Eps.12 : JanexLia First Anniversary (Feat. Thessalivia).

Wait.. Wait.. Ini beneran kan?! Bukan mimpi?! Rasanya seperti sedang bermimpi deh melihat postingan JanexLia yang sudah mencapai 12 episode 😭, it means JanexLia sudah 1 tahun umurnya semenjak postingan pertama dirilis 😭. So, happy birthday to JanexLia series! πŸ₯³. Kita nggak akan bisa sampai di titik ini kalau nggak ada teman-teman semua yang selalu mendukung JanexLia lewat kunjungan dan komentar-komentar hangat kalian huhuhu mari kita berpelukan dulu *sending virtual group hugs*. Semoga postingan-postingan JanexLia selama ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang kita semua ya πŸ™ˆ.

 

Ngomong-ngomong, di episode spesial ulang tahun kali ini, JanexLia mengundang salah satu tamu spesial yang merelakan diri untuk ditodong oleh pertanyaan-pertanyaan ala-ala interview dari JanexLia 🀣. Tamu kali ini adalah salah seorang teman blogger yang juga suka membaca dan merupakan seorang penulis yang baru-baru ini menelurkan sebuah buku berjudul Semangat, Tante Sasa!. Bisa ditebak nggak siapa tamu kali ini?  Yak! Betul sekali! Tamu spesial hari ini adalah Kak Thessalivia yang hits dan popular belakangan ini di kalangan para bloggers  *padahal jawabannya sudah ada di judul Wkwk*  πŸ˜πŸ₯³. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia sesi QnA Lia dan Kak Thessalivia~ Check this out!

✨🎠🀸‍♀️

 


Q : Bagaimana awal mula Kak Thessa suka membaca?

A : Aku juga lupa kapan tepatnya aku mulai suka membaca. Yang pasti waktu SD, aku tinggal di Solok, sebuah kota yang berlokasi 2 jam perjalanan dari Padang, waktu SD itu aku sudah suka dibeliin majalah Bobo, jadi aku sudah senang dengan majalah Bobo, bahkan sebelum bisa membaca dengan lancar. Aku ingat banget waktu itu majalah Bobonya dibacakan oleh Kakakku. 

Di kota tempat tinggalku dulu nggak ada toko buku Gramedia. Biasanya aku baru bisa main ke Gramedia sebulan sekali sewaktu orang tua harus belanja perlengkapan di kota Padang. Biasanya waktu itu, aku dan Kakak ditinggal di Gramedia selama 1-2 jam sementara orang tua aku pergi belanja berbagai kebutuhan. Sewaktu dijemput balik, aku dan Kakak diperbolehkan memilih 1 buku yang ingin dibeli. Jadi, momen ini selalu aku tunggu-tunggu sewaktu kecil.

Terus ada lagi kejadian yang seru! Sewaktu aku SD, karena keberadaan toko buku minim banget di kota aku tinggal, jadi aku suka mampir ke perpustakaan daerah. Aku bisa berada di sana dari semenjak pulang sekolah sampai perpustakaaan tutup. Bisa dibilang aku anak yang paling rajin ke perpustakaan itu. Sampai pernah waktu acara 17an, aku diberi penghargaan minat baca lho! Diberi piala oleh Bupati saat itu. 

Kalau nggak salah sewaktu kelas 4 SD, aku juga pernah kekunci di perpustakaan dari dalam karena pustakawannnya kira sudah nggak ada orang di dalam (aku suka duduk dipojok, bukan di kursi). Sudah panik banget waktu itu, untung saja pustakawannya masih berada di kantor sebelah perpustakaan. Aku sudah kepengin nangis saja waktu itu hahaha. Itu semua pengalaman waktu SD, sehabis itu, berlanjut sampai sekarang kesukaan akan membacanya hehehe.


Q: Maafkan, aku ngakak baca cerita Kakak kekunci di perpustakaan wkwk. Untung masih belum benar-benar pada pulang, kalau nggak gimana nasib Kakak hiksPertanyaan selanjutnya, bagaimana cara Kakak untuk terus mempertahankan kebiasaan membaca di tengah kesibukkan? 

A Terkadang kalau kita mencintai sesuatu, kita akan menemukan cara untuk kembali ke situ. Iya nggak sih? Hehehe. Aku sempat pernah nggak bisa menyelesaikan membaca buku setelah menikah dan punya anak pertama. Ketika aku mulai bisa membaca kembali, aku bisa menyelesaikan kurang lebih 10 buku dalam kurun waktu setahun dan itu saja sudah senang bangeet.

Secara perlahan, aku mulai bisa dapat hack-nya untuk tetap bisa membaca buku walaupun sibuk dengan keluarga dan kerjaan. Alhamdulillah, sekarang bisa konsisten minimal 2 buku per bulan. Caranya, selalu sedia buku di dalam tas, jadi kapanpun sedang ada waktu kosong atau semisalnya harus menunggu, waktu tersebut bisa dipakai untuk membaca. Bisa dengan buku fisik atau buku digital via iPusnas atau Gramedia Digital.

Ngerasa nggak sih kalau  membaca buku di ponsel bisa memperbanyak jumlah buku bacaan? Soalnya aku merasa seperti itu hehehe. Oiya, mostly aku bacanya itu di perjalanan. Di jam berangkat atau pulang kantor. Kadang juga saat malam waktu anak-anak sudah tidur dan aku belum terlalu ngantuk.


Q : Apa comfort genre Kakak? 

AComfort zone aku masih di romance, fantasy dan buku anak.

Romance yang receh-receh sih, sejenis teenlit atau metropop. Pokoknya tipe-tipe buku yang bisa selesai dibaca dalam sekali duduk, yang endingnya pun ketebak, klise sedikit juga nggak masalah, yang penting bacanya menyenangkan hehehe. Kalau Fantasy, karena aku suka dengan perasaan saat dibawa ke dunia yang berbeda dengan yang kita tinggalkan saat ini. Dunia magic di balik platform 9 3/4, atau dunia ajaib di balik lemari, putri duyung, kestaria, peri dan sejenisnya. Untuk buku anak, aku selalu merasa bahwa buku anak itu menghangatkan hati. Buku anak di sini bisa buku klasik anak, atau buku-buku ilustrasi anak yang kelihatan indah.


Q : Siapa saja nama penulis lokal & internasional favorit Kak Thessa? 

A : JK Rowling, Khaled Hosseini, dan Jenny Han untuk internasional. Untuk penulis lokal, aku suka Hamka dan Ilana Tan.


Q : Siapa yang paling menginspirasi Kakak dalam menelurkan buku-buku Kakak? 

A : Aku nggak tahu sebenarnya siapa yang paling menginspirasi. Tapi yang pasti, Papaku termasuk yang paling berpengaruh dalam membuatku suka membaca dan menulis. Bahkan dulu sewaktu SD, aku suka mengetik cerpen-cerpen pakai mesin tik Papa hehehe.

Papaku juga suka menulis walaupun beliau lebih suka menulis karya-karya tulis gitu. Mama dan Papa juga dari dulu selalu mendukung aku dan Kakak yang suka membaca. Mereka juga sering memberi dorongan seperti menyuruh aku rutin menulis sewaktu SD dengan cara menulis surat ke sahabat pena. Jadi, dari dulupun aku sudah mempunyai mimpi agar kelak bisa mempunyai karya yang dibukukan dan dipajang di toko-toko buku.


Q : Sebutkan sebuah buku yang life changing menurut Kak Thessa!

AThe Secret karya Rhonda Byrne. Dulu tuh aku masih buta sama yang namanya positive thinking. Yang aku tahu, kalau kita pengin sesuatu, kita harus yakin itu akan terwujud (dengan usaha tentunya). Waktu aku  membaca buku ini, ternyata hal yang disebutkan dalam buku ini mirip dengan yang aku praktikkan selama ini. Adanya teori tarik menarik antara keingininan dan bagaimana cara semesta mewujudkannya. Aku akan bilang buku ini life changing banget, karena berkali-kali aku berhasil mewujudkan hal yang aku bayangkan dengan mempraktikan yang tertulis dari buku ini.


Q : Aku jadi kepo sama bukunyaa! Mari masukkan ke TBR dulu 🀣. Pertanyaan selanjutnya, Kak Thessa baru-baru ini menelurkan buku baru dengan judul Semangat, Tante Sasa! Kalau dari kacamata pembaca, apakah Kakak sudah cukup puas dengan keseluruhan cerita dari novel ini?

ASemangat, Tante Sasa! sudah melalui proses yang lumayan panjang. Aku mencurahkan semaksimal mungkin agar buku ini bisa dinikmati pembaca. Aku nggak tahu kalau dari kacamata pembaca, apakah mereka sudah cukup puas dengan keseluruhan cerita dari novel ini atau nggak. Namun, buat aku sebagai penulis, aku puas bangeeet sama buku ini dan aku yakin sesuatu yang ditulis dengan sepenuh hati, maka akan bisa ikut dirasakan oleh pembaca saat menikmati kisah ini. Mudah-mudahan yaaa.


Q : Apa harapan Kak Thessa untuk para pembaca khususnya untuk novel Semangat, Tante Sasa! ?

A : Harapan aku sebenarnya sederhana, semoga para pembaca bisa terhibur dengan cerita ini. Syukur banget kalau ternyata bisa sekalian memetik manfaat dan pesan dari cerita Sasa dan Velisa. Tentang pengasuhan, luka masa kecil, dan pesan bahwa manusia tidak ada yang sempurna, yang terpenting selalu ada keinginan untuk berubah menjadi lebih baik.


Q :  Terakhir nih Kak, tolong rekomendasiin buku bacaan yang Kakak ingin banget untuk teman-teman baca once in a lifetime.

A : Yang pasti sebagai Potterhead, salah satunya pasti aku rekomendasikan semua seri Harry Potter dan satu lagi buku The Secret deh, ya. 




✨🎠🀸‍♀️


Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Kak Thessa karena sudah bersedia diundang berkolaborasi untuk episode spesial kali ini. Kak Thessa, terima kasih banyak atas waktunya ❤️. Oiya, buku fisik dari Semangat, Tante Sasa! sudah bisa dibeli di Gramedia.com lho! Atau teman-teman bisa pesan langsung di Kak Thessa jika ingin mendapatkan buku yang bertandatangan πŸ˜†. Go grab yours now! Hurry up!! 

Jangan lupa juga untuk main ke postingan Ci Jane untuk membaca sesi wawancara dengan Kak Thessa dari kacamata seorang penulis πŸ˜‰. 

Anyway, nggak kerasa sudah 1 tahun JanexLia hadir πŸ˜‚. Saat kemarin ngobrol dengan Ci Jane bahwa JanexLia episode kali ini adalah episode ulang tahun, aku langsung flashback ke masa-masa awal JanexLia lahir. Aku benar-benar bersyukur sekali karena saat itu meskipun baru kenal dengan Ci Jane, tapi beliau langsung setuju saat aku menawarkan kolaborasi ala-ala ini 😭. Kaget dan excited banget sewaktu melihat balasan setuju dari Ci Jane 😭, seketika ingin jungkirbalik di kasur 🀣. Yang lebih nggak disangka lagi adalah konten ini bisa rutin berjalan sampai 1 tahun! πŸ˜­πŸ‘πŸ». Jujurly, kalau nggak ada konten ini, mungkin aku akan sering hiatus dari dunia blog karena sering nggak ada bahan tulisan πŸ˜‚. Seandainya konten JanexLia adalah manusia, aku bakal langsung peluk dia karena dia sudah banyak menolongku melewati masa-masa nggak ada ide tulisan 🀣.

Kalau ditotal-total, ada sekitar 15 judul postingan JanexLia selama ini, termasuk sesi QnA dan pengumuman. Wah! Rasanya aku ingin berpelukan sama Ci Jane sambil bilang "good work, Ci Jane!! Good work!!" *Sambil tepuk-tepuk punggung Ci Jane* wkwk πŸ€£πŸ€—.

Dan, jika ditanya, apa konten terfavorit dari JanexLia menurutmu, Liii? Sesungguhnya jawabannya sangat sulit karena semua yang dibahas selama ini adalah topik-topik yang semuanya aku suka 😭. Tapi kalau ((dipaksa)) memilih 3 🀣, aku akan memilih postingan spesial kali ini sebagai yang pertama, guest post di Tinydolce sebagai yang kedua, dan postingan tentang Our Reading Experience untuk yang ketiga ❤️. 

At the end, JanexLia nggak akan bisa bertahan selama ini tanpa dukungan dari teman-teman semua. Terima kasih sebanyak-banyaknyaa untuk dukungan teman-teman selama ini 😭😭😭 *kirim peluk satu satu untuk teman-teman semua* πŸ€—πŸ€—πŸ€—. Setelah ini, mungkin JanexLia akan libur selama 2 bulan, tapi jangan khawatir, tahun depan tentu kami akan lalu-lalang kembali di dunia blog πŸ™ˆ tentunya dengan kejutan spesial (pakai telur πŸ€ͺ). Jadiii, sampai bertemu lagi di postingan JanexLia selanjutnya!~ see youuu! (Seketika sedih karena kesannya seperti ending πŸ˜‚).


Apa konten JanexLia favoritmu? 

Let me know ya! πŸ˜‰


52 komentar

  1. Buat mba Thessa: ada nggak sekuel buat "Semangat, Tante Sasa!"? :p

    Buat JanexLia, episode favoritku itu yang perjalanan membaca kalian sama yang QnA, aku sampai latah ikutanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ nggak sabar buat baca lagi JanexLia di tahun 2022. Semoga makin bersinar konten JanexLia🀩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Endah, aku udah tahu jawaban soal hal ini sebab ini hal pertama yang aku tanya ke Kak Thessa sehabis selesai baca bukunya 🀣. Kak Endah mau dengar jawabannya dari aku atau nunggu balasan Kak Thessa? πŸ€ͺ

      Yeeepyyy! Itu favoritku juga!! 🀣 Bagian QnA itu urutan ke-4 yang aku suka 🀣. Aku senang lho baca tulisan Kak Endah akan hal ini 😍.
      Amiin amiiinnn!! Barangkali nanti bisa bikin reading club bareng ya πŸ€£πŸ™ˆ

      Hapus
    2. BISIKIN LIIIπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hahahaha thanks to you and Ci Jane🀩 Iyaaa, keren banget JanexLia!!

      Hapus
    3. Kak Endah, jawabannya adalah... Kak Thessa nggak bilang secara gamblang bakal ada atau nggak ada sekuel, cuma katanya masa depan Sasa dan si doi silakan diimajinasikan oleh pembaca 🀣 jadiii, ini artinya apa ya? WKWKWK

      Hapus
    4. SKSHDKSHSKJSHSJSH BAIKLAHπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  2. LIAAAAAA *tepuk-tepuk pundak Lia jugaaa yang sudah bekerja keras!!*

    Rasanya ingin menangis pas tahu kamu ingin hiatus kalau bukan karena JanexLia, huhuhuhuhu. Aku bakal kangen beratssss sama celotehan kamu yang ceria dan selalu membangkitkan mood membacaku. Hwaiting, Liaaa! πŸ€—

    Obrolan kita bareng Mba Thessa seru sekaliiii. Bersyukur banget beliau bersedia kita todong pertanyaan bejibun, hauhaha. Maacih banyak, Mba Thessa! Semoga Mba Thessa terus bisa menginspirasi dan menghibur banyak orang melalui tulisan Mba, ya πŸ₯°

    Also thanks for all JanexLia readers! Makasih udah seseruan sama kami berdua dengan membagikan bacaan favorit kalian, pendapat kalian soal buku, bahkan ikut meramaikan giveaway yang pernah kami adakan. Nihh, satu per satu aku kasih boba tea virtual 🀣

    Sampai ketemu di JanexLia Season 2!! πŸ₯‚πŸ₯³

    BalasHapus
    Balasan
    1. The sad fact truth πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ that's why aku bersyukur banget ada konten JanexLia karena lewat konten ini, semangatku dalam menulis selalu dibangkitkan kembali. Apalagi saat melihat kalender sebentar lagi tanggal 30, itu semangat menulis langsung berkobar, Ci WKWKWK. Thank you Ci Jane for you support 😘😘😘😘😘😘😘😘 aku jadi terharu + malu WKWKWKWK

      Bersyukur banget Kak Thesaa bersedia ditodong sama kita πŸ™ˆ masih sempat-sempat bersedia ditanya-tanyain padahal lagi ngejar-ngejar anak 🀣. Thank you Kak Thessa ❤️

      Yesss!! Thank you untuk teman-teman semuaa πŸ₯°. Cepat diambil free boba tea dari Ci Jane sebelum kehabisan 🀣. Free mochi dan klepon dari aquuu 🍑🍑
      Enjoy the party~~(?)

      Hapus
    2. Lia mau hiatus?? 😭😒

      Hapus
    3. WKWK nggak kok Andrew~ itu wacana masa lampau yang untungnya terbatalkan sebab ada konten JanexLia sebagai penolong πŸ˜†

      Hapus
  3. Yah libur 2 bulan ya Kak.
    Gimana kalau tambahin aja bikin group lagi misal LiaXEno 🀣🀣

    Kalau JanexLia fav mgkn yg QnA ini, seru ketika Lia jadi host yg tanya2 org, tanya aku juga dong Kak, tanya "aku udh maem apa belum?" 🀣🀣

    Ya selamat aja buat JanexLia yg sdh 12 episode dan ini ultahnya ya, tiap 12 episode ultah kah?

    Dan selamat juga buat Tante Sasa sdh menelorkan buku baru. Buah dari terkunci di perpus πŸ€£πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahah ide bagus, Kak Jaey! Kira-kira kalau LiaxEno enaknya bahas apa ya? 😝

      Kak Jaey mau banget nih ditanya? 😝 karena aku baik hati dan tidak sombong (hoekk) jadi aku akan bertanya sama Kak Jaey : Kak Jaey, udah maem beyum? Kapan nikah?" #gubrakkss πŸ€ͺ

      Kebetulan karena JanexLia tayangnya setiap 1 bulan 1x, maka di episode 12 tepat 12bulan berlalu, Kak~ jadi bisa dibilang ulangtahunnya tepat di episode 12 kali ini wkwkwk

      WKWKWK iya juga yaaa! Aku jadi ngakak baca komentar Kak Jaey 🀣

      Hapus
  4. Aku siap menunggu JanexLia kembali sampai kapanpun, libur dua bulan itu gak lama kok wkwkwkk.

    Untuk Kak Thessa...kak dirimu keren sekali, ini semangat tante sasa bikin nagih, ceritanya renyah, rasanya kayak permen nano nanoπŸ˜†

    Soal episode favorit aku paling suka sama episode Book swap dan sesi QnA. Seru banget bisa tau kegiatan membaca kalian tuh seperti apa dan bagaimana terus juga jadi tau melalui tuker buku bisa mengenal kecenderungan bacaan kalian masing2, seru banget sih ini πŸ‘πŸ»

    Gak sabar menunggu konten JanexLia di tahun depan, aku bakalan ikutan sih kalau kalian bikin klub buku! 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aww awwww Kak Rekaa 😍♥ terima kasih sudah selalu mendukung JanexLia! ♥♥♥ qu qiyim peyuq untuq qaqa πŸ€—

      Aku pikir yang renyah hanya kerupuk dan Tango, ternyata permen nano nano sekarang juga renyah ya? WKWKWK #becanda

      Aku juga suka dua-duanyaa 😍 saat bookswap paling excited dan deg-deg-an banget karena takut Ci Jane nggak cocok dengan buku yang aku kirimkan wkwkwk but, bersyukurnya Ci Jane ternyata cocok cocok saja, aku jadi lega πŸ™ˆ

      Wkwkwk semoga bisa terwujud impian bikin mini book clubnya πŸ™ˆ amiin~~

      Hapus
  5. Tambah nggak sabar mau baca buku mba Thessa deh, hahahaha 🀣

    By the way, selamat ulang tahun untuk JaneXLia, jadi begini rasanya lihat keponakan online (anaknya mba Jane dan Lia) tumbuh besar πŸ˜† Wk. To be honest, nggak sangka bercampur kagum dan salut lihat program Lia dan mba Jane bisa tahan sampai satu tahun dengan 15 episode total, it's cool, genks~! 😍

    Ohya, favorit kakak yang pertama (ada kakak tulis di kolom komen mba Jane ugha) itu yang JaneXLia di blog mba Mega. Topiknya cucok untuk kakak about pekerja, dan habis baca itu langsung beli buku rekomendasi mba Jane dan Lia hahahaha. I bet, next JaneXLia season 2 nggak akan kalah seru dari season 1-nya kaaaan, harus bersabar nih kakak ada jeda 2 bulan soalnya πŸ˜‚

    Once again, congrats mba Jane and Lia. So proud of youuuu πŸ₯³πŸŽ‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ semoga nanti Kak Eno bisa suka juga dengan bukunyaaa! Siapin tissue takut kalau sedih bacanya wkwkwk

      Terima kasih banyak Kak Eno ♥ *kirim peluk dan cium untuk Kakak*. Terima kasih karena selalu mendukung JanexLia selama ini~ it means a lot for us!!
      WKWKWK seketika aku merasa sepantaran dengan Josh 🀣 *nggak sadar diri*

      Hwaaa! Senang dengarnya kalau postingan yang itu jadi favorit Kak Eno juga πŸ™ˆ. Semoga cocok buku-buku rekomendasi dari kami untuk Kak Eno ya ♥. Dan tentunya JanexLia seasons 2 nggak kalah seru (semoga), jadi tunggu kami kembali ya 😝

      Hapus
  6. Liaaa udah lama nggak bersapa salam. Isshhh. Sinyal Di Medan nyebelin banget.

    JanexLia keren sih. Berkat kalian. Saya jadi bisa milihin buku yg cocok buat Bapa'ke. Hoho.

    Buat Mba Thessa juga. Selamat atas peluncuran bukunya. Doakan semoga perjalanan membaca saya semakin hari semakin membaik ya.

    Btw Li. Ini 2 bulan bakal hiatus dari blog juga kah?? Kalau iya. Yaahh, bakal kangen deh. But its okay. Jaga kesehatan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAI ANDREW APA KABS?! Gimana di Medan? Sudah makan berapa truk durian sampai hari ini? Wkwk
      Sinyal di Medan susah kah? Mungkin posisi Andrew berada kurang tinggi? Coba naik tangga dulu sewaktu ingin BW 🀣

      Ikutan senang bacanyaaa 😭😭 Semoga racun-racun dari kami cocok untuk Om Chan πŸ˜­πŸ™

      Umm ada kepikiran untuk istirahat, tapi sepertinya nggak bisa 🀣 nanti kalau aku istirahat, siapa yang akan jungkirbalik heboh di dunia blog? WKWKWK jadi tenang sajaa~ belum akan hiatus dalam waktu dekat kok πŸ™ˆ *N.B kecuali kalau tiba-tiba aku berubah pikiran ya πŸ€ͺ*

      Btw Andrew kapan pulang dari Medan? Nggak kangen sama Bayu? Wkwk

      Hapus
    2. Kabar Baik dong Li. Asik Li seru. Hahah. Tahu aja di sini banyak duren. Nggak mau balik sebenarnya. Huahah.

      Fiuh Alhamdulillah. Nggak kebayang Dunia Blogger kalau nggk ada Lia. Wkwk. Jangan terbang Yes..

      Sudah pulang Li. Seminggu yg lalu. Haha. Kangen Caca sebenernya. mau tak ajak buat ketemu si Pie. Siapa tahu bisa jadi teman juga.

      Hapus
    3. Caca ketemu Pie auto di lahap kayanya... 🀣🀣 dia aja kalau ketemu aku berasa kaya lihat daging dinuk-dinuk yang siap di terkam.. 🀣🀣

      Hapus
    4. Hi Andrew! Ini aku baru balik lagi habis terbang meluncur ke Pluto kemarin karena Andrew bikin aku terbang 🀣🀣

      Btw, Pie itu ikan kah? Ini sepertinya aku ketinggalan cerita soal Pie 😭😭

      Hapus
  7. Kayaknya udah lama banget enggak lihat orang menyebut buku The Secret. XD Itu bacaan saya zaman baru masuk kuliah deh. Dikasih tau sama seorang teman. Sayangnya, pemahaman tentang isi buku itu sudah buyar semua karena pengaruh filsuf Jerman, Arthur Schopenhauer. Saya justru jadi suka memandang dunia dengan pesimis seperti esai-esai yang beliau tuliskan. Haha.

    Sepakat sama Mbak Thessa, adanya platform digital, khususnya iPusnas yang gratis, membuat saya bisa menikmati berbagai bacaan baru. Saya bisa juga mengakses sebagian penulis luar negeri, yang tadinya boro-boro bisa dibaca karena harga per buku impor itu bisa 200-300 ribuan. :(

    Kalau episode favorit sebagai pembaca atau penyimak, tentu saja yang akhirnya saya menang buku darimu. :p

    Selamat satu tahunan JanexLia. Yuhu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri belum pernah baca buku The Secret ini, tapi jujur sering lihat buku ini direkomendasikan oleh para influencer mindfullness gitu. Jadi benar ya, buku ini memang memberikan efek positif yang besar meskipun akhirnya Kak Yoga lebih suka yang kebalikannya 🀣

      Setujuu! iPusnas ini benar-benar seperti dewa penyelamat, terlebih lagi untuk orang-orang di luar Pulau Jawa yang akses membacanya sulit. iPusnas ini ngebantu banget dan koleksinya juga banyak sekaliii~ sayangnya untuk buku best seller, rasanya stock buku sedikit sekali sampai harus rebutan seperti antri sembako πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Huahahaha terima kasih ya Kak Yoga sudah mampir dan meninggalkan komentar di postingan kali itu 🀭 siapa sangka ternyata memang sedang hokinya Kakak saat itu 🀭

      Hapus
  8. Wuhuuu satu tahun Liii 😁?? Bnerann?? Cepatt bangett ya.. tahu² udah anniversary aja 😁 jadi inget aku mulai ngikutin JanexLia itu sekitar bulan November 20 kalau nggak salah. Bulan November/oktober tuh bulan kita mulai saling sapa. Dan nggak nyangka bisa bertahan smpai skrang πŸ˜ŠπŸ˜… I'm so glad bisa kenal Lia dan juga yg lainnya..

    Jujur JanexLia buat aku bawa pengaruh yg cukup besar dalam Journey membaca aku.. varian bacaanku pun makin jadi variatif smpe skrang.. jadi terimakasih ya udah bikin project seru²an..

    Aku tunggu dengan sangat Season 2nya.. hehe 😁😁

    Untuk Mba Thessa.. 1 kata sih. MBA KERENN 😁 sih. Perjuangan Mba buat nelurin karya di tengah² kesibukan bikin aku pelongo salut 😁😁

    Akhir kata
    Happy Anniversary JanexLia... jangan bosan buat meracuni kita buku² yg lain ya.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak berasa banget tahu-tahu setahun telah berlalu, Bay 😭. WKWK kok Bayu masih ingat saja sampai tanggalnya juga? OEMJI daya ingat Bayu hebat sekali πŸ₯ΊπŸ‘πŸ€™. Me too!! Aku juga senang bisa kenal Bayu dan teman-teman bloggers lainnya! Awal memberi komentar masih malu-malu, lama-lama jadi receh bersama 🀣. Terima kasih juga sudah ajak Toni dan Andrew hadir di dunia bloggers πŸ™ˆ Aku senang melihat interaksi kalian! Kalian kompak banget πŸ₯Ί

      Thank you so much Bayu sudah selalu hadir di setiap postingan JanexLia πŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯Ί aku ikut senang setiap kali membaca kalau Bayu atau teman lainnya juga suka dengan buku yang kami rekomendasikan. Rasanya seperti tertimpa durian runtuh πŸ€£πŸ™ˆ

      Siaaapp!! Ditunggu racun-racun buku lainnya ya! Kedepannya, harap persiapkan lahir dan batin dengan baik πŸ€ͺ

      Hapus
    2. Iyahh dong. Ada bakat cenayang soalnya πŸ˜›..

      Hahah. Iya Li. Masih malu² gtu dlu mah.. ehh skrang udah ceplas ceplos aja yakk.. πŸ˜‚πŸ˜‚ nggak nyangka udah setahun aja.

      Atuhhh sakit geh kalau ketimpa durian. Ewkwkw.
      Lohhh, wahhh jadi nggak sabar.. kira² kejutan apa yg akan datang hingga aku kudu persiapkan lahir dan batin.. wkwk πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
  9. Dulu awal pertama main ke blognya Lia dan liat ada postingan JaneXLia, dengan lugunya saya bacanya bener-bener Janex Lia hahaha, ternyata Jane X Lia, ya namanya juga belum kenal kan, baru beberapa kali main :-D
    Selamat udah menempuh setahun buat Lia sama Mbak Jane ya, semoga terus konsisten apapun yang terjadi :-D

    Enaknya jadi Mbak Thessa, orangtuanya dukung hobinya Mbak Thessa yang suka baca, bahkan sampai diakasih waktu ngubek2 Gramedia :-D
    Salut juga sama Mbak Thessa yang tetep nyempetin baca buku di sela2 berangkat kerja dan sebelum tidur. Saya yang di sekolah banyak waktu santainya kadang meskipun udah bawa buku di tas tetep aja jadinya cuma wacana, lebih suka scroll2 sosmed nggak jelas...

    Selamat buat Semangat, Tante Sasa! yang udah terbit ya Mbak Thessa~~ belakangan ini kayaknya lagi jadi perbincangan di mana-mana, keren banget asliii ~ :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bacanya Janex Lia ya kang, bukan Jane x Lia hehehe
      aku juga bacanya kmren gitu. Janex Lia. Tapi biarin deh, orangnya jg ga tau hehehee


      Btw, selamat buat mba Jane dan Mba Lia udah enip setahun nih. Yuhuuuu...

      Hapus
    2. @Kak Edot: WKWKWK duh, aku ngakak baca cerita Kakak 🀣 itu polos sekali ya pemikirannya!! 🀣🀣🀣 bersyukur karena segera tersadarkan kalau sebenarnya itu Jane X Lia. Kebayang semisal someday ada kopi darat, nanti Kak Edot bingung sendiri yang mana yang namanya Janex 🀣🀣

      Godaan scroll medsos memang godaan terberat melebihi godaaan untuk makan saat sedang puasa ya, Kak 🀣

      Hapus
    3. @Dodo: WKWKWK harusnya nggak usah bilang-bilang Dooo jadi kami nggak tahu 🀣 sekarang karena sudah tahu, rasanya ingin pentung kepala Dodo! WKWKWK #becanda
      Terima kasih atas ucapannya, Do πŸ™ Terima kasih atas dukungannya juga selama ini kepada konten JanexLia. Terima kasih banyak pakai banget πŸ™ˆ

      Hapus
  10. Wuaaaa, JanexLia udah 1 tahun yeeeyy!! Perasaan baru kmren aku baca postingan pertama JanexLia, dan waktu itu aku kira postingannya bakal selalu tentng review buku. Ternyata ga hanya review ya Mba Jane, tp juga ngobrol2 asik juga. Dan favorit aku adalah yg reading journey. Selalu sukaaa baca pengalaman orang dg buku soalnya aku tuh 😍😍
    Keren banget jg konsistensinyaaa πŸ’–πŸ’– Dan setau ku ngikutin sejak dr episod 1 jg ga ada yg telat tayangnya, atau jd didouble sama bulan berikutnya gitu loh. Hehehe..

    Trus yg ngobrol2 bareeng, aku ga tau lagi gimana bilang makasinyaa buat Mba Jane dan Lia, saking serunya kita bertiga hangout. Mungkin klo Tafiya ga rewel ngantuk n minta nyusu, aku bakal lanjuut teruuus. Hehehe.. Susah soalnya pake laptop sambil ngetik, sampe dibantuin Talitha, yg berujung dia ngobrol bareng sama tante2nya yg seru bgd ini πŸ˜† Tante Lia, Talitha nanya, kapan online di Roblox biar bs main bareng? 🀣 dia udah add friends katanyaa. Hahaha..

    Aku jg mau makasiii ssma komen2 di atas aku. Mungkin iya juga, bisa nulis ujung2nya efek pernah kekunci dinperpus dan ditinggal berjam2 di Gramedia kali yaa 🀣🀣. Hehehe. Makasi banyak Mas Edot, Mas Bayu, Mas Andrew, Mas Yoga, Mba Eno, Mas Jaey, Mba Reka dan Mba Endah πŸ’–πŸ’–

    Aku duduk manis di sini nunggu Janexlia tayang lg bulan depan, eh tahun depan maksudnya.. πŸ˜†πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Thessa!! Terima kasih banyak karena selama ini selalu ngikutin tulisan-tulisan kami 😭♥ it means a lot for us ♥♥. Akupun sendiri nggak menyangka kalau bisa sekonsisten ini sampai akhirnya bisa 1 tahun berkolaborasi dengan Ci Jane 😭. Bahkan niat awalku hanya ingin review-review buku aja gitu lho, Kak~ tapi seiring berjalannya waktu eeeh ada aja ide-ide menarik yang muncul πŸ™ˆ

      Hihihihi nggak apa banget, Kak Thessa! Aku berterima kasih banget karena Kakak sudah menyempatkan diri untuk mau hadir dan diajak ngobrol sama kitaa, padahal Kakak harus urus anak juga 😭. Kemarin lupa bilangin kalau bisa online di hp juga! Astagaa, telat banget sih aku ini ngasih tahunya 😭 lupa banget, maafkan hiksss.
      Tapi nggak apa, aku jadi ada kesempatan buat kenalan juga dengan Talitha! Gemes banget sama jawaban Talitha wkwkwk. Oiyaaa! 🀣 Siap Talitha! Nanti aku buka akun Robloxku πŸ™ˆ aku akan colek Talitha di sana kalau sedang bisa main wkwkwk

      WKWKWK ternyata buah dari kekunci di Perpus dan ditinggal berjam-berjam di Gramedia membuahkan hasil yang manis ya, Kak Thessa 😝

      Hapus
  11. Wihhh. Happy Anniversary JanexLia. Kalian luar biasa. Buku-buku rekomendasinya, nih πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ empat jempol buat Lia dan Mba Jane. Apa mau sepuluh? Nihh πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Wkwk

    Jujur, semenjak kenal Lia dan blogger lainnya. Kegiatan membaca mulai naik ke permukaan lagi. Kini sebelum tidur, pasti nyempetin buat lanjut baca buku. Sebulan bisa lah 2 buku.

    Terimakasih ya.

    Dan teruntuk Mba Thessa. Satu kata Hebat banget. Semangat Tante Sasa sungguh karya yg luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sepuluh jempol, gimana cara kasihnya, Toniii? πŸ€ͺ. Btw terima kasih banyak atas ucapannya!!

      Asik asikk! Ikutan senang bacanyaaa! Barangkali nanti Toni mau balas ngeracun, boleh banget lhoo bisikin buku apa yang recommended by Toni. Aku dengan senang hati siap diracun wkwkwk 😁
      Barangkali bisa jadi bookdate juga sama si Babynya Toni 😝 bookdate ke toko buku gitu~ atau ke perpusnas~ atau ke coffee shop sambil baca buku bersama πŸ™ˆ

      Hapus
  12. *Semoga gak telat*

    Happy anniversary JanexLia! Konten yang aku tunggu-tunggu karena ada aja pasti yang diceritain ke kita-kita. Apalagi ada 2 sudut pandang yang kadang bisa beda banget tapi kadang selaras juga. Semoga kedepannya akan terus jalan yaa sampe panjaaang banget 😍

    Baca perjalanan Mba Thessa nulis tuh emang seru ya. Aku kagum banget sama Mba Thessa dengan segala kesibukannya tetep bisa nulis dan bisa baca buku juga! Salut banget! Untungnya aku gak pernah ngalamin tuh kekunci di perpustakaan. Seringnya sih "diusir" secara halus karena selalu tinggal sampe perpustakaan mau tutup πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak telat banget, Kak Tikaaa!~ ini makanan prasmanannya masih ada stock banyakk! Ayo silakan diambil, jangan malu-malu 😝

      Terima kasih banyak untuk ucapan dan doanya, Kak Tika ♥ Semoga nggak bosan ya kami racuni terus setiap bulan huahaha.

      Aku juga salut bangettt sama Kak Thessa! Bisa membuat sebuah karya lewat ponsel aja, ini keren banget sih buatku πŸ₯Ί
      Wkwkwk gimana cara diusir secara halusnya waktu itu? Pustawakannya sengaja batuk-batuk gitu kah? 🀣

      Hapus
  13. ciyusannn ini udah setaun aja ya, astagahhh kayak baru kemarin rasanya ya. Tapi kalau diingat ingat rasanya emang udah lama hehehe

    baideweiii happy anniv untuk JaneXLia di acara per-collab-an ini, kalau aku ditanya sesi mana yang jadi favorit. Aku suka semua. Semuanya bikin aku jadi banyak bahan renungan, eahh renungan hahaha, bahan pertimbangan juga kalau mau beli buku. Dan ini yang bikin aku tambah bingung, tiap masuk ke Gramedia, mondar mandir tiap rak, terus balik lagi mondar mandir, dan bingung mau ambil yang mana wkwkwk. ini seringbanget terjadi


    dannn mbak Thessaaaa,luv banyak buat mbak Thessa, semangatnya ruarr biasa pokoknya. ini yang bikin semangat aku balik buat ngedraft novel (tapi ga jadi jadi) wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai haiii peri kecil
      lagi pengen komen lagi di blog ini hahaha
      kangen tauuu #apasihhh hahaha
      habis baca komenan lia di blog mba eno, terus masuk ke blog lia, terus ya komen lagi aja, ninggalin jejak sambil nunggu post baru :D

      Hapus
    2. Hai hai Kak Ainun! Kakak sampai balik lagi ke sini dong, yaampun aku jadi tak enak karena baru sempat online dan balas-balas komentar 😭 LOVE YOU KAK AINUN! ♥ Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk bolak-balik ke sini πŸ™ˆ

      Huahahaha boleh lho colek aku di email kalau semisal Kak Ainun lagi di Gramedia dan bingung pengin beli yang mana 🀣. Kebalikan dari aku, aku kalau ke Gramedia malah pengin borong semuanyaa tapi bingung karena uangnya nggak ada 🀣 #plakk

      Hapus
  14. Happy (belated) Anniversary, JanexLia!! *tebar confetti*

    Karena pernah tiga tahun tinggal di provinsi yang sama dengan Ica (panggilan Thessa di dunia offline XD), jadi nostalgic sama Gramedia-nya. Hahaha.
    Jadi pelajaran juga, kalau emang ada niat dan mau usaha, working mom anak tiga juga ttp bisa bikin novel *prokprokprok*

    Btw, aku paling suka postingan Page Turner Books di JanexLia :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Kak Hichaaa πŸ™ˆ terima kasih sudah selalu hadir dan menyempatkan diri untuk meninggalkan komentar di postingan JanexLia πŸ€— it means a lot!!

      Waiitt, apakah itu artinya Kak Hicha dan Kak Thessa adalah teman dari masa kecil? πŸ‘€ soalnya aku kalau melihat Kakak-kakak saling reply komentar tuh kayak udah temenan lama gitu wkwkwk.

      Betul banget! Kalau ada niat dan usaha, segala cara pasti dikerahkan untuk bisa mencapai tujuan ya, Kak πŸ™ˆ Sama seperti Kak Thessa yang bisa sempet-sempetin menulis novel lewat hp 😍 untuk hal ini sepertinya Kak Thessa layak menerima 10 jempol 😍

      Hapus
  15. WUhuuu~ ga kerasa yaa aku ngikutin JanexLia dari awal tau-tau sekarang udah setahun ajaa πŸ˜†

    Pengalaman aku ada yang sama kayak Mba Thessa, waktu orangtua belanja bulanan, aku sama adik ditinggal di spot buku, di tempat belanjanya ga ada toko buku khusus, tapi ada spot buku gitu barengan sama stationary. Biasanya udahnya juga boleh beli masing-masing satu buku πŸ˜†

    Postingan JanexLia kesukaanku kayaknya yang Q&A deh, karena bacain Q&A tuh selalu seruuu aja gitu πŸ˜†

    Lia padahal nulis topik apa aja bisa menarik, kayak yang waktu nulis soal kucing atau jalan-jalan random gitu, jangan hiatus Liii πŸ₯Ί

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu JanexLia sekarang sudah bisa makan nasi dan jalan sedikit-sedikit, padahal rasanya baru kemarin bisa tengkurep 😭 *dikata anak bayi kali WKWK*. Anyway, terima kasih banyak Kak Eya karena selalu ngikutin JanexLia!~ Semangat dari Kak Eya bikin kita bertahan sampai sejauh ini 😍 much love untuk Kak Eyaaa πŸ€—

      OEMJIII, asik banget nggak sih waktu masa-masa itu? 😍. Kalau aku dulu waktu papa mama belanja bulanan, aku ditinggal di arena playground gitu dan dipersilakan merusuh sampai berjam-jam dan begini lah hasilnyaa, suka merusuh sampai besar 🀣🀣🀣

      Wkwkwk couldn't agree more karena aku juga suka banget bacain konten QnA gitu!! Toss dulu lah Kak Eyaa πŸ™‹‍♀️

      Awww, Kak Eyaaa!! Aku jadi terharu 😭😭. Nggak, aku usahakan untuk tidak hiatus! Ini sudah 2 minggu lebih nggak nulis dan interaksi dengan teman-teman di blog aja rasanya udah rindu berat 😭, jadi kayaknya aku nggak kuat kalau harus hiatus berbulan-bulan 🀣

      Hapus
  16. Happy anniversary JanexLia
    Seperti biasa reviewnya tentang mbak Thessa keren meskipun panjangπŸ˜… Semangat menulis selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much, Kak Phebie 😘
      Dibuat panjang agar para fans Kak Thessa bisa puas melepas rindu wkwkwk

      Hapus
  17. Happy anniversary buat JaneXLia πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸ’ƒ.... Ga berasa bangeeeet memang yaaa. Waktu THN ini berjalan ngebut memang...

    Aku suka semua sih tulisan2 kalian. Karena toh beragam topiknya. Daaaaan karena ini berkaitan dengan buku, itu bikin aku jadi jauuuuh lebih suka lagi :D. Buat pecinta buku, semua topik ttg buku pasti menarik. Aku jadi banyaaaak dapat referensi bacaan yg genrenya bener2 bertolak belakang Ama genre favoritku. Tapi bukan berarti aku ga bakal nyentuh, justru genre2 yg beda, aku msh suka baca, walopun memang setelah dibaca ada bbrp yg aku jadi tahu ga akan cocok dengan genre begitu 🀣. Yg penting udah tahu dulu 😁.

    Buku mba thessa udah sampai jugaaaa di aku. Ga sabar mau baca, tapi aku harus namatin 4 buku yg udah antri bakal aku review di IG ku. Setelah itu selesai, baru bakal ngereview buku mba thessa :D.

    Jangan kelamaan kalian liburannya yaaaa, Januari balik kaaan πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Fanny!! Astagaaa, aku kangen sama Kakak 😭😭😭 maafkan aku baru sempat balas komentarnya setelah hampir 2 minggu lebih hiksss hikss.

      Terima kasih atas ucapan dan support dari Kakak selama ini untuk JanexLia πŸ˜πŸ€— it means a lot!!
      I can relate!~ akupun suka sekali sama semua topik tentang buku dan nggak jarang malah jadi keracunan kepengin baca juga πŸ˜†. Kak Fanny sekarang sudah selesai baca buku Kak Thessa belum? πŸ‘€

      Hihihihi tenang aja, kami liburnya nggak lama-lama kok, Kakk. Mudah-mudahan Januari tidak ada halangan untuk JanexLia kembali πŸ™ˆ

      Hapus
  18. Selamat yaa lia untuk satu tahunnya. Cepet juga..hahahaa
    Selamat istirahat juga, semoga tahun depan bisa dilanjutkan dengan ide yg lebih seru. Sebagai orang dg sedikit referensi genre buku bacaan, sangat terbantu dengan adanya kolaborasi ini...hihihii

    Wah, pengalamanya mbak thessa sungguh menarik dan jadi sebuah perjalanan panjang dalam membaca dan akhirnya menghasilkan karya beberapa buku. Semoga bisa terus menghasilkan buku-buku πŸ˜„πŸ˜„

    Kalau ingat the secret, jadi ingat law of attraction. Yaa emang sekuat itu kekuatan sebuah pikiran. The secret emang banyak mempengaruhi hidup orang. Bacaan yang lumayan berat πŸ˜…

    Baru bisa mampir..hahaa..maaf yaa lia πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Rivai, dimaafkan karena baru bisa mampir huahaha. It's okay banget, Kak Rivaiii. Tenang aja, paling nanti absen Kak Rivai aku kasih minus 10 karena terlambat mampir ke sini πŸ€ͺ *kidding

      Anyway, terima kasih banget atas ucapannyaaa! Semoga ya semoga banget tahun depan kami bisa menyajikan konten-konten yang lebih seru πŸ™ˆ Nanti Kakak ikut berpartisipasi juga yaa!! #nodong

      Oiyaaa, The Secret itu kayaknya membahas tentang Law of attraction deh #sotoy #padahalbelumpernahbaca soalnya pas Kak Thessa ngomong, aku juga langsung kepikiran ke arah sana dan waittt, kok Kak Rivai tahu soal Law of Attraction?! Jarang-jarang ada yang tahu soal hal ini lhooo wkwkwk keren bangettt bisa tahu jugaaa!!

      Hapus
  19. Woaaaw... Mantul kali kak Thessa sampai dapat penghargaan dari bupati looh saking rajin baca buku.
    Tapi apesnya malah jadi kekunci di dalam perpustaan ya.. Itu pustakawannya tau kak Thessa masih di dalam dari siapa?
    Kebayang sih paniknya gimana.. Apalagi masih SD kan..

    Aku juga sependapat sama kak Thessa juga... Waktu perjalanan pulang pergi kantor tuh bisa banget buat baca buku!! Jadi ga berasa eh tau-tau uda sampe rumah hehe

    BTW happy birthday yaaa buat program JanexLia!!! Good job kalian berduaa!!! 😍 Sungguh konsisten menelurkan tulisan-tulisan tiap bulannya sampai satu tahun... Mantulitaa 🀩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ci Friscaaa!!~

      Mungkin Kak Thessa waktu itu sempat gedor-gedor pintu, that's why pustawakannya bisa tahu ada orang di dalam? Wkwk soktau banget aku 🀣

      Yess!! Kalau nggak mabuk darat, bisa banget baca buku saat sedang di perjalanan kantor-rumah. Aku banyak baca pengalaman orang mengenai hal ini dan ternyata banyak juga yang melakukan cara seperti ini hihihi. Ci Frisca juga salah satunya yaa?

      Huuhuhu terima kasih banyak atas ucapannya, Ci Frisca πŸ€— terima kasih juga atas supportnya selama ini terhadap JanexLia, sungguh sangat berarti untuk kami ♥

      Hapus
  20. perasaan kayak udah komen disini :D.ooooo atau mungkin komen di postnya mba jane, jadi terbayang-bayang hahaha

    baideweiiiii hepi anniv untuk collab bareng mbak Jane, rasanya kayak baru kemarin aja ya bikin collabnya
    dan nggak nyangka ternyata udah setaun, amazing banget ini

    wahhh aku samaan kayak mba Thessa, kenal mesin tik waktu SD itupun dikantor bapak aku. jadi mungkin sejak itu, aku terbiasa buat nulis kali ya hahaha

    kagum sama mbak thessa, semangat nya luar biasa, jadi terpacu juga pengen selesain draft buku sendiri. hiks tapi kapan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha apakah karena kami mirip jadi membuat Kak Inun terbayang-bayang? 🀣

      Terima kasih Kak Inun karena selalu hadir di blogku!! Aku senang banget bisa kenal dengan Kak Inun yang ramaah banget ♥

      Kak Inun sedang menulis draft buku?! OEMJI SO COOL!! Ayo lanjutkan Kak Inun! Mungkin bisa dipakai metode Kak Thessa, menulis di hp dulu gitu. Semangat!! Nanti kalau sudah siap dibaca oleh publik, please let me know!! πŸ₯Ί

      Hapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.