My Korean Wave Journey.

Photo by Aleksandar Pasaric from Pexels

Setelah membaca tulisan Kak Endah yang ini juga karena habis beli BTSmeal kemarin, aku jadi ingin menuliskan bagaimana awal mulaku bisa kecemplung di dunia per-Korea-an seperti sekarang ini 🀣.

Pertama kali tahu soal Korea-korea-an, dimulai saat aku masih SD. Waktu itu seingatku, boyband girlband belum sehits sekarang, dulu lebih ke dramanya dan aksesnya juga belum semudah sekarang. Dulu saat aku SD, pertama kali nonton drama lewat CD yang dibeli oleh kakak sepupuku dan itu adalah dramanya Song Hye Kyo, bisa nebak nggak yang judulnya apa? Wkwk. Tentunya yang Endless Love (Autumn in My Heart), drama Korea pertama dan drama pertama Song Hye Kyo yang aku tonton. Setelahnya, aku baru nonton drama Song Hye Kyo lagi pas DOTS (ini juga nontonnya nggak full) πŸ˜‚. Waktu nonton Endless Love, aku masih berumur di bawah 10 tahun, tapi drama itu sukses meninggalkan kenangan mendalam di kepalaku, apalagi kalau bukan karena setiap episodenya yang menguras air mata 😭.

Setelah berhari-hari maraton nonton Endless Love, aku nggak pernah nonton drama Korea lagi karena pada masa itu lebih hits drama Taiwan. Jadi, aku lebih sering nonton drama Taiwan sampai tiap sore nongkrong depan TV biar nggak ketinggalan nonton drama lumba-lumba (At The Dolpin Bay) sama Meteor Garden 🀣. Setelah masa-masa drama Taiwan berlalu, kayaknya masuk ke-era Telenovela dan Bollywood, jadi, seperti manusia zaman dulu lainnya yang hanya mengandalkan TV sebagai hiburan, aku tumbuh mengikuti arus. HIDUP AMIGOS X SIEMPRE DAN HRITIK ROSHAN! HIDUP DORA THE EXPLORER DAN SPONGEBOB!

Lanjut ke masa SMP, tepatnya kelas 3 SMP. Inilah awal kembalinya aku ke dunia per-Korea-an dan ini semua karena ulah teman sebangku-ku yang meracuni. Kalau nggak salah, saat itu adalah era munculnya generasi baru boyband dan girlband, dan Super Junior baru banget debut. Aku ingat lagu pertama yang temanku racuni adalah lagu Super Junior - Happiness yang sering dia putar sambil nonton MV-nya di layar hp yang gambarnya masih patah-patah itu, yang meskipun gambarnya patah-patah tapi kegantengan para membernya masih bisa terlihat jelas dan cukup bikin klepek-klepek para siswi SMP yang sedang puber ini 🀣.

Dari Super Junior lah, aku mulai merambah kembali ke dunia per-Korea-an. Suka banget sama Leeteuk saat di MV Happiness karena kok manis kayak gula 🀣. Dari lagu Happiness, Marry You, U, aku mulai dengerin lagu-lagu Super Junior dan mengikuti setiap lagu-lagu mereka. Sampai catat lirik lagunya di kertas terus ngafalin di kamar mandi biar bisa karaoke mode-on kalau dengar lagunya 🀣. Iya, segitunya pas masa itu. Selain Super Junior, aku juga tahu SNSD dan lagu pertamanya yang aku dengar adalah Kissing You. Cuman, karena aku *uhuk* lagi puber *uhuk*, jadilah lebih ngikutin Super Junior daripada SNSD. Barulah setelah masuk SMA dan berteman dengan anak-anak cowok yang kesesem lihat SNSD, aku baru ngikutin perkembangan SNSD juga.

 

Wah, baru setengah perjalanan tapi tulisannya udah sepanjang ini 🀣. Kalau nggak tahan bacanya, harap lambaikan tangan ke kamera ya 🀣.

 

Setelah Super Junior dan SNSD sukses, rasanya semakin banyak idol Korea bermunculan dan drama Korea mulai masuk juga ke Indonesia. Mungkin ini era dimana Korean Wave terjadi, ya? CMIIW. Nggak terlalu banyak boyband dan girlband yang aku ikuti pada masa itu. Selain Super Junior dan SNSD, yang aku tahu ada DBSK/ TVXQ (Siapa yang nggak kenal Hero?!), 2PM (Om-om sixpack yang akan segera comeback di bulan ini), terus ada Bigbang, SHINee, Infinite, Teen Top. Sedangkan untuk girlbandnya ada WG, f(x), Girl's Day, After School. Rata-rata, aku tahu grupnya lewat lagu-lagu mereka yang ada di game Audition (AyoDance) 🀣.

Selain itu, aku juga tahu F.T Island dan CNBLUE, 2 grup idol yang berbeda karena mereka nggak ngedance di panggung melainkan tampil dalam format band yang setiap anggotanya pegang alat musik. Aku tahu 2 grup ini dari drama You're Beautiful. Ada yang pernah nonton drama ini? 😁. Tapi aku malah suka sama Jang Geun-Suk sih saat itu πŸ˜…. Barulah setelah nonton drama Heartstrings, jadi suka sama Jung Yong Hwa dan ngikutin CNBLUE serta lagu-lagunya, terus kemudian malah jadi suka sama Kang Min Hyuk, si drummer. Begitulah cewek, ribet ya 🀣.

Masa-masa SMA hingga setelahnya, aku udah nggak terlalu ngikutin perkembangan dunia musik Korea, tapi sesekali pernah nonton drama dan variety show Korea (tapi ini jarang bangettt). Barulah, 2 tahun kemudian saat nonton salah satu MV boyband Korea yang namanya sering banget disebut-sebut belakangan itu, Yak, apalagi kalau bukan BTS yang aku maksud πŸ˜†, aku mulai suka lagi dengan boyband dan bahkan jadi ngefans sama BTS (HELLO, ARMY! πŸ’œ). Jujur, awal mulanya aku hanya penasaran karena lagu mereka yang berjudul IDOL cukup sering diputar dan diperbincangkan, namun aku belum tertarik untuk mencari tahu lebih, sampai akhirnya lagu Boy With Luv ini muncul, dan aku tiba-tiba kesambet ingin nonton dan jadi ngefans sama mereka 🀣. 

Mau tahu apa yang bikin aku klepek-klepek sama BTS sejak pertama lihat MV tsb? Kalau nggak mau tahu juga nggak apa sih, tapi karena udah baca sampai sepanjang ini, kan nanggung. Ya kan? Ya kan? πŸ€ͺ.


 

YAK, SIAPA LAGI KALAU BUKAN KARENA DOI DI ATAS ALIAS TAEHYUNG A.K.A V. YAA MOHON MAAF GIMANA NGGAK KLEPEK-KLEPEK, WONG BARU PERTAMA LIHAT MV-NYA UDAH DISUGUHIN BEGINIAN?! πŸ˜πŸ’˜ OKE, SADAR LI, SADAR #plakk. 

Semenjak lihat MV itu, aku jadi mencari tahu lebih lagi soal BTS. Dari mulai nontonin MV lawas mereka sampai ngikutin variety show mereka, dan semakin diikutin, malah semakin ngefans sama mereka dan sayang *eh lho eh lho kok..* Rasa-rasanya, aku nggak pernah segininya ngefans sama idol setelah era Super Junior berlalu deh πŸ˜‚. Mungkin karena ada pengaruh dari internet juga yang membuat segala informasi jadi mudah diakses, jadi rasanya semakin dekat dengan sang idola. Oke, jadi siapa yang udah cobain BTSmeal? Wkwk.

Dan semenjak 2 tahun lalu itu juga, aku jadi mulai nonton drama-drama Korea kembali, juga nonton beberapa variety show. Entah kenapa, tahun ini jadi tahun comeback para idol gen ke-2, yang sedikit banyak bikin aku nostalgia pada masa-masa belasan tahun lalu itu πŸ˜‚. Dan herannya, para idol ini semakin tua kok semakin cakep, ya?! Heran aku lihat member 2PM kok masih hot aja setelah sekian tahun lamanya, malah makin ganteng #plakk. Harus sering-sering menampar diri sebelum halu berlebih.

Anyway, aku jadi keinget, pas masa-masa Korean Wave muncul di Indonesia. Indonesia saat itu, juga melahirkan boyband dan girlbandnya sendiri yang pada masa itu juga laris manis dipuja dan dihujat para netizen πŸ˜‚. Siapa yang nggak ingat sama SMASH? Cherrybelle? 7Icons? XO9? Bahkan sampai ada boyband yang diproduseri langsung sama orang Korea dan bahkan ada yang beranggotakan orang Korea (If you love me say, YES YES YES YES YES~). Aku *uhuk* termasuk yang ngikutin SMASH juga pada masa itu *uhuk*. Adakah yang SMASHBLAST juga di sini? Yuk nyanyi bareng! YOU KNOW ME SO WELL~ GIRL I NEED YOU~ GIRL I LOVE YOU~ GIRL I HEART YOU~ *jangan lupa joget setir mobilnya*.

Woaaa~ nggak terasa udah panjang banget nih ceritanya. Rasanya masih banyak yang ingin ditumpahkan, tapi takutnya 1 postingan ini bakal meledak kalau langsung ditumpahin semua di sini 🀣. 

 

Nah, teman-teman ingat nggak lagu/drama Korea pertama apa yang kalian dengar/tonton? Atau malah kalian tahu Kpop dari SMASH? 😜. Yuk cerita-cerita di kolom komentar πŸ˜‰.

58 komentar

  1. Apakah pertama??? πŸ˜…πŸ˜… ahha
    Lia udah nyobain BTS Meal?? How Li rasanya? 🀣 Pas tgl 9 kemarin pengen beli. Tapi dirumah hujan deras. Terus kepikiran sama mamang gojegnya. Kasian kalau mesti hujan2an pas ngambil sama ngantarnya.. jadi nggk jadi, juga karena kepengen nnggu yg mau neraktir datang..
    Ehh pas orangnya udah datang. McD tempatku ditutup dong πŸ˜….. 3'3nya outlets yg ada disini ditutup.. 🀣🀣🀣
    Wkwk

    Yaudah ntar nyoba beli yg King Nassar aja πŸ˜›

    Kalau Dunia Perkorean aku, sampe skrang yah nggk terlalu khatam. Karena basicly aku cuma suka sama lagu2nya yg enak2 aja.. awal2 tahu Kpop sepertinya Pas jaman SMA. Itu temen cewe di kelas suka dngerin lagu Shampoo by AfterSchool. Terus jadi earworm deh,,, semenjak itu, jadi hobi mantengin di daftar 100 Billboard buat nyari lagu korea yg enak2..

    Jadi, kalau ditanya Biasnya siapa. Aku nggak nggak bisa jawab 🀣 karena aku jenis Fans yg karbitan.. wkwk πŸ˜…πŸ˜… sering loncat2. Meskipun masih ngarep buat jadi member ke-8 nya BTS.. wkwk 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat karena Bayu menjadi orang pertama yang komen πŸ₯³πŸ₯³ nih aku kasih virtual fries untuk Bayu 🍟 sebagai starter sebelum makan BTSmeal nanti wkwkwk.
      Aku udah cobain kemarin, Bayu πŸ™ˆ pas lihat drive thru-nya sepi, langsung tak capcus pesan wkwkwk. Rasa saucenya? Kurang cocok sama lidahku, Bayu πŸ˜‚ tapi kalau disuruh memilih, aku pilih cajun sauce dibanding sweet chilli. Kalau ditanya gimana rasanya setelah bisa dapetin BTSmeal, rasanya sueneng banget sampai nggak rela ngebuang packagingnya πŸ˜‚ tapi berhubung udah disemutin, jadi aku buang wkwk.
      Iya yaa, hari pertama rilis tuh semrawut banget, Bay. Aku lihat foto sama info dari orang-orang sih. Antrian ojolnya nggak main-main 😒 kasihan para abang ojol yang kena cancel setelah menunggu lama. Sekarang cuma bisa beli lewat drive thru atau Mcdelivery ajaa. Kalau Bayu penasaran, mungkin bisa coba pakai Mcdelivery 😁.

      Wkwk King Nassar apa itu? Nassar yang penyanyi dangdut? πŸ˜‚

      Huahaha kita senasib ya, Bayu. Sama-sama kena racun dari teman sekelas 🀣. After School pada era itu termasuk hitz juga tuh, cuma aku malah baru tahu lagunya yang Shampoo ini wkwkwk.
      Berarti Bayu tipe penyuka apa aja yang enak ya, nggak bias ke satu idol aja wkwkwk. Ku dukung Bayu jadi member ke-8 BTS!! Woohooo!! *Sambil siapin grup haters untuk Bayu* *lho* *muka dua*

      Hapus
    2. Sumpah demi apa? Aku baru tau Li.. wkwk 🀣🀣 oke meluncur... penasaran sama packagingnya ehmmm maksudnya sausnya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜

      Iya.. penyanyi Dangdut πŸ˜….. entah kenapa Nitizen tuh kreatif banget.. niat smpe bikin "Nazzar King Meal" packagingnya persis sama BTSMeal.. cuma bedanya ada fotonya dia terus kotaknya isinya Nastar πŸ˜…

      Iya Fans Karbitan, idolanya banyakk.. haha. Tapi dlu pernah bucin sama Sistar.. πŸ˜… terus pas disband, pas mereka ngeluarin lagu yg judulnya 'lonely' agak sedih juga tuh.. malah smpe skrang lagu itu masih sering didnger.

      Hapus
    3. Iya beneran, cuss beli 🀣. Kalau drive thru mungkin pas weekend gini agak ramai ya, kalau weekdays lebih mending. Packagingnya jangan lupa dibersihin biar bisa dijual 😝

      Wkwkwk para fans Nassar kreatif banget ya! Sampai ada yang jual lighsticknya juga kan 😭😭😭. Terus bajunya Nassar ternyata ada yang mirip sama baju performance V di MV Butter dong 🀣

      Lagu Sistar yang paling aku tahu yang Touch My Body dan pada masanya, Sistar termasuk grup yang cukup hot ya karena dancenya πŸ™ˆ. Huhuhu *pukpukin Bayu* turut sedih pas dengar Sistar bubar juga :( sekarang mereka pada solo karir semua ya.

      Hapus
  2. Wuih serunya baca perjalanan Lia πŸ˜‚

    By the way, sampai sekarang kakak belum coba BTS Meals nih, penasaran sama cajun saucenya secara kakak pecinta cajun fries, mana tau rasanya sama 😍 Semoga akhir bulan nanti sudah nggak terlalu ramai jadi bisa jajan hahahaha 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Enoooo, kangen πŸ₯°
      Kayaknya rasanya sama seperti yang di Korea wkwkwk. Tapi nanti kalau Kakak udah cobain, kasih tahu ke aku ya benar sama atau nggak *kepo*
      Sekarang aja udah nggak seramai itu Kak 🀣 cuss udah bisa dibeli nih wkwk

      Hapus
    2. Miss you toooo, hehehe, di resto chicken Korea suka ada menu cajun fries dan itu rasanya enak. Bukan dalam bentuk sauce sih, hihi, siapa tau nanti Lia mau coba saat ke Korea. Nah, kakak doyan banget cajun fries itu, semoga rasa saucenya nggak jauh beda sama rasa cajun fries yang biasa kakak makan yaaah hahahaha πŸ˜‚

      Eniho, Mcd di Gojek masih tutup, jadi harus pakai McDelivery or drive thrue, cuma kakak malas kalau harus sign up Mcdelivery jadi mau tunggu akhir bulan siapa tau sudah buka di Gojek hahaha 🀣

      Lia nggak jual bungkusannya? πŸ˜†

      Hapus
    3. Rasanya kayak agak asam-asam gitu nggak, Kak? Seingatku cajun saucenya Mcd agak asam gitu sih πŸ€”. Amiiin. Semoga rasa cajunnya nggak failed ya wkwk soalnya aku juga baru pertama kali cobain, jadi nggak ada alat pembandingnya πŸ˜‚

      Iya, semenjak kehebohan yang terjadi di hari pertama rilis, keesokannya langsung ditutup storenya di Gojek πŸ˜‚. Kalau Mcdelivery bisa login pakai guest account kok, Kakk jadi nggak perlu sign-up 😁. Cuma masuk appnya kadang mesti antri juga, takut ngehang servernya 🀣

      Wkwkwk udah keburu disemutin sebelum berhasil diselamatkan 🀣 jadi nggak bisa dijual 🀣. Cuma sisa paperbagnya ajaaa, kalau ada yang mau beli 1juta, aku lepas πŸ€ͺ

      Hapus
  3. Lagu/drama korea pertama?
    Hmm, kurasa full house, diperankan Song Hye Kyo dan soundtrack dari dramanya itu juga asik, entahlah sudah lupa sama semua itu, hihi.

    Terus Drakor Song Hye Kyo yg agak baruan dikit tapi lupa judulnya, tapi isinya ceritanya masih ingat dikit, dia jadi boss terus pacaran sama anak buahnya, wkwk

    Aku belum pernah ngefans sama artis manapun, justru malah agak ngefans sama Eno dan Lia ☝️🀣

    Tapi untuk taraf sekedar suka pada artis korea mungkin pilihanku jatuh ke Lee Min Ho dan Song Hye Kyo karena aku seumuran mereka πŸ˜›

    Kalau untuk Boy/Girl band aku sukanya yang lokal, CJR dan JKT48, tapi cuma 1 lagu dari masing2 lagu mereka 🀣

    Engkau bidadari jatuh dari surga dihadapanku, eaaa eaaa eaaa 🀣🀣

    BTSmeal, tadi baca di status org di fb kabarnya ada yg menawar bekasnya sampai 5 juta, emejing 🀦‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak Jaey~~
      Setuju! Ost.nya Full House emang enak πŸ˜† meskipun nggak pernah nonton dramanya, tapi aku tahu Ost.nya dan masih terngiang sampai sekarang wkwk.
      Song Hye Kyo ada main drama baru?! Yaampun, aku baru tahu 🀣 ntar mau cari tahu judulnya deh di Google wkwk. Terima kasih atas informasi yang tidak disengaja ini lho Kak 🀣.

      Whattt WKWKK siapalah saya ini sampai ada yang ngefans πŸ˜‚ bisaan aja Kak Jaey mah wkwkwk. Aku tiap joget aja malah disorakin sama adik-adikku πŸ˜‚ ini malah ada yang ngefans, Kak Jaey nggak habis salah makan kan? Wkwkwkwk

      Uhuk seumuran sama Lee Min Ho uhuk berarti masih muda banget dong Kak Jaey uhuk uhuk 🀣. Tapi memang kelihatan sih Kak Jaey masih muda πŸ™ˆ

      JKT48 aku juga cukup ngikutin wkwk. Lagu apa yang Kakak tahu? Jangan-jangan kita pernah ketemu di theater JKT48? #eh

      Seriusan? Tahu gitu kemarin nggak aku buang packagingnya 😭😭😭

      Hapus
  4. Ceritamu sama ceritaku hampir mirip Lii...awalnya gara-gara drakor terus temen sekolah hampir tiap hari ngobrolin korea dan nunjukkin poster-poster suju, sampe bosen dan akhirnya aku penasaran “siapa sih suju suju ini, muka sama semua”

    Eh kena karma, setelah itu aku jadi ketagihan liat mereka ngedance dan lagunya asik-asik banget πŸ˜‚πŸ˜‚ dulu awalnya naksir sama Kyuhyun era sorry-sorry kan ganteng banget ya Liaaa dia tuh, eh kepincut sama Donghae setelah nonton video klipnya Super M...😍

    Leeteuk emang manis banget sih lesungnya itu loh ya ampun ckck

    Ehiya aku mau tanya deh Lii..BTS kan debut udah dari 2012 ya udah keitung lama. Mereka jadi mendunia tuh awalnya karena apa ya..soalnya dulu pas awal debut ya udah banyak juga sih fansnya cuman sekarang semakin parah wkwkwk.
    Oh bias Lia di Bts itu Taehyung.. kalo bisa diatas panggung jangan disatuin berdua aja sama Jungkook, cewe2 bisa selingkuh semua nanti 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk "mukanya sama semua" ini juga reaksiku saat lihat boyband sama girlband Korea 🀣🀣 apalagi SNSD, Kakkk, itu susah banget bedainnya pas awal-awal debut πŸ˜‚

      Wkwkwkwk emang ya biasanya yang awalnya nggak suka, lama-lama malah jadi nyantol banget 🀣. Kyuhyun emang gantenggg, manis juga dia πŸ˜† Donghae juga sama πŸ˜†. Aku juga sempat suka sama Donghae dan sekarang suka juga lihat Kyuhyun di lagu-lagu baru mereka. Mukanya makin gemesin wkwk
      Iya kan!!! Leeteuk sekarang demen buka-buka baju deh πŸ˜‚ aku gemes pengin kancingin bajunya πŸ˜‚

      Kalau nggak salah karena lagu DNA, Kak Rekaa. Cuma persisnya aku juga kurang tahu 🀣. Setelah lagu DNA mendunia, lagu-lagu setelahnya juga jadi hits terusss sampai sekarang jadi buanyak banget fansnya πŸ˜‚
      WKWKWKWK truee! Kak Reka harus tahu, kadang Jungkook itu bias-wrecker aku lho 🀣 apalagi di MV Butter, Jungkook sama Jin.. ahhh... 😍😫

      Hapus
  5. Dulu aku hampir ngestan BTS gara-gara dance practice mereka yang WAW gila bikin merinding Li wkwkk entah kenapa tapi kayak beda aja gitu *lahcurhatjugajadinya* πŸ˜†

    Nah! Jungkook emang emang...kamu liat perform dia waktu cover lagunya Rain yang Rainism gak? Kacau banget Jungkook disitu..aku bukan fansnya dia tapi dibikin “dag dig dug” .. lol. Eh mereka bertiga tuh, kalo di Exo mungkin mirip sama Sehun Kai Chanyeol (trio visual) sering jadi bias wrecker orang πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiya hiyaaa, pas dance pratice lagu apa tuh? Wkwk. Kalau aku, makin suka sama BTS sehabis lihat MV Blood, Sweat, Tears πŸ˜† *nggak ada yang nanya*. Terus kenapa nggak jadi nge-stan, Kak Reka? πŸ€ͺ

      Oiya! Yang itu! Gils, Jungkook haduuuuhhh bikin dag dig dug banget di situ 😍 apalagi kalau Jungkook yang sekarang + cover lagu Rainism lagi, makin klepek-klepek!! Huaaaa huaaa huaaa *mulai halu*
      Iya setuju!! Wkwk. Kalau ngomongin Exo, aku malah sukanya sama D.O lho(?) Mungkin karena paling familiar sama mukanya wkwk

      Hapus
    2. Kenapa ya aku juga lupa hahaha..kayaknya gara-gara keburu suka sama grup lain Lii (gampang bgt pindah) πŸ˜‚
      Wah wah bahaya...ekspresi Jungkook di panggung emang sesuatu ya Lii wkwkkw, Kyungsoo cakep sih apalagi suaranya uhuhuhu. Jadi panjang ngomongin korea-koreaan

      Hapus
    3. Huahahah dimaklumin, Kak Reka! 😜 memang boyband di Korea kan banyak banget jadi pilihan untuk jadi fandomnya juga banyak banget dan itu yang membuat orang-orang jadi gampang pindah 🀣
      Kak Reka, aku awalnya bingung Kyungsoo siapa 🀣 ternyata D.O yaa. Kebiasaan tahunya D.O jadi nggak tahu nama aslinya wkwkwk. Setuju! Dia mukanya nggak ngebosenin + suaranya bagusss 😍 bisa sampai minggu depan kalau udah ngomongin Kpop Kak 😜

      Hapus
  6. Walaupun bukan fans kekoreaan, tapi aku sempat jadi dengerin SuJu (meskipun sampe sekarang tau anggotanya cuma Siwon sama Shindong doang :))), SNSD (kalau yang ini malah tau semua nama anggotanya), dan Shinee (gara2 sering mainin Ring Ding Dong di PIU). Untuk SNSD juga sempat ngship Seohyun sama Jonghwa gara2 WGM. CNBlue sama FT Island juga. Malah CNBlue konser pertama (dan satu2nya kayaknya wkwk) yang pernah kutonton langsung. Tentu saja bisa nonton karena kebetulan temennya temenku anggota fansclub-nya dan udah siap-siap di depan komputer sejak sebelum penjualan dibuka. Untung aja dapet, karena 10 menit kemudian tiketnya sold out. Hahahaha.

    Sejak itu aku semakin jarang bersentuhan dengan Korean Wave. Paling sesekali banget nonton drakor. Nggak tau juga kenapa.

    Dan sekarang, entah udah Wave Gen ke berapa, makin jadi alien saja sama per-Korea-an. Untungnya yang lumayan heboh sama Korean Wave cuma beberapa teman kantor sama beberapa teman lama. Itu juga cuma drakor aja, ga nyentuh KPop, cuma drakor aja. Circle yang lain masih pada setia dengan serial barat. Ya, tetep ga nyambung sih akunya... wkwkwk.

    Untungnya aku tipe yang ga masalah planga-plongo karena ga nyambung sm pembicaraan orang lain. Pake prinsip untukmu idolamu untukku idolaku aja lah ya... hahahha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk aku sering lihat orang main PIU dengan lagu itu! Jangan-jangan Kak Hicha nih yang main pas aku lewat πŸ€ͺ.
      Whaaa asik banget udah pernah nonton konser 😍 itu teman Kakak niat banget nge-warnya sih wkwk. Kalau dengar cerita orang yang nge-war tiket tuh, bener bener deh perjuangannya πŸ˜‚

      Wkwk iya benar. Kita nggak bisa maksain idola kita ke orang lain demikian juga sebaliknya. Aku ngerasain banget soalnya dulu pas dipaksa suka BTS tuh nggak bisa, lama-lama malah suka sendiri πŸ˜‚
      Kalau Kak Hicha interestnya memang lebih ke Jepang ya 😁. Aku malah jarang eksplore ke sana sekarang ini. Kalau waktu kecil karena banyak di TV jadi sering nonton anime-animenya πŸ˜†

      Hapus
  7. Aku bukan penggemar ke-Korea-an, setidaknya sampai saat ini. Tapi, aku pernah nonton drakor dan yang berkesan banget buatku dan sulit aku lupakan adalah Witch Yoo Hee. Habis itu, nonton beberapa drakor tapi rasanya biasa aja.

    Untuk Kpop, aku gak terlalu ngerti karena kan aku gak bisa bahasa Korea jadi aku gak ngikuti. Buatku, mendengarkan lagu itu lebih asik kalau kita bisa bahasanya dan jadi bisa lebih paham makna lagunya. Tapi, sekarang sejak BTS mulai mengglobal dan bikin lagu pake bahasa Inggris, aku mulai suka sih nontonin vidklip mereka. Jangan-jangan, besok-besok, aku bisa jadi ARMY nih? πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku baru dengar drama itu πŸ˜‚. Pas aku cek list aktornya, sepertinya para pemain lama yang jarang keluar sekarang ya Kak πŸ˜‚ apa aku yang kurang luas nontonnya ya 🀣 *ini sih emang*

      Betul. Aku setuju sama pernyataan Kak Kimi 😁 memang jauh lebih asik saat bisa paham makna lagunya dan bahasanya ngerti, sebab bisa jadi ikutan nyanyi juga dengan lebih mudah wkwkwk
      Hiya hiyaaa πŸ˜† kalau besok-besok Kak Kimi jadi ARMY juga, bilang-bilang ya 😝

      Hapus
    2. Ayo cobalah ditonton Witch Yoo Hee. Pemainnya cakep-cakep dan aku suka sama soundtrack-nya (meski gak ngerti bahasanya, tapi kalau didengar terus-terusan lama-lama suka juga). Wkwkwk. Aku jadi promoin drakor gini.

      Hapus
  8. Sejak jaman SD, saya suka dengerin Suju dan SNSD. Pada masa itu, hape masih mengandalkan pengiriman bluetooth dan untuk mendownload sebuah lagu, itu susahnya minta ampun. Berhubung saya cukup melek internet saat itu, paket data banyak saya habiskan untuk download lagu dan video klip mereka. Saya masih ingat bagaimana kerennya mendengarkan Hands Up-nya 2PM menggunakan earphone sambil berjalan di koridor sekolah. Ha ha ha.

    Kebetulan lagi maraton nonton Vincenzo, jadi banyak baca informasi tentang drakornya. Saya juga dengar kabar kalo 2PM mau comeback. Akan jadi salah satu hal yang saya nanti mengingat dulu pernah tumbuh bersama lagu-lagu mereka.

    Agak berbeda dengan kak Lia, kalau dulu, pertama kali nonton drakor itu Full House, Song Hye-kyo juga. Tahun kemarin sempat maraton nonton ulang dan rasanya masih sama pas pertama kali nonton. Ha ha ha. Kalau saya sendiri, sekarang sudah ngga terlalu ngikutin KPOP. Paling taunya yang mainstream-mainstream aja macam Blackpink dan kawan-kawannya. Lebih senang nontonin film atau drakor. Korea punya variasi tema yang menarik. Sekalipun temanya biasa, eksekusinya yang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil angkat-angkat tangan nggak saat dengerin lagu Hands-Up 2PM, Hul? 🀣. Kalau dengerin lagu Hands-Up, rasanya ingin ikutan angkat tangan juga seperti dance mereka 🀣

      Wih, gimana Vincenzo menurut Rahul? Aku suka banget sama drama itu, Hul. Seru + lawak tiap episodenya 🀣. Yesss! Akan comeback dalam waktu beberapa hari lagi! Aku juga ikut excited, apalagi saat ini mereka sudah full member setelah kemarin satu per satu wamil. Mari kita tunggu comebacknya πŸ‘

      Hahaha kebanyakan orang memang lebih mengenal SHK dari drama Full-House itu, bersama dengan Rain. Aku malah saat itu nggak ngikutin πŸ˜‚. Setuju! Eksekusi drakor atau film Korea tuh keren banget, bahkan filmnya udah bisa disandingkan dengan kelas Hollywood, menurutku, seperti contohnya Space Sweepers (Ini sih keren banget! Rahul harus nonton kalau belum nonton)

      Hapus
    2. Kok tau? Kayaknya kak Lia melakukan hal yang sama yah? Ha ha ha.

      Vincenzo, jadi salah satu drakor yang bukan hanya saya suka, tapi memorable. Saya senang dengan tema mafia yang dibungkus dengan komedi seperti itu, fresh. Saya senang bagaimana dinamika karakter di Geumga Plaza. Bikin saya kegirangan beberapa kali saat misi mereka selesai. Terlepas dari endingnya yang menurut saya kurang nendang, saya sangat menikmati tiap episodnya.

      Nah, sayangnya Rain kayaknya sudah ngga main drama lagi. Terakhir liat video clipnya yang goyang-goyangin otot perutnya. Ha ha ha. Karena ada SJK, kayaknya akan nonton meski tidak dalam waktu dekat. Sekarang lagi back-to-back nonton Lupin dan Loki. Mungkin bisa jadi rekomendasi untuk kak Lia

      Hapus
    3. Iya, aku dulu hingga sekarang juga masih ngelakuin hal yang sama, Hul 🀣 Auto pengin joget pas dengar lagunya 🀣

      Setuju! Vincenzo salah satu drama yang memorable + aku suka sekaliii setiap episodenya. Kekeluargaannya juga kerasa banget bahkan sampai dibalik layar. Kalau Rahul nonton di Youtube, ada 1 video keluarga Geumga sama Vincenzo main kuis gitu dan itu kelihatan banget mereka bukan hanya dekat di depan layar, tapi juga di balik layar.

      HAHAHA kayaknya yang Rahul sebutkan adalah video terakhir Rain yang aku tonton juga 🀣. Aku sekarang ngikutin Loki juga, kalau Lupin belum ada interest untuk nonton ke sana. Selain itu, lagi menunggu Kingdom S3 yang akan rilis bulan Juli nanti. Jangan lupa nonton ya Hul hahaha

      Hapus
  9. kenal perkoreaan jaman kuliah.. waktu itu kesengsem saja Jeon Ji Hyun pas doski main film My Sassy Girl.. terus sempet suka nyewa VCD film Korea, dari genre komedi romantis hingga horor.. selain My Sassy Girl, ku juga terpeseona dengan film Ditto. kedua film berkesan ini kemudian diadaptasi ke versi Hollywood..

    Song Hye Kyo juga termasuk bintang yang cukup populer waktu itu, bareng sama Won Bin.. wkwkwkwk.. tapi aku lebih suka Jeon Ji Hyun laah..

    saking kesengsemnya, sempat ikut kuliah Bahasa Korea dasar ke fakultas sebelah.. kebetulan waktu itu ada program yang membolehkan mahasiswa lintas fakultas untuk ambil mata kuliah lain di fakultas lain..

    tentu modusnya adalah siapa tau bisa kenal dengan ciwi-ciwi korea yang memang cukup banyak belajar di kampus karena program internasional.. tapi ternyata.. nasib berkata lain.. yang ambil kelas korea ya cowo-cowo desperate semua yang berusaha mencari oase.. hadeeehhh..

    sekarang masih bisa dikit baca hangeul.. tapi harus mikir agak lama.. sempet tahu beberapa struktur bahasa Korea, tapi karena ga pernah pakai, ya dah lupa.. kan dulu niatnya saja sudah beda.. wkwkwk..

    sekarang malah blas ngga tertarik ngikuti dunia K-drama.. mungkin memang masaku sudah lewat.. πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. My Sassy Girl, ternyata ada beberapa drakor lainnya yang memakai judul ini, aku awalnya sempat bingung karena yang aku tahu itu Sassy Girl Chun Yang. Ternyata My Sassy Girl ini pendahulunya 🀭.
      Wkwkwk ngakak baca cerita Kak Zam 🀣. Walaupun zonk, tapi tetap ada ilmu yang nyangkut lah ya 🀭

      Hapus
  10. masa drama taiwan meteor garden aku juga nonton tuh, sampei buku ku sekolah gambarnya tokoh meteor garden semua :D, amigos aku juga tau, seringnya ibuku yang nonton :D..

    kalo musik koreo aku taunya cuma blackpink aja hahaha, klao masalah musik and drmama aku malah lebih suka jepang.. jujur aku buta banget tentang korea, tapi ya tau tau dikit lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha toss dulu dong, Khanif! Tenar banget kan Meteor Garden sama Amigos pada masanya 🀣
      Lebih suka dorama ya? Kalau gitu harus ikutin blog Kak Eya dan Kak Hicha karena mereka sering bahas dorama 😁

      Hapus
  11. V alias Taehyung ini member BTS yang paling duluan aku hafal, soalnya mukanya dia tuh kayak karakter komik ditarik keluar gitu πŸ˜‚

    Kalo Kpop tuh aku angkatan lama banget kayaknya, jamannya masih sangat minoritas πŸ˜‚ (di kampusku kayaknya cuma aku seorang yang suka Kpop dulu), ada sih yang tahu, tapi cuma sekedar tahu doang πŸ˜‚ Aku pernah cerita di blog juga, di ceritaku sama Suju wkwkwk dulu tuh udah kayak makanan sehari-hari diledekin gara-gara suka Kpop, eh sekarang yang ngeledekin pada keranjingan drakor sama BTS 😌

    Kalo drakor aku ga terlalu banyak ngikutin sih, yang sejenis Full House, You're Beautiful (ini favoritku wkwk) gitu-gitu tahu, tapi pengetahuanku di drakor sungguhlah minim wkwkwk aku lebih suka film-filmnya sih kalau Korea, udah bisa lah bersaing sama Hollywood πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((kayak karakter komik ditarik keluar gitu))) 🀣 berarti ini terlalu sempurna atau gimana maksudnya, Kak Eya? πŸ€ͺ.

      Kak Eya bisa dibilang veteran nih!! Sujud dulu sama Suhu πŸ˜†. Wkwk emang biasanya gitu Kak, yang awalnya benci, malah bisa jadi bucin banget 🀣 Makanya kita tidak boleh membenci sesuatu terlalu dalam(?)

      WHAAA~ ADA PENONTON YOU'RE BEAUTIFUL JUGA!! SENANG BANGETTT HUHUHU. Kak Eya masih terngiang sama ost.nya nggak? Yang I WILL PROMISE YOU~~~ Yaampun, aku masih terngiang dong 🀣
      Setujuuuu! Aku termasuk yang jarang nonton film Korea karena lebih sering nonton dramanya, tapi sekalinya nonton, aku kagum banget sama kualitasnyaaa. Train to Busan, Alive, apalagi Space Sweepers, benar-bemar nggak main-main kualitasnya 😍

      Hapus
  12. HIDUP AMIGOS! eh hahaha maklum ngefans banget sama telenovela ini soalnya 🀣 sampe segala poster nempel di dinding kamar dulu hahaha

    Btw kita sama persis deh Li perjalanannya wkwkwk cuma beda drama doang, aku pertama bukan ngikutin Endless Love malah yang Jewel in the Palace karena ada makanannya wkwkwk

    Aku kenal Kpop juga pas 3 smp dikenalin sama temenku yang gila banget sama Super Junior, disuruh hapalin dulu 13 membernya wkwkwk padahal waktu itu ngeliat mukanya mirip semua dan ga bisa hapal. Akhirnya malah suka sama SHINee yang anggotanya lebih dikit dan sampe sekarang cuma ikutin mereka doang hahaha

    Waktu SMA ke kuliah aku juga mulai berkurang tuh ke-Korean-an nya cuma ikutin drama dan film doang, kalo Kpop malah gak terlalu ngikutin karena udah terlalu sibuk dengan tugas kuliah kali ya wkwkwk dan baru ngikutin lagi akhir-akhir ini. Aku juga tau BTS karena rame banget yang ngomongin dan akhirnya nonton deh MV2 mereka, tapi emang V gantengnya beda banget yaaa hahaha ngeliat dia di Hwarang trus di BTS ya ampuuun hahahaha 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup AMIGOS! HAHAHA. Pas masa itu, Amigos hits banget ya Kak 🀣 aku cuma sampai punya kertas filenya aja, posternya nggak punya 🀣

      Kebalikan dari Kak Tika, aku malah nggak terlalu ikutin SHINee cuman aku tahu lagunya 1 yang Ringdingdong 🀣. Belakangan pas Taemin gabung Super M, aku baru lihat-lihat SHINee lagi 🀭. Kak Tika ikutin lagu-lagu Super M nggak? Biasnya di SHINee siapa?

      V beda bangettt pas di Hwarang sama di BTS 🀣. Aku bahkan nggak sadar kalau V ada di Hwarang lho kalau nggak dimention 🀣

      Hapus
  13. Aku bukan fans Korea sih tapi ada beberapa filmnya yang aku suka. Salah satunya yang sering ku tonton itu film my wife is a gangster tapi yang bagian tiga. Kalo ngga salah karena beli DVD bajakan nya.🀣

    Pemeran cewek nya sih artis Hongkong Shu Qi tapi cowoknya dari Korea, cuma aku ngga terlalu kenal karena memang nonton film itu karena Shu Qi.😁

    Kalo lagu Korea apa ya, kayaknya ngga terlalu kenal biarpun sudah ngehit sejak jaman super junior, dilanjutkan dengan smash, soalnya lebih suka dengar lagu dangdut.🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk dulu mah DVD bajakan laris manis banget ya, Kak Agus 🀣 bahkan boss besarnya bisa sampai kaya raya saking larisnya.

      Kelihatannya filmnya mirip film China gitu 🀣. Ini lebih ke action atau ada comedynya juga, Kak?

      Yihawww~ kalau dengar dangdut, sambil joget nggak? 🀣

      Hapus
    2. Lebih ke action apa komedi ya? Kayaknya campuran action dan komedi deh, soalnya banyak berantemnya dan juga lucunya.

      Contohnya tuh cewek kan dari Hongkong tak bisa bahasa Korea. Si cowok juga ngga bisa bahasa Cina. Nah pas cowoknya mau ngajak nikah ceweknya yang jago kungfu bilang, awas kalo kamu macam macam, aku bikin perkedel.

      Nah, tukang terjemahan nya bilangnya ke cowoknya. Ia sangat senang kamu nikahi.🀣

      Hapus
  14. Baca dari awal sampai habis. Tetep nggak ngerti Li. Mungkin karena nggak seserver. Jadi RTO mulu. Wkwk. Tapi seru bacanya..

    Saya Nggak pernah dngerin Kpop Li. Tapi ada satu lagu korea yg sering didnger sama temen kerja smpe2 earworm tapi nggk tau yg nyanyi siapa. Grup cewe. Soalnya nyanyinya keroyokan tapi nadanya enak, Fun.. kata si Bayu judulnya Weekend kalau nggak salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiahahahaha RTO 🀣 udah dicek kabel sama providernya belum, Ton?

      After School itu nama girlbandnya 🀭 jangan bilang sering dengar karena Tiktok 🀣

      Hapus
  15. Ada yang kaget kalau aku juga nonton drama korea. Yaa emang kadang-kadang nonton. Anggap saja sebagai hiburan. Bkan sebagai fans garis keras..wkwkwk
    Aku ga mengikuti perkembangan dunia kpop. Jadi bisa disebut ga paham. Tapi pernah kepikiran para fans garis keras bisa seperti itu.

    Jangan tanya Bts meal, pasti ga kepikiran untuk beli..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk aku nggak kaget kok, Kak 😝. Mungkin karena drakor identik dengan romance ya, jadi pada kaget πŸ˜‚. Apa judul drakor terakhir yang Kak Rivai tonton?

      Wkwk dikira tetap ingin beli BTSmeal untuk cobain saucenya 😝

      Hapus
  16. Hai Lia, lama nggak main ke sini eh desain blognya udah ganti. Cakep.
    Gila Lia ingatannya soal perkoreaan tokcer, bisa nulis sampe detail banget.
    Kalo aku suka Korea karena main dulu ke negaranya. Pulang dari sana baru deh ngikutin drakor. Judulnya apa, banyak dan lupa :P. Aku suka drakor karena ceritanya menghangatkan hati. Touching gitu lah. Aku sendiri lebih suka cerita yang happy dan cenderung lucu. Menghibur lah pokoknya.
    Belakangan aku nonton My Mister, awalnya berat karena konfliknya super ruwet. Eh pas ngikutin jalan ceritanya dan nonton sampe akhir cerita, malah dapet banyak pelajaran hidup. That's why aku nonton drakor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Dini! Huhu terima kasih banyak πŸ₯Ί
      Nggak setocker itu, ini juga hasil mengingat secara keras selama beberapa hari belakangan 🀣

      Wah! Kak Dini bikin aku semakin pengin ke Korea! πŸ˜‚. Sama dong πŸ™ˆ kalau nonton, aku juga lebih suka yang demikian, yang menghibur pokoknya sama pemerannya ganteng #eh
      My Mister kayaknya salah satu drakor yang lumayan terkenal tuh Kak 🀭

      Hapus
  17. SKJSKJGDHLKSJGDKJSKJDKJA WKWKKWKWKWKWKWK ternyata kesihir Taehyung kamu!!!! xD terus kenapa tuh jadi meleng ke Jungkook? xD Idol lagunya asik ya, berisik tapi nggak berisik (lhah gimana?), nggak ganggu telinga gitu. Kayak lagu Not Today juga, beuuuh suka banget aku padahal biasanya sukanya sama lagu-lagu cute macam Happiness. xD

    Liii aku jadi mengingat-ingat kembali masa Amigos huhuhuhu Pedro menjadi idola kakak-kakak remaja tetangga sebelah. xD Waktu itu pulang sekolah langsung anteng nonton depan TV, terus habisnya keluar rumah gosipan sama temen-temen yang sama-sama nonton Amigos juga. Astagaaa good old days banget haha. Terus kamu pernah nonton drama China yang Putri Huanzhu itu nggak?

    Lhah malah bahas drama China. xD

    Heyyyy tos dulu sesama fans Kang Minhyuk. xD Imut banget dia bahkan sampai sekarang mau 30 tahun tuh mukanya masih kayak anak kecil. xD Ngomong-ngomong aku kemarin kelupaan nyebut Girl's Day masaaa :))) padahal ngikutin banyak lagunya lhoh sampai WGM Yura aja aku tonton sampai habis. Ckckckckck.

    Ini bakal ada part 2 nggak? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASDFGHJKL Jungkook adalah bias-wrecker aku, Kak Endah 🀣. Kadang suka dibuat klepek-klepek sama ketamvanan dan gayanya Jungkook disaat yang bersamaan, V juga nggak nyantai tamvannya. Jadi aku bisa suka dua-duanya di saat yang bersamaan HAHAHA MARUK.
      IDOL tuh berisik, tapi nggak gaduh(?) Malah bikin pengin joged musicnya hiahaha. Not Today juga berisik, tapi nggak gaduh ya(?)

      HAHAHA PEDRO JUGA IDOLAKU 🀣 Selalu nungguin scene dimana Pedro muncul #plakk. Lagu ost.nya berkesan banget nggak sih?! Masih ingat nggak lagunya Kak? 🀣. Good old days banget!~
      Putri Huanzu aku nggak nonton tapi tahuuu. Temenku dulu ada juga yang tergila-gila sama Putri Huanzu 🀣. Kak Endah ngikutin?
      Kalau udah nostalgia mah, apa aja disamber Kak 😝

      SETUJU! Mukanya nggak ada tua-tuanya deh, maksudnya nggak menua gitu si Minhyuk 🀣. Resepnya apa ya(?)
      Wkwk gimana ini Kak Endah! Ayo revisi postnya πŸ€ͺ *dikata skripsi kali*

      Umm, belum kepikiran tapi mungkin kalau ada part 2, jatuhnya lebih ke postingan ngebucin BTS 🀣 #plakk

      Hapus
  18. Aku suka Korea juga sejak SD, Li. Aku suka banget dramanya 😍. Dulu Indosiar lumayan sering tuh muter drama-drama Korea. Walaupun kadang setelah satu Drakor tamat, diganti sama drama Taiwan sih. 🀭

    Lalu waktu Mts, ada satu temenku yang ngefans banget sama K-Pop. Dia seneng banget Suju sama SNSD. Waktu itu aku jadi ikut-ikutan jadi tau beberapa lagu bahkan koreonya si Suju. Yang masih aku ingat jelas itu lagu yang sorry sorry itu. πŸ˜‚

    Ngomong-ngomong soal drama You're Beautiful, aku ingat jelas, Li. Aku pernah dihujat dan diteror lewat Facebook sama fans nya A.N.Jell. Itu semua gara-gara akun Facebookku di-hack sama sepupuku, dan dia menghujat A.N.Jell di beranda grup fans nya A.N.Jell itu. Dia bilang: A.N.Jell t*i, dan aku jadi korban hujatan saat itu, Li, padahal aku gak ngapa-ngapain 😭. Alhasil aku hapus akun Facebook ku, dan gak berani buka Facebook selama bertahun-tahun πŸ₯Ί. Aaaaaah, sepupuku emang kadang jahanam juga tabiatnya. 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget! Dulu di Indosiar paling sering nayangin drakor gitu ya, Kak. Suka selang-seling gitu antara drakor sama drama Taiwan, mungkin biar penontonnya nggak bosan 🀣
      Sampai hafal koreonya, Kak Roem?! Waw banget! Keren keren 😭 Sorry-sorry memang ikonik banget sih saat rilis. Gaya khasnya itu lho gesek-gesek tangan yang masih membekas diingatan sampai sekarang wkwkwk

      WALAAAH! Kok iseng banget sepupunya Kak Roem 😭 ternyata dari dulu sampai sekarang tuh fans kpop ngeri-ngeri ya 😭. Untung Kak Roem langsung tutup FB Kakak lho. Kalau sekarang, udah berani buka FB lagi kah?

      Hapus
  19. baca ini bener bener membawa aku flasback lagi
    beneran tuh, waktu drakor autum jaman masih muda mudahnya song hye kyo kayaknya aku SMP atau SMA gitu, waktu dulu nggak ngeh banget jalan ceritanya, nontonya juga ga tiap hari. tapi emang fenomenal buanget
    terus ada winter sonata kan
    terus ganti ke peralihan yang meteor garden, gilakkk ini emang, sampe rasanya nggak mau ketinggalan hahaha
    terus amigos, aku juga nggak ketinggalan nonton, padahal udah SMA kali ya waktu itu, sampe pas udah amigos tamat, aku kadang kepo pemainnya sekarang kayak apa ya, apalagi dulu pemain utama yg cowok kan paling cool dan ganteng gitu wkwkwkwk
    malah aku sekarang kalau iseng suka baca berita artis meksiko zaman dulu itu, ada yang masih eksis, ada yang enggak

    dulu kalau sore sore nenek dirumah nontonin telenovela, jadi aku ikutan tau, Paulina, esmeralda, duhh apalagi dah banyak lupa judulnya

    pas sejak kuliah masih ikutin drama kayak fullhouse, princess hours, tapiiii untuk boyband nya malah kelewat terus, kayak suju, dulu aku ga ngerti suju nih apaan, lagunya yg mana, mungkin waktu kuliah pas lagi sok sibuk sibuknya
    jadi pas lagi heboh boyband girlband korea aku sama sekali ga paham hahaha


    ngangenin sih zaman zaman begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iyaa! Winter Sonata juga hype banget waktu ituuu. Aku sendiri nggak nonton Kak, tapi lagu ost.nya lumayan terngiang-ngiang dan style cowoknya khas banget, masih tertinggal diingatanku wkwk
      Samaaa! Sayangnya ending Meteor Garden tuh aku nggak pernah nonton tahu nggak sih Kak Inun 😭 Sampai akhirnya belakangan ini ada website drama-drama bertaburan, barulah aku nonton ending Meteor Garden 1 dan 2 WKWKWKKW basi banget tapi setidaknya aku bisa tidur nyenyak sekarang πŸ€ͺ
      Amigos juga berkesan banget ya 😍 aku cuma pernah lihat foto pemain ceweknya aja yang sekarang jadi gimana, si Pedro aku nggak pernah lihat lagi sekarang. Kak Inun pernah lihat nggak?

      Rosalinda! Carita De Angel! Ingat nggak Kak? Wkwk. Masa-masa itu memang ngangenin bangettt! 😭

      Hapus
  20. Baca ini diriku merasa tersesat Li. Wk!
    Cuma tahu Amigos doang itupun cuma sebatas dengar nggak pernah nonton.

    Drakor apalagi.. Kpop apalagi 🀣.. tapi lagu yang ada lirik "dududum" lumayan enak Li jedak jedugnya. Hahaha. Mbak dirumah sering banget dngerin lagu ini pake speaker plus lagu-lagunya BTS... Jadi secara nggak sengaja nadanya nyantol di kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andrew, lagu apa ya yang liriknya "dududum"? πŸ€” kok aku nggak kepancing keingat lagu apa gitu wkwkwk. Penyanyinya cewek atau cowok? Wkwkw
      Kayaknya harus sering-sering diracunin nih biar Andrew nggak merasa tersesat lagi πŸ€ͺ Sini lewat sini jalannya, mari tak tuntun wkwk

      Hapus
  21. HIDUP ANNA DAN PEDRO!! *lho salah sambung* wkwkwkw tapi sebelum komen soal korea-korean, masa-masa Amigos itu masa-masa bahagiaku banget, Lii. Papa mamaku paling paham deh gimana obsesiku dengan telenovela yang satu ini 🀣

    Aaaaa ternyata kita sama-sama Kpoppers zaman generasi kedua yak! Aku justru tau Kpop gara-gara DBSK dulu, lupa gimana ceritanya bisa nyangkut sama mereka. Setelah itu baru deh ngefans dengan SNSD, Suju and the rest of SM family members LOL baca cerita kamu aku jadi diajak nostalgia banget huhuhu mendadak keinget pas SMA aku hobi banget pergi ke rumah temenku bawa CD kosong buanyak banget untuk burn download-an variety show dan MV Suju HAHAHA. Gilak yak perjuangan kita dulu menikmati konten para oppa tanpa Youtube 🀣

    And flash news: aku nggak sempat cobain BTS Meal sampai akhirnya mereka udah stop penjualan 😒 EH TAPI KAMU NONTON KONSER NGGAK KEMARIN??

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIDUP ANNA DAN PEDRO!! WKWKWK. Ciii, momen momen ini memang memorable bangetttt. Kapan-kapan, boleh lah ceritain gimana momen Cici Jane di masa-masa ini 🀭 *nodong*

      IYAA WKWKWK Aku malah awalnya pikir Suju itu boyband pertama Korea tahu nggak Ciii 🀣🀣. OEMJI niat banget Cici dulu! Saluuuutttt sampai segitunya perjuangan menikmati konten zaman dulu πŸ‘. Kepingan CDnya masih ada yang bertahan hingga sekarang nggak Ci? WKkw

      HUAAA TURUT BERDUKACITA CIII 😭 BTSmeal di Indonesia memang cuepet banget ludesnya sih 😭 itu katanya stock untuk 1 bulan, malah habis dalam 3 hari aja. Indomy memang gercep sekali yaaaa. Semoga next collab kalau ada, Cici bisa kebagian yaaaa.

      Hapus
  22. Haha, sayangnya aku gak ingat lagu K-Pop pertama yang kudengar apa.😣Ternyata Lia awal tahu Korea dari K-Drama, ya.

    Tentang boyband dan girlband Indonesia, saat mereka hits aku gak terlalu mengikuti, sih. Tapi sekarang malah punya 2 lagu SMASH di playlist Spotify. Apa sebaiknya aku juga coba cari lagu Cherrybelle di Spotify, ya?πŸ˜‚

    Seru juga baca ceritamu suka K-Pop, aku jadi ikut menulis ceritaku di blog.

    BalasHapus
  23. wahh, kayaknya kalau diceritain perjalananku kena hallyu wave bakal panjang juga kak LiπŸ˜† pokoknya yg aku inget drama pertama yg kutonton itu (kalau gak salah) princess hours, sukaa bangett wkwk sampe sekarang kalau nonton pun nggak akan bosen, hihi. barulah nonton yg bikin mewek kayak endless love, sama stairway to heaven. aneh juga yaa kalau dipikir, drama ini kan duluan lahir daripada princess hoursπŸ˜‚πŸ˜‚ *maklum budak tv dulu haha. Terus kalau boyband dan girlband yak siapa lagi kalau bukan bbabang suju dan soshi. Btw kak Li, gara2 babang suju comeback bulan maret kemarin aku jadi fangirlingan lagu2 mereka even nontonin variety show yg ada merekanya, sumpah sih nih ajeossi malah makin kece makin tua, apalagi heechul dan kyu kyaaaaaa, makin kocak aja malah🀣 Tapi selain itu aku juga tetep dengerin lagu-lagu dari boy and girlband yang lain, dulu tuh nyebut diri sendiri sebagai multifandom, saking nggak bisa nolak😍 wkwk.

    Honestly, menurutku boyband girlband indo jugaa sebetulnya bertalenta sih, terlepas dari banyak kontroversi. sayang nggak bertahan lam huhu. Btw sekarang juga kabarnya ada boyband dan girlband baru yg lebih kerasa indonesianya, kak Li taukah? yang aku ikutin so far sih ada unity sama starbe. MVnya keren2 ternyata, nggak nyangka Indonesia bisa bikin mv yg sebagus itu😭 Mungkin kalau penasaran kak Li bisa coba dengerin lagu2 mereka, hihi. Kalau aku pribadi suka lagu yang Satu dari unity, somehow ada nuansa trio libels libels dan boyband era 90an gitu. Nggak terasa kekoreaan kayak boyband sepuluh tahun lalu imo😁

    BalasHapus
  24. Panjaaaang yaa Li sejarahnyaaa wkwkwkwk. Hebaaaat loh kamu , bisa ngikutin semua arus, mulai dari drakor, dracin, dramex, Ampe drain (drama India :p) hahahaha. Kalo India aku nyerah Li, ga connect Apalagi kalo udh pake acara nangis, nyiksa, kejar2an dan joget :D. Tapi kalo film India, aku msh mau nonton, yg kayak Slumdog millionaire, my name is Khan. Itu kereeen sih.

    Aku termasuk yg kualat ttg drakor. Duluuu benci banget, dan beneran ga ngerti kenapa ini temen2 pada nontonin drakor tiap istirahat kantor. Katanya seru lah, wajib nonton lah, aku baru liat sekilas aja lgs melengos.

    Sampe aku balik dr Korut, trus LG heboh drakor CLOY. Temen2 sekantor, sampe bos ku, pada nyuruh aku nonton cloy, hanya utk " fan tlg liatin apa Korut yg ada di cloy, sama dengan yg kamu liat? Memang negara dan orang2nya selusuh itu?" "Fan tlg liatin di cloy, itu tentara di Korut memang ada yg secakep capt RI Jeong Hyuk ?"

    .astagaaahhh kalo udh bos yg minta, gimana coba aku nolak :p. JD aku tontonlah itu drakor, daaaaannnnn jadi ngefans Ama Hyun bin wkwkwkwkwkwkwk Ampe skr, dia adalah idolaku. Mau banyak yg LBH muda dan ganteng, tp Hyun bin yg pertama kali bisa memikat aku sampe jatcin Ama Drakor hhahaha . Selesai nknton aku kgs ksh laporan, kalo ga mungkin ada kapt seganteng itu di Korut. Tp kalo cewe yg secantik SEO dan, itu banyaaaak hihihihi...

    Eh saking ngefansnya Ama Hyun bin, aku samoe ikutin drama2 dia, dan aku paling suka pas dia main Ama song Hye Kyo di World within. Sayang udh putus. Padahal lebih cocok Ama song drpd yg skr wkwkwkwk #siap2dibullyfansyejin

    Tapiii aku blm bisa suka tuh Ama boyband Korea. Sorry, aku ga bisa dpt feel-nya. Aku suka lagu2 Korea yg JD soundtract drakor, kayak OsTnya cloy, OsTnya Itaewon class, ost nya record of youth. Enaaaak bgt didenger.

    Dan aku ngefans banget Ama band Day6. Setelah liat MV nya yg congratulations, aku lgs ngefns Ama mereka. Bisa JD Krn ini bukan boyband, tp band yg pegang alat musik. JD aku bisa dapet feel-nya. :D.

    Jadi kalo ditanya aku ngefans Ama smash dan sejenisnya ATO ga, jawabannya Ga samasekali :D. Tp aku suka Ama Morgan euy, kayaknya dia lebih bgs main film aja deh :D.

    BalasHapus
  25. Drakor yang pertama kali aku tonton Glass Slippers, buseeet.. kelihatan banget kan tuanya diriku! Tapi muka masih kek anak kuliahan kok XD

    Perjalanan kita mengenal korean wave nggak beda jauh Lia, aku juga nonton drakor jaman SD kelas 2, tapi ya gitu nggak paham. Tahuku ibu-ibu kompleks (yang patungan sewa VCD dan nobar) pada nangis, wkakaka..

    Tuh kan sama lagi, Suju itu boyband pertamaku! Tapi aku tahunya lagu U yang secara nggak sengaja aku tonton di TVRI. Langsung diriku jatuh cinta sama Siwon dan Kim Bum.. dulu sih, kalau sekarang cintaku buat Hyung.

    Gini-gini aku ngikutin banget soal Suju dan SNSD. Nge-fangirling mereka. Kamu pasti paham, jaman akses internet nggak semudah sekarang, buat dapetin info soal idol favorit aja susah beud dah! Aku seminggu sekali beli majalan Asian Stars, biar tahu update-an mereka. Terus tiap pulang sekolah mampir ke warnet dulu buat download video mereka di youtube. Astaga.. pensiunan penggemar kpop yang kelihatan tuanya! XD

    BalasHapus
  26. Endless Love, Meteor Garden, itu jaman aku SD udah mau lulus Lia, trs Amigos aku udah SMP, akupun ngikutin semuanya saat itu hahah, hitz banget pada jamannya.

    Pas kuliah smt 1 aku ikut kursus bahasa Korea, yg ngajar orang Korea asli semua, padahal di luar kota loh, tp ya masih bisa lah naik motor bolak-balik seminggu 2-3x, dari kampusku ada sekitar 5 orang yg ikut hihi.

    Banyak bgt belajar selama setahun di Pusat Study Korea (Pusko), sampe lancar bgt ngomong bahasa korea waktu itu, aku lulus pusko 2009 kayaknya, di wisuda segala waktu itu hahaha. Sayang banget waktu itu korea2 ga se hitz sekarang, dulu boyband blm seramai skrg, jadi ilmu yg aku dpt di Pusko pun hilang ditelan bumi karena setelah lulus aku udah ga pernah nomong pake bahasa korea lagi.

    Padahal aku bukan pecinta korea loh, nonton drakor pun aku ga pernah sama sekali Li, artis korea ga ada yg tau hahahaha, cuma inget aja dulu aku pernah berkecimpung di dunia perkoreaan sampe2 di kampus pun aku kalau ngomong sama teman yg sesama belajar di Pusko ngomongnya pake bahasa korea biar tmn2 yg lain ga tau hahha (zhombonk amad).

    BalasHapus
  27. Akkkk udah lama nggak main ke rumah Lia,, kangen dengan tulisan2nya yang sewruuuu ^0^

    Ku kira film Song Hye Kyo nya yang Full House lo.. hahaha ternyata yang legend itu :P Film Korea pertamaku kayaknya Full House deh Lia, sejak itu baru deh suka banget hihihi Tapi ya ada ups and downs juga, kadang cape gitu nonton 1 serial kan kalo lanjut lagi. Harus break dulu biar ntar semangat nonton lagi. Intinya aku suka nonton sih, jadi film apa aja mau, yang penting suka :D

    Btw, suka ngerasa aneh gak, habis nonton Kdrama trus nonton film hollywood, misalnya. Kayak beda gitu, orang2nya, cara berceritanya, atau tempo filmnya. Tbh, aku jadi lebih memperhatikan perbedaan gaya satu film dengan film lainnya. Menarik gitu lho, ternyata memang benar ya, film itu bagian dari budaya, dan dari film kita bisa mengenal cara-cara orang lain :) duh, kok jadi melebar jauh ya, semoga Lia ngerti maksudku deh :D

    BalasHapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.
My Melody Is Cute