Perlukah Membeli E-reader.

Foto yang lucu ini dibuat oleh Perfecto Capucine.

Dunia yang semakin modern mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal buku. Di masa kini, buku nggak hanya tersedia dalam bentuk fisik, namun ada juga yang berbentuk digital. Buku-buku digital ini bisa dengan mudah diakses lewat telefon genggam, tablet atau komputer. Selain itu, ada juga teknologi yang disebut dengan e-reader, yaitu semacam tablet khusus membaca yang menggunakan fitur e-ink yang membuat mata tidak cepat lelah meskipun membaca selama berjam-jam.

Seringkali aku lihat ada banyak orang yang mengalami dilematis antara perlu atau tidak untuk membeli e-reader. Aku sendiri butuh beberapa bulan pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli e-reader. Penyebabnya adalah harga e-reader yang nggak murah dan adanya rasa takut kalau nanti e-readernya tidak dapat aku gunakan secara maksimal πŸ˜‚. 

Pada postingan hari ini, aku ingin membagikan pertimbangan-pertimbangan apa saja yang aku pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli e-reader. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang dilema antara membeli e-reader atau tidak.

Buku Fisik atau Buku Digital.

Kita semua tahu bahwa sampai kapanpun sensasi membaca buku fisik sulit untuk digantikan. Dari mulai aroma khas buku, sensasi memegang buku, membolak-balik halaman serta mencorat-coret langsung pada buku fisik, semuanya sangat sulit tergantikan. Tapi, kita semua juga sadar akan kemudahan yang diberikan oleh buku digital. Dari mulai kemudahan akses beragam judul bacaan hingga bisa dibaca sambil rebahan πŸ€ͺ, hal-hal ini bisa kita dapatkan ketika membaca buku digital.

Sebelum membeli e-reader, kita mesti tahu dan sadar tentang perilaku membaca kita. Apakah kita merupakan seseorang yang lebih senang membaca buku fisik atau buku digital. Apakah selama ini jauh lebih banyak mengakses bacaan berbentuk fisik atau digital. Jika jawabannya adalah lebih banyak digital, berarti kita boleh mempertimbangkan lebih lanjut untuk membeli e-reader.

Budget.

Setelah mantap memutuskan untuk membeli e-reader, kita perlu juga menentukan budget yang kita inginkan. Sekedar informasi, untuk harga e-reader termurah biasanya dimulai dari harga Rp 1,000,000,-. Bisa juga mempertimbangkan untuk membeli e-reader bekas/preloved/second jika memang mempunyai budget yang terbatas.

E-reader atau Tablet.

Seringkali sebelum membeli e-reader, kita juga mengalami dilematis antara membeli e-reader atau tablet dikarenakan harga e-reader yang hampir mirip dengan tablet. 

Kembali lagi kepada kebutuhan kita yang notabenenya berbeda-beda setiap individunya. Jika memang mempunyai kebutuhan lain selain membaca buku digital, pertimbangan untuk membeli tablet tentu adalah pilihan yang lebih baik. Jika memang hanya ingin teknologi yang dapat digunakan untuk membaca, membeli e-reader adalah jawabannya. Intinya, kembali lagi kepada kebutuhan dan budget masing-masing.

P.s: kita bisa lho menggunakan anti gores jenis ceramic matte untuk tablet sehingga lebih nyaman untuk mata. 

Kindle, Boox atau Kobo.

E-reader tersedia dalam berbagai merk dan tipe. Untuk merk yang paling dikenal masyarakat saat ini ada 3 yaitu Kindle, Kobo dan Boox. Fungsinya semua sama yaitu untuk membaca buku digital. Dilengkapi juga dengan teknologi e-ink yang membuat mata kita menjadi lebih nyaman saat membaca dibanding dengan membaca via telefon genggam.

Untuk Kindle dan Kobo mempunyai sistem pengoperasiannya sendiri dan untuk pembelian buku digitalnya bisa lewat aplikasi masing-masing. Untuk Kindle bisa beli di website Amazon atau aplikasi Kindle, sedangkan untuk Kobo bisa beli di website Kobo.

Selain Kindle dan Kobo, ada juga e-reader yang bernama Boox. Boox ini e-reader yang berbasis Android sehingga akses membaca buku digital di Boox lebih luas karena kita bisa mengunduh beberapa aplikasi membaca lain seperti iPusnas, Scribd dan Gramedia Digital. Tentunya jika untuk harga, harga Boox yang paling basic sedikit lebih mahal dibanding dengan Kindle atau Kobo basic.

Untuk menentukan e-reader mana yang tepat, kita harus mengetahui aplikasi membaca digital apa yang paling sering kita akses. Kalau lebih sering menggunakan iPusnas atau Gramedia Digital, silakan mempertimbangkan untuk membeli e-reader Boox. Jika lebih sering membaca buku Bahasa Inggris, pertimbangkan untuk membeli e-reader Kindle atau Kobo (Kindle dan Kobo lebih banyak menyediakan buku berbahasa Inggris).


Itulah pertimbangan-pertimbangan yang aku terapkan sebelum memutuskan untuk membeli e-reader. Semoga bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan, ya! 😁. Kalau ada pertanyaan seputar e-reader, boleh ditanyakan di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa lagiiiii!~

18 komentar

  1. Beberapa tahun kemarin aku ngebet banget pingin beli kindle dan akhirnya beli juga pake duit panen cabe, hohoho..
    Setelah mencoba beberapa kali, sensasi baca di kindle nggak bisa ngalahin baca buku beneran, apalagi aroma buku baru, kan sedep tuh, nggak bisa didapet dari kindle. Dan juga pilihan bukunya tuh cuman dari amazon aja. Bisa sih pake aplikasi converter gitu kalau beli ebooknya bukan dari amazon, tapi hasilnya rada berantakan waktu masuk ke kindle. Enaknya punya e-reader tuh nggak berat, satu alat bisa bawa banyak buku. Soalnya pernah jalan ke Bandung bawa 1 buku tebel, berasa juga di tas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak Pipit, welcome back!! Long time no see ya πŸ₯Ί apa kabarnya, Kak?
      Anyway, thank you for sharing your experience with Kindle, Kak! πŸ˜†. Iyess, benar banget semua yang Kakak bilang~ Punya ereader itu enaknya selain enak untuk mata, enak juga untuk dibawa-bawa karena ringan bangettt πŸ₯Ί cuma memang ada minusnya juga, that’s why semoga apa yang Kakak bagikan bisa jadi bahan pertimbangan juga untuk teman-teman yaaa.

      Hapus
  2. Karena aktivitas baca aku udah 80% digital jadi emang udah mempertimbangkan untuk beli e-reader dan yang aku pengen beli itu Boox karena aku banyak baca di playstore dan app buku indonesia, cuma ya harganya emang jauh lebih mahal dibanding Kindle ya, bisa 2x lipat πŸ˜†

    Dulu awal-awal nyoba baca digital emang memutuskan beli tablet karena aku pikir kalo gagal seenggaknya tabletnya masih berguna buat yang lain, kalo e-reader kan mungkin agak sulit juga untuk dijual lagi. Tapi, sekarang sih udah memutuskan mau beli Boox tinggal nabungnya aja nih hahaha

    Kalo Lia pake Kindle kan ya? gimana kesannya? pembayarannya pake kartu kredit atau bank digital kayak Jeni*** gitu? wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga Boox lumayan mahal ya, Kak πŸ˜‚ tapi jujur menggiurkan sih!! Wkwk. Aku nungguin Xiaomi Mi-reader tapi nggak masuk-masuk ke Indonesia, padahal harganya jauh lebih terjangkau kalau dibanding Boox πŸ₯²

      Kalau lebih sering baca di iPusnas atau Gramdig, Boox adalah pilihan yang tepat πŸ‘πŸ». Kak Tika ngincer Boox yang tipe apaa? Kenapa akhirnya pengin beralih dari tablet ke e-reader?

      Iyess, aku pakai Kindle. Kalau untuk membaca, kesannya nyaman banget sih buat mata dan nggak terlalu pegel dibanding pegang buku berat-berat 🀣. Plus, nggak usah khawatir kalau tangan berkeringat. Kadang kan kalau pegang buku fisik kelamaan + keringetan, kertasnya jadi keriting ya πŸ˜‚. Kalau pembayarannya, aku pakai bank digital digib*nk, Kak~ kadang minta tolong mutual di Twitter buat checkout 🀣.

      Hapus
    2. Wahhh iya, aku juga udah denger tuh soal Xiamoi Mi-reader juga, ternyata emang belom masuk Indo yaa

      Aku sih rencana mau beralih ke Boox yang Poke 3, yang lain masih terlalu mahal dan Poke 4 tuh lebih kecil ROM nya makanya jadi lebih murah kan.... Aku mutusin pake e-reader karena tab itu berat hahaha mau dibawa-bawa cenderungnya memang berat, aku udah tanya beberapa pengguna Boox katanya ringan kok tapi gatau seringan kindle gak dan lebih enak di genggam juga kan kalo e-reader tuh

      Bener kan, emang mata sama berat tuh yang bikin e-reader juara, kayaknya minus ku nambah kebanyakan liat layar Tab πŸ˜… btw sama aku juga kalo beli buku di kindle nitip temenku yang punya credit card 🀣

      Hapus
    3. Iyaaa, lama banget nggak masuk-masuk ke Indonesia πŸ˜‚ padahal kalau masuk ke Indonesia bakalan banyak penggemarnya nih 🀣

      Oiyaaa, selain ROMnya, dpinya juga lebih kecil tapi harganya nggak terlalu beda jauh jadi pilihan Kak Tika udah tepat πŸ‘πŸ». Kalau dilihat dari inch-nya, mungkin feel antara Boox dan Kindle akan mirip-mirip hampir mirip dengan feel pegang hp untuk beratnya, tapi lebih agak lebar aja 🀣. Memang sih kalau tablet lebih berat kalau dibawa, apalagi kalau tabletnya besar, makin berasa bawanya wkwk

      Hahaha kalau soal layar, memang e-reader mantep banget sih, Kak πŸ˜­πŸ‘πŸ» Apalagi kalau pakai Boox, udah deh bakal bisa lupa sama hp kali wkwk. Semoga bisa segera kebeli ya, Kak!!
      🀣🀣 kita samaan Kak!! Toss dulu 🀣

      Hapus
  3. Aku masih gak bisa ninggalin buku fisik Lii..entah kenapa wkwkk. Tapi sekarang memang lebih terbantu dengan adanya ebook legal—akses baca buku semakin mudah didapatkan. Cuman kadang ada waktu dmn aku gak betah baca ebook terlalu sering, kurang enjoy dan gampang pindah bacaan lainπŸ˜‚. Tapi tapiiii.....kalau skrng mah dipaksa betah aja krn lumayan buat penghematan juga LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang buku fisik tak bisa sepenuhnya digantikan, Kak Reka πŸ˜‚. Betul sekali! Apalagi ada Gramdig dan iPusnas yaa, akses bacaan jadi makin berlimpah dan mudah dapetnyaa πŸ₯Ί.
      Kayaknya penyakit gampang pindah baca buku lain karena baca ebook ini banyak dirasakan banyak orang, Kak~ termasuk aku! Mungkin karena nggak terlalu beban mental kalau DNF ya dibanding beli buku fisik wkwk

      Hapus
  4. Hai kaak, aku pengguna Boox! Akhirnya hijrah ke digital krn tuntutan pekerjaan harus pindah kota tuh packing buku PR banget. So far puas dan nyaman. Aku emg lbh banyak baca di Gramdig sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Terima kasih udah sharing pengalamanmu pakai e-reader ya 😁

      Hapus
  5. Kalau aku sih belum kepikiran pindah ke ereader. Masih baca buku dengan cara konvensional.

    Dulu pernah menganggap orang yang bawa atau baca buku ditempat umum itu terlihat keren. Masih berlanjut hingga sekarang juga sih...heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess! Kalau dirasa belum butuh memang lebih baik untuk nggak beli gadget ini, Kak Rivai hahaha.
      Sepakat! Aku juga masih melihat orang yang suka bawa atau baca buku di tempat umum itu keren πŸ˜†

      Hapus
  6. Kindle bukan android kan ya Li?? Apa android yang ada play storenya. wkwk πŸ˜„ *Maap udik soalnya.. Kalau bukan Android.. Semisal mau beli buku pembayarannya via apa Li? Aku ndak pernah sih beli buku via amazon? dia pake sistem CC gtu kah? apa top up? kaya Google. Aku pernah beli buku di Google. Kalau google kan pilihan metode pembayaran banyak tuh.. Bisa gopay, dll.

    Maap langsung nodong banyak pertanyaan πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau e-reader yang brand "Kindle" bukan android Bayuuu, jadi dia pakai sistem operasi sendiri. kalau yang brandnya "Boox" baru deh berbasis android untuk sistem pengoperasiannya. tapi nggak mesti beli e-reader untuk bisa akses "kindle" karena kindle sendiri juga ada appsnya di hp kok~ ada di android dan ios juga, kayak apps baca lainnya. nah, kalau kindle baik apps atau e-reader itu 1 ekosistem dengan amazon, jadi kalau mau baca buku di app kindle nanti beli bukunya lewat store kindle atau dari amazon website (keduanya tersinkronisasi), pembayarannya sayangnya untuk saat ini cuma bisa pakai CC atau debit yang berlogo Visa seperti Jen*us atau Digib*nk, belum bisa pakai Gop*y gitu πŸ˜‚

      nggak apa banget!! kalau masih ada yang mau ditanyaa, just let me know ya, Bay!!

      Hapus
  7. Boox ya?
    Padahal sejak awal, karena masih minim pengetahuan, hanya Kindle yang aku lihat dan jadi opsi beli. Tapi setelah baca beberapa komen yg nyebutin Boox dan berbasis android, cukup nambah dilema sih ya, hahaha...

    Oke deh, nabung aja dulu, sementara itu.. aku abisin dulu bacaan buku fisiknya!

    hehe..

    Thank you Liaaa untuk tulisannya, karena ini adalah salah satu dilemaku akhir-akhir ini
    jadi sangat terbantu dengan tulisan dari Liaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat menghabiskan tumpukan fisiknya, Kak Ady! Hahaha.

      Iya, menurutku kalau Kakak lebih suka baca di apps selain Kindle, lebih baik beli Boox aja karena bisa akses lebih banyak apps dan secara teknologi keduanya pakai e-ink juga, jadi beda pada operating systemnya saja. Nanti kalau jadi beli, ditunggu sharing pengalamannya ya, Kak! Hahaha

      Hapus
  8. Utk ku yg matanya sudah minus tinggi, e-reader ttp masih belum nyaman sih πŸ˜…. Makanya sampe skr aku ga pernah beli gadget 1 ini Li. Tapi ga tau deh, kalo anak2 mau, mungkin bakal aku pikirin beli, buat mereka. Apalagi aku liat mereka juga LBH suka baca ebook drpd buku fisik. Kalo emaknya kan terbalik πŸ˜„. Maklum mata tua πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep lebih nyaman baca fisik ya, Kak Fanny 😁. Kalau anak-anak Kakak udah mulai baca novel kahh?

      Hapus

Words of The Dreamer. Theme by STS.
My Melody Is Cute