In Love by Amy Bloom.



Bagaimana rasanya ketika kita tahu bahwa pasangan atau orang terdekat kita terdiagnosa terkena Alzheimer? Dan bagaimana rasanya ketika orang yang kita kasihi tersebut memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sesegera mungkin? 

Amy Bloom di buku In Love menuliskan kisahnya bersama sang suami, Brian, yang terdiagnosa Alzheimer dan ingin mengakhiri hidupnya. Brian sesungguhnya tidak ingin untuk mengakhiri hidupnya, tapi dia lebih memilih untuk meninggal dalam kondisi dimana dia masih "dirinya sendiri" dibandingkan ketika nanti pada kondisi dimana dia udah nggak ingat apa-apa lagi. Amy dengan segala kepedihan atas keputusan Brian, akhirnya bersama mencari cara agar Brian bisa mengakhiri hidupnya di dalam damai dan dalam "dignity" (martabat/harga diri) yang kemudian mengarahkan mereka kepada organisasi yang membantu orang-orang untuk mengakhiri hidupnya secara legal. Organisasi ini dikenal dengan nama Dignitas yang berada di Zurich, Swiss. 

Proses pengajuan aplikasi yang tidak mudah, seringkali membuat Amy mencari alternatif lain untuk membantu mengakhiri hidup suaminya (yang akhirnya nggak pernah dicoba sama sekali karena berbagai alasan). Sampai akhirnya beberapa bulan kemudian mereka mendapatkan lampu hijau dan akhirnya mereka pergi ke Zurich untuk melakukan apa yang diinginkan oleh Brian 😭. 

Buku ini selain menceritakan tentang proses menuju kematian Brian, juga menceritakan masa-masa lalu mereka dan kepribadian Brian. Brian yang suka olahraga, ramah kepada orang dan bagaimana Brian dan Amy bertemu sampai masa-masa ketika Brian mulai kehilangan ingatannya.

Kesan pertamaku setelah membaca beberapa halaman awal buku ini adalah.. banjir air mata 😭. Membayangkan berada di posisi Amy, rasa-rasanya aku nggak akan sekuat Amy 😭. Menuju pertengahan buku, ceritanya nggak sesedih awal pembuka, namun ada rasa penasaran yang membuatku terus bertahan membaca buku In Love. Semakin mendekati hari kematian, apalagi sewaktu hari-H, benar-benar nggak bisa berhenti nangis 😭. 

Buku ini ditulis dengan sangat mengalir dan dalam bab-bab pendek. Alurnya cepat sehingga bisa diselesaikan dalam waktu singkat (tapi after effectnya sungguh tidak singkat 😂).

Aku tahu nggak banyak orang yang akan sanggup untuk membaca buku ini, oleh karena itu aku nggak berani merekomendasikan ke banyak orang, tapi aku ingin bilang bahwa ini salah satu memoir terbaik yang aku pernah baca 😭👏.

Dari buku ini, we will learn about bagaimana "mencintai sampai akhir" dan bagaimana perjuangan cinta itu benar-benar bukan hanya di saat senang, tapi juga di saat susah. Kita juga bisa melihat bagaimana support dari orang-orang di sekeliling sangat membantu Amy dalam melalui hari-harinya karena dia sendiri mengalami posisi dilematis dimana dia tidak mau kehilangan Brian, tapi juga harus mendukung keputusannya demi kebaikan bersama. What a heartbreaking story! 💔

Kalau kalian suka buku memoir yang heartbreaking dan bikin nangis-nangis, try to read this book. Kalau nggak kuat dengan buku yang sedih-sedih dan mudah kena trigger karena pembahasannya (suicide), you can skip this one and it's okay!

At the end, In Love adalah salah satu memoir tentang cinta dalam segala kondisi yang membuka mata dan empati pembaca. 

I don't want to end my life, he said, but I'd rather end it while I am still myself, rather than become less and less of a person.

May Brian rest in peace.

16 komentar

  1. Dan aku baca review ini dengan mata yang berkaca-kaca. Ceritanya pasti sedih banget sihhh.. Dan jujur aku kepengen baca.. 😥 Liaa kalau baca buku sedih pernah smpe yang bikin tumpah banget nggak?? Semisal udah kepengen tumpah, Liaa biasanya ngapain?? Take a break buat numpahin atau cari hal lain biar rasa sedihnya teralihkan...

    Btw, soal Alzheimer tuh sedih banget sih... Aku pernah nnton youtube di channel Hiho Kids. Itu anak-anaknya dipertemukan sama penderita Al-zheimer.. Ya Ampunnn sedih banget Lii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur akupun waktu awal baca blurbnya juga berkaca-kaca karena kebayang kisahnya pasti sedih berat 😭. Ayo bacaaa! Aku pikir Bayu pasti sukaa! Bisa beli di Post Press di Tokped seandainya Bayu mau beli 😄.

      Pernah sampai nangis banget!! Bisa dibilang cukup sering soalnya aku agak cengeng 🤣. Kalau pas lagi di rumah, dihajar terus bacanya sambil nangis-nangis ingus bleber WK. Kalau pas lagi di tempat umum, berhenti dulu bacanya biar nggak netes air matanya sambil kedip-kedip cepet 🤣. Kalau Bayu gimana? Pernah nggak? Gimana cara Bayu menyikapinya?

      Aaah! Ngebayanginnya kok sedih banget 😭 tapi memang orang-orang yang kena Alzheimer kasihan sekali, Bay 😭. Btw, aku jadi pengin nonton video youtubenya! Brb meluncur!

      Hapus
    2. Sama Lii. Aku yg tipe perasa sering banget mewek semisal ngeliat yg sedih2 🤣.. wkwk.
      Semisal sedihnya banget yang bikin mewek, biasanya aku berhenti dlu buat ngeluapin perasaan.. hahah. Smpe beres, terus lanjut lagi sambil terisak2... wkwk 🤣 udah lama nggk nikmatin buku yg bikin mewek banget. Terakhir tuh kalau nggak salah Seribu Wajah Ayah..

      Cuma itu kalau lagi di rumah sendiri.. kalau di tempat umum biasanya tak tahan meskipun susah ya. Kaya pas nnton Film Miracle in cell number 7.. ahhaha 🤣 susah banget nahannya. Untung gelap jadi sabodo amat dah..

      Dulu sempat ada pikiran kaya "Pria tapi kok cengeng.." tapi skrang aku udah nggk peduli. Hahah. Lagipun dengan begini aku jadi bisa tahu kalau hatiku masih berfungsi atau nggak 🤣🤣

      Hapus
    3. Wkwk sama banget, Bayu!! Aku juga begitu 🤣. Kalau baca buku tentang orangtua tuh ter-paling-paling bikin mewek 🥲. Aku sampai sekarang belum berani baca Seribu Wajah Ayah karena udah kebayang bakal sedih banget 😖

      Gpp banget!! Mau cowok atau cewek, semuanya punya hak untuk nangis 👍🏻. Wkwk jadi masih berfungsi 100% kan hatinya Bayu? 🤣. Miracel in Cell sih parah! Itu nonton trailernya aja udah bikin banjir air mata 😭. Aku yakin 1 studio nangis semua sih itu atau paling minimal ya matanya merah 🤣

      Hapus
  2. Wah, kutipan penutupnya bagus juga. Salin ke notes ah. Haha.

    Kalau dari komentar Mbak Lia sih kayaknya kisahnya seru (btw salam kenal, Mbak Lia). Kapan-kapan coba cari deh, kayaknya bakal banyak renungan buat muhasabah diri. Hehe.

    Rest in peace, Mas Brian 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Kak Gigip 😄. Terima kasih sudah berkunjung!
      Ini buku yang bagus dan cocok buat pengingat diri + menambah empati. Semoga cocok dengan Kak Gigip!

      Hapus
  3. Liiii aku udah tertarik banget mau baca pas Lia tunjukin di instagram deh kayaknya ya? Kok kayaknya bagus dan menyentuh banget.... apalagi aku belom pernah nih baca memoir tapi yang ini kayaknya emang ngenes gitu... pengen baca tapi takut juga nangis bombay gitu 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, aku pernah share di IG, Kak Tika 🙈
      Beneran bikin nangis bombay di awal dan akhir, tapi bagus kalau ingin tahu lebih soal lembaga ini 👍🏻. Cuma ya itu, harus prepare mood dengan baik sebelum dan setelah membaca karena damagenya lumayan 🤣

      Hapus
  4. Aku cukup baca reviewmu. Itu aja udh mulai berasa cekit2 cekit sedih. Ngebayangin aja aku di posisi itu. Ga akan kuat. Apalagi hrs ikhlasin dan bantu cari segala macam informasi ttg itu..

    Bisa lama aku keingetnya Li. Beneran deh, mending kebayang film horor super seram drpd cerita super sedih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menjadi ikhlasnya itu ya susah banget, Kak Fanny 🥲. Makanya Amy ini hebat banget ya. Aku sendiri ga akan kuat kayaknya 🥲. Baca cerita sedih bekasnya lama banget hilangnya sih, Kak 🤣 mood langsung drop tapi ceritanya bagus 🤣

      Hapus
  5. Sedih yah bukunya, takut bacanya kebawa perasaan 😁

    BalasHapus
  6. aku ngebayangin jadi Amy, pasti berat banget. Istilahnya kayak "mengantarkan" suaminya menuju kematian, ya meskipun pada akhirnya suami akan pergi duluan.
    Sampe cari cara untuk melegalkan kematian. Sedihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti berat banget!! Aku ngebayanginnya aja ga kuat, Kak Inun 😖. Apalagi pas hari-hari terakhirnya, yaampun sedih banget 😭

      Hapus
  7. Kayaknya emg banyak yang bisa bertahan ketika susah kemudian bubar saat hidup lebih sejahtera. Semacam kejutan gaya hidup kali ya

    BalasHapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.
My Melody Is Cute