Wkwk

      Hapus
    3. Betul~ tinggal search judulnya aja terus kalau udah baca, Bayu ubah statusnya jadi "read" nanti appnya auto rangkum semua. Menarik kan? πŸ˜‰ *Kok aku jadi kayak sales* wkwk

      Denger-denger bukunya Tere yang Pergi sama Pulang itu bagus. Menurut Bayu bagus nggak?

      Wkwk baca dua itu dulu bolehh, soalnya Red Pyramids kan trilogi jadi makan waktu agak lama untuk selesai baca πŸ˜‚
      Kayaknya mending ATTWN dulu soalnya lebih tipis halamannya wkwk. Nanti kalau udah selesaai, baru baca Second Sister. Duaduanya bagus dan seru! Bisa nggak tidur kalau baca buku itu, Bay 🀣
      Nggak masalah banget! Aku juga termasuk lambat kok. Kalau lagi ketemu yang seru aja baru cepet bacanya, tapi secepet2nya juga 3 hari selesai πŸ˜…

      Hapus
    4. Hhmm menarik2. . . πŸ˜‚ should I try?? Haha *ikut2an aja Bay. Buku yg dibaca juga baru seemprit.!! πŸ˜„*

      Aku malah baru dngar kalau ada yg Judulnya Pulang. Hahah🀣. Hhmmm. Aku kurang cocok si Li. Kalau disuruh milih Rumah Lebah aku lebih milih Rumah Lebah deh πŸ˜….. *wooo beda genre bay!! πŸ˜†*

      Okree Dehh Li. Thank you For advice. Otw beli bukunya. Buat menuhin bookshelf. πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    5. You should try!! Ayo download, atau download goodreads juga boleh 🀭 justru mumpung masih sedikit, ngetracknya jadi enak karena belum terlalu banyak yang harus diinput 😁

      Kalau nggak salah ada yang judulnya Pulang juga wkwk cuma aku juga belum pernah baca πŸ˜‚
      Rumah Lebah jelas! Itu.. aaak keren banget sih 🀣 Coba baca Katarsis deh Bay, di Gramedia Digital adaaa. Ini oke juga walaupun nggak se-mind-blowing Rumah Lebah πŸ˜‚

      Baca di Gramedia Digital aja kalau masih langganan, Bay 🀭 biar hemat #plakk

      Hapus
    6. Udah download dong. Storygraph. Tapi nyari data bukunya agak susah ya 😁.. bahkan lewat isbn aja kadang nggak muncul. Dan harus input manual.

      Btw, ini kok chartnya nggk muncul ya Li. Why? Hahah πŸ˜„πŸ˜ apa harus nunggu 1 bulan dlu? 😊 atau ada langkah yg kelewat. Tadi sih. Aku isi data buku ke data yg Read. Tapi masih 0 aja nih. *duh ya ketahuan banget kudetnya. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Yay! Finally! Welcome to the club πŸ₯³
      Iya, beberapa buku bahkan harus submit manual, tapi untuk buku-buku yang terkenal kebanyakan udah terdata kok.

      Coba Bayu input juga bulan dan tahun bacanya, coba test masukin tahun bacanya 2021 dan bulannya terserah. Nanti dia bisa kedeteksi sendiri chartnya.
      Chartnya ini per tahun btw~
      Nggak apa wkwk santai aja Bayu. Kalau ada apa-apa, tanya aja ya ke aku 😁 I'll help

      Hapus
  2. Kalo tantangan ini dikasih ke aku, aku bakal nyerah duluan.
    Soalnya gak gitu suka baca buku apalagi yang tebel banget halamannya wkwkkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha baca buku tebal memang butuh perjuangan besar sih, Kak 🀣. Anyway, salam kenal 😁

      Hapus
  3. Dari semua cover buku yang ada di artikel ini, belum ada satu pun yang saya baca, hehe. Minat baca buku saya memang rendah sepertinya. Saya memang suka baca, hampir setiap hari, tapi bukan buku. Meski suka baca fiksi, saya lebih sering baca lewat HP. Orang lain tak akan tahu apa yang saya baca, wkwk.
    Salut buat Lia yang rajin membaca buku. Lanjutkan, meski saya cuma baca reviewnya πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk akupun sekarang lebih banyak baca via digital lho, Kak Nisaaa. Apalagi semenjak langganan Gramedia Digital, makin sering banyak via digital πŸ˜‚
      Kak Nisa lagi sering baca apa belakangan ini?

      Hapus
  4. Paling suka nih bacain Book Tag gini hehehe
    Btw, gara-gara Lia, Reka dan Farah aku jadi punya TSG juga wkwkwk tapi emang lebih nyaman pake Goodreads sih, mungkin karena tampilannya yang lebih enak dan udah biasa kali ya hahaha. Tapi, kalo buat tracking emang TSG enak sih karena lengkap banget sampe detil buku halaman, mood gitu muncul banget dan keliatan. Bisa perbulan juga kan ngatur nya hahahaha

    Setelah aku cek, punyaku sampe bulan ini paling atas itu genre fantasi dan romance hahaha sangat amat tertebak banget sih dan pastinya 100% fiksi... ya ampun ga ada satu pun buku non fiksi yang aku baca udah beres πŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Tikaaa, punya TSG? Kalau gitu aku challenge Kak Tika untuk bikin booktag ini! Ayokk bikin yaaa, ditunggu 🀭 *langsung nodong*

      Betulll, enaknya TSG tuh detil banget sih penjabarannya. Sebenernya untuk aku yang mager ngetrack manual tapi ingin hasil detil, TSG ini ngebantu banget. Sayangnya, judul buku yang aku baca seringkali nggak terdaftar di sana, jadi harus input manual dan aku mager 🀣 makanya aku berserah penuh sama Goodreads aja deh karena tinggal klik-klik aja dan lebih lengkap katalognya 🀣

      Huahaha ketebak banget 😝 aku perhatiin Kak Tika belakangan ini memang lagi into ke 2 genre itu bangettt. Sama dong Kak!! Kebiasaan baca fiksi jadi bikin sulit baca non-fiksi 🀣

      Hapus
  5. Satu kata 'WOW'

    Ini kenapa jadi kaya pelajaran Statistika ya banyak Diagram Chartnya. Wkwk

    Ya Tuhan Li. Sampai mingkem saya bacanya. Kalau dihitung, dari 7747 halaman yang sudah Lia baca. Ini berarti Lia sudah membaca 40 halaman setiap harinya hingga tanggal ini. Dan ini masih terus bertambah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomongin pelajaran statistika, rasanya udah nggak ada yang aku ingat dari pelajaran itu, Drew 🀣🀣. Statistik tuh yang mana ya... #plakk

      Bagus dong mingkem, soalnya kalau baca ini sambil mangap, takutnya begitu selesai baca malah jadi masuk angin 🀣
      Wow, banyak juga ya kalau di rata-rata jumlah halaman per hari πŸ€” *kaget sendiri*
      Sebenernya udah belasan ribu halaman yang udah dibaca sampai hari ini πŸ€ͺ *eh kok jadi pamer*
      *Kaburrr sebelum digetok massa*

      Hapus
  6. Akhirnya bikin juga...haha

    Mood kita sama Lii, masih seputaran misteri wkwkwk. Terus beneran ya kamu jarang ngasih rating 3 bintang, tapi sama sih aku juga gak pernah ngasih 2 atau bahkan 1, mending gak usah kasih bintang sekalianπŸ˜…

    Anyway buku series twilight itu yg menurutku paling greget ya Twilight doang sih Lii...baca new moon apalagi bikin ngantukπŸ˜‚ narasinya banyak sekali. Midnight Sun juga begitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya!! Kak Reka 🀣 terima kasih atas challengenya lho! πŸ˜†

      Kita pasti samaan soalnya sering saling meracuni! 😝. Wkwk aku ingat soal rating ini Kak Reka pernah bahas juga πŸ˜† nggak tega ya kalau kasih rating 1 atau 2, mending nggak kasih sama sekali πŸ˜‚

      Aku malah belum pernah baca Twilight lho Kak 🀣. Midnight Sun juga deh banyak narasinya πŸ˜‚ 150hal lebih yang udah aku baca, hampir 90% narasi semua makanya aku lelet bacanya bahkan udah mau nyerah nih πŸ˜‚. Kak Reka lagi baca buku apa sekarang? Tertarik baca Saha Mansion nggak? 🀭

      Hapus
    2. Twilight aku baca udah lama Lii pas SMP, agak lupa tapi gak jauh beda sama versi filmnya sih wkwkk..gara2 nonton filmnya makanya aku kepo sama bukunya πŸ˜†. Lagi baca kumcer Lii hihihi. Eh Saha mansion Cho namjoo yg nulis buku Jiyoung 1982?? Itu genrenya apa sih? Misteri ya? Aku kaget soalnya kok penulisnya tiba2 nulis buku misteri wkkk

      Hapus
    3. Wkwkwk jadi Kak Reka nonton filmnya dulu baru baca bukunya yak?
      Iya benar 🀣 kalau dari blurbnya kayaknya misteri, tapi ratingnya nggak sampai 4 sih terakhir aku lihat wkwkwk. Jadi kepo kan Kak? Dari nulis buku Kim Ji Yeong terus jadi ke genre misteri 🀣
      Oiyaaa, kalau baca kumcer, Cerita-cerita Jakarta oke Kakk tapi bukunya baru ada versi fisik aja. Ada yang digital sih tapi yang terbitan bahasa inggris wkwkwk

      Hapus
    4. Iya nonton filmnya dulu Lii

      Lia mau baca saha mansion?? Eh iya loh barusan aku liat di GR ratingnya mengejutkan 🀭, dan ini masuk genre distopia Lii hmm menarik sih. Tapi sepertinya bulan ini aku stop langganan gramdig dulu wkwk. Ada yang versi inggris Lii? Bisa baca dimana??aku juga kepo banget dengan kumcer ini πŸ˜†

      Hapus
    5. Masih galau Kak 🀣. Ratingnya rendah nggak sampai 4, makanya aku jadi galau mau baca atau nggak 🀣. Kak Reka kira-kira akan baca nggak?
      Ada~ versi Englishnya judulnya The Book of Jakarta, ada di Google Playbook 😁

      Hapus
    6. Kepo sih Li....mungkin nanti akan kucoba baca, tapi nanti. Soalnya aku juga jarang baca buku distopian hahaha. Beragam sekali Liaa ratingnya..ada yang ngasih 2, 3 rating 4 juga ada. Malah penasaran aku kayak apa ceritanya πŸ˜…

      Hapus
    7. Iya aku juga nunggu mood baca dulu sih Kak 🀣
      Makin campur aduk ratingnya, malah makin penasaran ya πŸ€ͺ
      Nanti kalau udah baca, let me know ya, Kak Reka!

      Hapus
  7. Aku belum banyak baca buku, jadi kayaknya kalo ikut TSG (The StoryGraph) ngga bisa.

    Ini lagi baca buku Diary Teacher Keder, asli lucu bukunya. Cuma belum tamat baru separuh, soalnya kadang ngeblog atau blog walking juga. Kayaknya harus vakum dulu kali ya biar cepat tamat.πŸ˜‚

    Makasih ya kak Lia atas bukunya.πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha santai aja bacanya Kak Agus 🀭. Aku malah nggak mau cepat-cepat habisin bukunya lho pas baca soalnya bagus jadi sayang kalau cepat habis 🀣

      Sama-sama Kak Agus 😁. Aku senang karena Kak Agus juga bisa menikmati isi bukunya, beneran lucu kan 🀣

      Hapus
  8. LIAA. Kamu siang-siang bikin tercengang, sampai bakso dilepeh lagi ni sangking kagetnya. Wk!

    Itu 30 buku setengah tahun baca apa aja dah? Banyak amat. Tapi ya, semangat lah Li. Tahun 2022. 100 buku setahun nggak mustahil la ya.

    Ouh jadi maksud TSG tuh ini. Kemarin waktu Mba Reka nulis tulisan itu. Agak nggak paham sebenrnya. Mau nanya. Tapi malu. Wk! Soalnya yg komen kebanyakan excited2 pada ngerti.. Jadi, mampir cuma ngambilin judul buku rekomendasinya aja. Wkwk. *udah mirip jelangkung ya. Datang nggak permisi, pulang nggak pamit. Tapi ada yang dibawa 🀣.

    Btw Li. Ada pertanyaan untuk Lia.
    Pernah nggak?? Kan buku yg Lia baca udah banyak tu ya. Pernah nggak lupa sama buku yang ternyata pernah Lia baca Dulu-dulu. Ehh tanpa sengaja kebaca ulang. Terus baru ingat kalau ini udah baca pas sampai tengah2 buku. Haha *pertanyaan nggak berbobot ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKWK TONI! Itu pasti bakso dilepeh karena kepanasan deh ah! 🀣🀣

      Campur sari bacanya kok 🀭 ada yang buku anak-anak juga. Kadang kalau abis baca buku yang melelahkan, aku ngisi energi kembali pakai buku anak-anak 🀭

      Wah, harus ditagih bayaran nih karena diam-diam mencuri judul bacaan! πŸ€ͺ. Tapi atuh kalau ada yang mau ditanya, tanya aja, nggak digigit kok, Tonn πŸ€ͺ

      Pernah 🀣 tapi belum sampai setengah sih, baru beberapa halaman awal terus ngerasanya kayak pernah baca ini buku.. terus pas ngecek lagi, ternyata bener udah pernah baca 🀣. Wkwk belum pernah ada yang nanya seperti ini lho, pertanyaan menarik! Ayo kasih pertanyaan lainnya *malah nagih*

      Hapus
  9. menariiikk Liiiiii
    aku jadi penasaran hihi ntar buka-buka ah πŸ˜†
    berarti ini kayak goodreads ya Li? nggak bisa beli buku ebooknya untuk baca?
    aku masih berjuang baca ebook karena suka capeekk mataku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mirip goodreads Kak Dea 😁
      Nggak bisa πŸ˜‚ ini situs untuk ngetrack aja sayangnya πŸ˜‚ kalau di Goodreads kadang bisa lihat preview bukunya, tapi kalau di StoryGraph belum bisa πŸ˜…
      Memang itu struggle kalau baca ebook Kak πŸ˜‚ paling tipsnya ubah layar hp ke reading mode aja, itu lumayan membantu 😁

      Hapus
    2. oooh i see
      andai ada yang all in yaa haha dasar manusia mau simple nya aja
      eh kalo apk baca kamu pake apa?
      aku pake Gramedia Digital kurang begitu nyaman soalnya nggak bisa buka di laptop

      Hapus
    3. Huahahaha i wish! Sayangnya belum ada πŸ˜‚
      Umm iya sih~ kalau aku bacanya di Gramedia Digital, kadang di Scribd atau Kindle juga. Untuk Scribd, ini bisa dibuka di laptop lho Kak 😁
      Siapa tahu Kak Dea berminat, nanti aku kasih kode referralku agar Kakak bisa dapat 2 bulan free trial 😁 kebanyakan buku bahasa inggris kalau di scribd.

      Hapus
  10. Bi Liii, miss you🀍🀍

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAK SOVIA OEMJI KEMANA AJA!! KANGEN JUGAAA 😭
      Kakak sehat kan?

      Hapus
  11. Haha sehat Lii,

    Lia gimana? Hehe iya nggak muncul dulu Lii, tapi tetep bacain postingan Lia yang semakin kece tiap harinya, walau nggak komen, wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah πŸ€— aku juga sehat Kak πŸ˜†
      Aah Kak Sovia bisaan aja wkwk mau makan apa? Pizza mau? πŸ€ͺ
      Terima kasih udah sering baca tulisanku yang super random πŸ˜‚πŸ˜‚
      Kak Sovia kapan nih update tulisan lagi 😝

      Hapus
  12. Wihh di 5 Starsnya ada Girlboss.
    Judulnya menarik banget buat dibaca, itu isinya soal apa, Lii?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umm isinya tentang kisah hidup Sophia dari sebelum punya toko baju sampai dia bisa berhasil punya toko baju dengan brand ternama hingga sekarang~
      Masuk kategori apa ya bukunya, umm antara memoar atau biografi mungkin πŸ€” pokoknya bagus banget Ree, memotivasi banget isinya πŸ˜†
      Ada versi English juga Indonesia~ kalau Rere suka buku sejenis ini, boleh coba ditengok hahaha

      Hapus
  13. Cover The Good Egg dan The Bad Seed kok lucu amat!!! GEMES!!! >.< Li kamu nanti mengulas dua buku itu nggak? :p

    Reading track-ku sejauh ini manual HAHAHAHAHAHHA. Aku centang-centang sendiri di notes hp. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk belum kepikiran Kak Endah 🀣 itu bukunya cerita anak-anak gitu~ hanya beberapa halaman, tapi isinya heartwarming gitu πŸ˜†

      Wah, aku kepo sama reading tracker Kak Endah πŸ˜†. Isi reading trackernya apa aja Kak selain judul buku?

      Hapus
  14. MAU JUGA AHHHH 🀣 biasaaa, anaknya latah banget ikut-ikutan orang hahahaha jujur selama baca buku aku nggak pernah pake reading tracker, Lii. Bahkan Goodreads juga nggak pernah. Tracker manual aja buat diri sendiri di bujo hihi

    Waktu pas liat tipe bacaan kamu "lighthearted", ini sih Lia banget πŸ˜† dari kamu aku jadi tau bacaan gemeshh, ringan tapi juga meaningful kayak Hidup Apa Adanya, bukunya Dancing Snail, dll. Dan ternyata genre bacaan kamu kurleb sama yaa kayak Reka, lagi suka misteri thriller apalagi karya penulis Jepang hahaha

    Dan aku nggak nyangka lhooo Girlboss dapet 5 stars dari kamuuuu.

    Okay, otw isi punyaku juga ah hahahaha makasih Reka dan Lia atas racunnya! 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Ci Jane bisa sharing-sharing soal reading tracker manualnyaaa! I'd love to read it! πŸ˜† *Anaknya kepo-an*

      Huahaha ketara banget ya Ci 🀣 aku suka buku-buku kayak gitu sih, nggak cuma non-fiksi, buku fiksinya juga aku suka yang tipe seperti itu πŸ˜†
      Iya πŸ€ͺ aku sama Kak Reka belakangan jadi sering saling meracuni buku misteri thriller karya penulis Jepang 🀣

      Wkwkwk aku suka banget sama Girlboss karena merasa tertular motivasi dan aura positif sehabis baca buku itu πŸ˜†. Pas tahu ada seriesnya, aku tertarik untuk nonton tapi lupa terus! Wkwk #plakk

      Ayo Cici buat! Kalau udah buat, let me know ya 🀭

      Hapus
  15. Pas baca ini langsung coba bikin akunnya, eh tapi bingung 😁
    padahal kayaknya bisa import 'perpustakaan' kita yang di Goodreads tapi kok ga mudeng.

    Penasaran sih soalnya bisa ngasih rekomendasi bacaan juga.. tapi kayaknya banyak judul buku yang belum diunggah ya, mungkin harus manual kaya di Goodreads.
    Sebenernya fitur2nya bagus banget ya, kayaknya perlu dipahami lagi nih biar jejak baca bukunya terukir dengan jelas di sini πŸ˜†

    btw, ngeri banget nih Lia udah 24 buku aja baru setengah tahun di 2021 πŸ˜„πŸ˜„

    bener2 produktif membaca banget πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaay! Ada lagi yang keracunan bikin StoryGraph 🀭. Iya, tinggal import aja perpustakaan kita di Goodreads. Harus request download data dulu dari Goodreadsnya, Kak. Terus nanti kalau datanya udah tersedia, import deh ke StoryGraph hahaha.

      Judul bukunya udah cukup banyak, cuma mungkin untuk judul-judul buku lokal Indonesia masih kurang lengkap jika dibanding Goodreads πŸ˜‚. Awal-awal pasti bingung karena banyak pernak-perniknya wkwk semangat Kak Edot! Kalau perlu bantuan, bilang aja ke aku nanti aku bantu sebisaku 😁

      Bacaannya ada buku anak-anak juga Kak, jadi colong start(?)

      Hapus
  16. Suka deeh lihat si diagram-diagram ituuu πŸ’– Btw di TSG itu katalog bukunya selengkap Goodreads juga kah Li?

    Aku salfok sama buku The Good Egg sama The Bad Seed!! Gambarnya soooo gemaaaasss 😭😭 Buku anak-anak yaa itu kelihatannya? Lia baca di mana? Scribd kah?

    Dari to be read-nya Lia, aku udah baca Pulang dan itu salah satu buku favoritku.. Ceritanya bagus dan sedikit membuka tirai soal kejadian di tahun yang dibahas di sana *membuka tirai wkwk*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Eya, lucu ya diagram gini, kesannya detil banget ya nggak sih? 🀣. Sayangnya katalognya kurang lengkap kalau dibanding GR 🀧 tapi kita bisa input sendiri data-data bukunya, Kak Eyaaa 😁

      Yess itu buku anak-anak, lucu bet ya covernya 😍 aku baca di Libby Kakkk. Ehiyaaa, aku belum cek di Scribd ada atau nggak sih πŸ˜‚ di Scribd banyak juga Kak Eya yang lucu-lucuuu. Surganya graphic novels tuh di sana πŸ™ˆ

      ((Membuka tirai)) 🀣🀣. Kak Eya udah baca Laut Bercerita kan? Menurut Kak Eya bagusan mana sama Pulang? Atau sama aja?

      Hapus
  17. kayaknya nih kalau aku joint TSG, mungkin nggak keluar grafiknya ya. Laghhh prestasi baca sebulan 1 buku udah wowww banget sekarang :D
    grafik genre nya dominan ke misteri, tapi emang iya, soalnya aku baca baca review buku Lia beberapa bulan terakhir cukup banyak juga misteri atau thriller

    mungkin bayanganku kayak mas edotz, goodreads, tapi aku belum pernah coba goodreads nih
    apa goodreads juga kayak si TSG ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk Kak Inun nggak apa atuh, kan Kakak lagi sibuk jadi dimaklumkan kalau susah ketemu waktu untuk membacaa.
      Hiyaaa Kak Inun perhatiin aja πŸ™ˆ

      Goodreads beda Kak Inun, lebih simple si Goodreads ini untuk tampilannya 🀭. Cocok untuk cari review buku di sanaaa.

      Hapus
  18. Waah selama ini aku ga pernah bikin tracker sekomplet ini sih Li :D. Biasanya hanya berdasarkan target yang aku bikin di awal tahun. Dan supaya bisa ke-track, itulah kenapa aku bikin review buku setiap hari Minggu di IG dan FB.

    Target reading buatku LBH gampang sih. Aku punya target masih sama 1 buku setiap Minggu. Dan sampe skr syukurnya masih on track.

    Tapi memang favoritku dari dulu selalu misteri, cerita detektif. Tema lainnya suka, tapi yg nomor 1 akan selalu misteri :D.

    Buat halaman, aku paling suka yg tebel. Lebih dari 500. Sampe hari ini buku tertebal yang aku baca, itu buku Alan Folson, The day after tomorrow , yang halamannya 949. Reading date nya 20-26 Juni kemarin :D. Aku selalu kayak kesihir kalo udah baca buku setebel ini, apalagi ttg misteri. Rasanya susah berenti kalo belum tahu jawaban akhirnya :D.

    Goodreads itu aku blm coba. Ini maksudnya semua buku yg sudah kita baca, bisa di-update yaa? Buku apapun juga? Menarik sih. JD aku bisa update semua buku yg udh aku baca di situ juga, selain di IG dan FB :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Fanny, Kakak kalau baca buku udah ditentuin judulnya sebelumnya atau berdasarkan mood? 😁

      WAW 900HAL++!! WADAWW KEREN BEUTTT KAK πŸ₯ΊπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ». Jujur pandanganku terhadap buku tebal jadi berubah sejak komentar Kakak yang kemarin itu. Walaupun tetap shock lihat jumlah halamannya, tapi bisa lebih santai bacanya dan menikmati ceritanya. Kalau baca buku misteri, aku juga susah berhenti 🀣 bisa menunda makan demi bisa cepat selesai 🀣

      Yesss! Benar banget, Kak. Buku apapun ada di sana. Buku anak-anak juga ada 🀭. Ayo import buku-buku yang Kakak udah baca ke sanaaaa. Nanti kalau udah bikin akun Goodreads, kasih tahu aku ya 😁

      Hapus
  19. The Storygraph ini sama kah dengan Goodreads atau berbeda? Kalau beda, dimana letak perbedaannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya di Storygraph, data-data yang kita submit langsung bisa kita lihat dalam bentuk grafik seperti di atas, Kak Kimi 😁
      Sisanya mirip lah ya sama Goodreads hahaha. Cuma GR kan untuk sosial interaksi juga bisa, kalau Storygraph fokusnya untuk ngetrack bacaan pribadi gitu

      Hapus
  20. Banyak juga buku yang udah dibaca, mbak. Saya jadi penasaran ada website yang kaya begini. Masalahnya baru baca dikit sih. Ini juga baca Multatuli ga habis-habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Websitenya bagus untuk lihat-lihat rekomendasi buku bacaan, Kak Adi. Boleh dicoba tengok, nggak masalah banget baru baca berapa bukupun, nggak ada aturan mainnya kok 😁

      Hapus
  21. Gila! Berasa baca jurnal statistik psikologi orang. Ha ha ha. Diagramnya lengkap bener euy. Sebagai orang yang senang dengan topik buku, tulisan ini sangat renyah dan gurih sebagai bacaan sebelum tidur.

    Meski tidak lagi menetapkan tantangan baca, saya masih tetap membaca. Sekarang lagi baca buku Pascakolonial karya R. Setiawan. Hitung-hitung variasi bacaan dari yang tadinya kebanyakan novel. Sekaligus nambah referensi biar ada pencerahan untuk tugas akhir nanti. Ha ha ha. Malah numpang curhat.

    Kebanyakan buku diatas, belum saya baca dan bahkan baru saya lihat. Tertarik baca Cerita-Cerita Jakarta sama Pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rahul! Renyah dan gurih bagai sayur apa nih? Hahaha. Diagramnya lumayan memuaskan yak, ini otomatis terbentuk dari websitenya lho. Kalau Rahul suka, mungkin Rahul bisa coba pakai website ini untuk tracking bacaan Rahul 😁

      Waw, dari judulnya udah berbau berat itu bukunya πŸ™ˆ semangat bacanya, Hul! Malah bagus kalau bacanya bervariasi, jadi bisa dapat banyak insight baru atau bahkan nemuin genre bacaan baru yang jadi favorit πŸ™ˆ. Huahaha curhat di sini bebas sebelum nanti aku kenain pajak curhat 😝. Oiya, kapan akan mulai proses pengerjaan tugas akhir?

      Kedua buku yang Rahul minati, dua-duanya bagus 😁. Walaupun aku sendiri belum baca Pulang, tapi banyak yang bilang Pulang ini bagus dan aku percaya sebab bukunya Leila S. yang Laut Bercerita itu bagusss.

      Hapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.